Kesehatan

KESEHATAN
12 Oktober 2020

12 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Sudah tahu manfaat buah tomat untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Tomat bisa disebut sebagai buah atau sayuran, namun manfaatnya banyak untuk kesehatan tubuh seseorang. Tomat biasanya dijadikan jus atau pelengkap dengan bahan makanan lainnya, seperti sup atau roti lapis.

Nah, tahukah Moms mengapa tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Dilansir dari WebMD, hal ini karena kandungan utama yang disebut likopen.

Likopen ini yang memberikan warna merah cerah dan membantu melindungi mereka dari sinar ultraviolet matahari. Tomat juga dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak dan ibu hamil.

Berikut ini ulasan lengkap tentang manfaat buah tomat yang perlu Moms ketahui.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Jurnal Advance in Nutrition menyebutkan, likopen yang terdapat dalam tomat jauh lebih bermanfaat dibandingkan mengonsumsi suplemen likopen.

Selain likopen, tomat mengandung banyak nutrisi vitamin, seperti vitamin A, K, dan vitamin C. Satu tomat dapat menyediakan sekitar 40 persen dari vitamin C minimum yang direkomendasikan setiap hari.

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan, yaitu:

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Melindungi Kesehatan Jantung

Foto: Orami Photo Stock

Survei yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI pada 2014 lalu menyebutkan, penyakit jantung koroner (PJK) menjadi penyebab tertinggi pada semua umur setelah stroke.

Seseorang yang terkena penyakit jantung dan biasanya tetap menjalani perawatan agar kualitas hidupnya semakin baik. Maka dari itu, mencegah akan lebih dari mengobati.

Hal ini menunjukkan penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Pola makan yang sehat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung.

Kadar likopen pada tomat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Ini menjadi manfaat buah tomat yang penting diketahui.

Dilansir dari American Journal of Lifestyle Medicine, makanan-makanan nabati, seperti tomat bisa menghambat oksidatif LDL (kolesterol jahat) sehingga menjadi cara untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tentunya, cara lain yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengelola stres dengan baik, rutin berolahraga, dan lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter.

2. Mencegah Terjadinya Stroke

mencegah stroke

Foto: Orami Photo Stock

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat buah tomat juga disebut mampu mencegah stroke, yaitu ketika aliran darah terputus ke satu bagian otak.

Tomat mampu meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga darah dari pembekuan.

Pada akhirnya, semua hal ini akan membantu mencegah terjadinya stroke. Cara paling sehat untuk mengonsumsinya adalah makan tomat yang sudah dimasak.

Pencegahan stroke lainnya yang bisa Moms lakukan adalah memiliki berat badan yang normal, memiliki aktivitas yang cukup setiap harinya, dan rutin berolahraga setiap 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Makan Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Ini Kata Ahli!

3. Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Seiring bertambahnya usia, kesehatan penglihatan mata seseorang bisa saja akan menurun. Nah, cara untuk mencegahnya adalah mengonsumsi tomat.

Manfaat buah tomat pada kandungan likopen dalam tomat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, tomat juga mengandung lutein dan betakaroten.

Nah, nutrisi tersebut mendukung penglihatan dan melindungi dari gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Tomat juga membantu menjaga mata dari kelelahan dan meredakan sakit kepala akibat kelelahan mata.

Cara memilih tomat yang baik biasanya berwarna cerah tanpa noda atau bintik hitam. Selain itu, tomat yang memiliki kualitas baik biasanya tidak terlalu lembut atau keras.

4. Kunci untuk Awet Muda

kunci untuk awet muda

Foto: Orami Photo Stock

Wanita mana yang tidak ingin untuk tetap awet muda? Tidak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penurunan produksi kolagen. Hal yang paling jelas akan terlihat di wajah adalah munculnya kerutan halus.

Dilansir dari studi oleh British Journal of Dermatology, kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan produksi kolagen.

Hasilnya, kulit akan kencang dan awet muda. Para peneliti percaya bahwa likopen dalam tomat menjadi kuncinya. Tentunya, Moms tidak ingin melewatakan manfaat buah tomat ini bukan?

Konsentrasi tertinggi saat tomat telah dimasak dan minyak zaitun mampu meningkatkan penyerapannya dari sistem pencernaan ke dalam aliran darah.

Perawatan dari dalam kulit itu penting dan tidak kalah pentingnya dengan merawat kulit dari luar. American Academy of Dermatology sudah menyebutkan, perlindungan terbaik dari penuaan dini adalah menggunakan sunscreen setiap hari.

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan mampu melindungi sinar UVA dan UVB. Penggunaan sunscreen setiap hari akan mencegah tanda-tanda penuaan kulit.

Lantas, apakah boleh memakai masker wajah yang terbuat dari tomat? Perlu dipahami bahwa tidak semua masker alami akan mendatangkan manfaat yang sama pada setiap kulit.

Terlebih lagi kalau Moms memiliki kulit yang sensitif. Jadi, lebih baik konsumsi tomat dan masukkan ke dalam menu harian tiap hari daripada harus menggunakannya sebagai masker wajah.

Baca Juga: Benarkah Saus Tomat Bikin Gemuk?

5. Baik untuk Pengidap Diabetes

baik untuk pengidap diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Bagi seseorang yang sakit diabetes tentunya tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Manfaat buah tomat dinilai menjadi makanan yang aman untuk pengidap diabetes tipe 2.

Studi yang diulas dalam Indian Journal of Clinical Biochemistry menyebutkan, pengidap diabetes yang makan tomat yang sudah dimasak mengalami penurunan peroksidasi lipid, yaitu reaksi berantai di mana zat yang disebut radikal bebas menyerang lemak, yang menyebabkan kerusakan.

Hal ini sangat penting karena peroksidasi lipid ini ternyata meningkatkan risiko penyakit jantung.

Terlebih lagi bagi pengidap diabetes berisiko tinggi untuk mengalami stroke dan serangan jantung. Nah, jadi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi tomat sebagai menu makanan yang sehat.

6. Mencegah Osteoporosis

mencegah osteoporosis

Foto: Orami Photo Stock

National Osteoporosis Foundation mengungkapkan bahwa wanita lebih rentan mengalami osteoporosis dibandingkan pria. Mengapa demikian? Ada beberapa alasan yang membuat wanita lebih mungkin terkena osteoporosis.

Wanita cenderung memiliki tulang yang lebih kecil dan tipis dibandingkan pria. Selain itu, estrogen atau hormon pada wanita yang bertugas melindungi tulang, akan menurun drastis ketika Moms udah menopause.

Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang. Manfaat buah tomat dapat membantu mencegah osteoporosis.

Ingat, terjadinya osteoporosis memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia, namun bisa dicegah agar tidak terjadi lebih awal.

Salah satu hal yang bisa Moms lakukan adalah menjadikan tomat sebagai menu makan sehari-hari. Likopen yang terdapat dalam tomat dikenal mampu mencegah osteoporosis dan pengeroposan tulang yang disebabkan oleh stres oksidatif.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

meningkatkan kesehatan pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau satu tomat berukuran besar mengandung setidaknya 1,5 gram serat? Hal ini menunjukkan manfaat buah tomat dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Namun, tetap ada yang perlu diperhatikan, ya. Keasaman dari tomat yang sudah dimasak dapat memicu atau memperburuk refluks asam dan gangguan pencernaan.

Cara terbaiknya adalah menyeimbangkan tomat dengan buah-buahan atau sayuran lainnya untuk mencukupi asupan serat setiap hari.

Selain itu, penting untuk rutin minum air putih agar menjaga tingkat pH tubuh. Jika tingkat pH terlalu asam, artinya asam lambung meningkat sehingga perut terasa melilit. Minum air putih bisa mencegah terjadinya kenaikan kadar asam dalam lambung.

“Pencernaan yang sehat membutuhkan asupan cairan yang cukup. Banyak faktor seperti olahraga, cuaca, berat badan, dan kesehatan yang memengaruhi berapa banyak air yang dibutuhkan dalam tubuh,” ungkap Dr. Tara Menon, ahli gastroenterologi di Pusat Medis Wexner University.

Itulah manfaat buah tomat secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari makan tomat?

Ternyata, tomat juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil demi meningkatkan kesehatan bayi di dalam kandungan dan dirinya sendiri.

Baca Juga: Mudah Dibuat, Yuk Berkreasi Dengan Sup Tomat Bola Daging

Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Makanan yang bernutrisi akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Ini manfaat buah tomat untuk ibu hamil, yaitu:

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh Ibu Hamil

meningkatkan imunitas saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Daya tahan ibu hamil harus lebih ditingkatkan karena akan rentan terkena infeksi penyakit. Maka dari itu, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang sehat setiap harinya.

Manfaat buah tomat mengandung vitamin C dan vitamin A dengan kadar yang tinggi.

Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan vitamin A mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan meningkatkan perbaikan jaringan setelah melahirkan.

9. Mencegah Preeklamsia

mencegah preeklamsia

Foto: Orami Photo Stock

Preeklamsia adalah salah satu komplikasi kehamilan yang tidak dapat dianggap sepele. Komplikasi yang terjadi beragam dan fatalnya bisa mengakibatkan kelahiran mati (stillbirth).

Kondisi ini bisa terjadi ketika ibu hamil mengalami tekanan darah yang tinggi atau hipertensi. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi tomat secara teratur.

Manfaat buah tomat mampu menurunkan risiko hipertensi. Selain itu, tomat juga mengandung kalium yang akan meningkatkan aliran darah dan mengurangi stres pada jantung.

Baca Juga: Berikut Cara Menanam Tomat yang Mudah Dilakukan di Rumah

10. Mengandung Asam Folat

mengandung asam folat

Foto: Orami Photo Stock

Sudah tahu kan Moms kalau wanita hamil dan menyusui membutuhkan asam folat yang cukup? Nah, manfaat buah tomat untuk ibu hamil termasuk membantu Moms memenuhi RDA asam folat.

Asam folat ini diperlukan untuk mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang janin di dalam kandungan.

Kekurangan asam folat juga bisa menghambat perkembangan janin dan meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur.

Maka dari itu, cukupkan asupan asam folat dengan makan tomat. Selain itu, Moms bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua sebagai sumber asam folat yang alami.

11. Baik untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

menjaga kesehatan mulut dan gigi saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil juga rentan mengalami masalah kesehatan mulut dan gigi. Rutin sikat gigi dapat menjadi cara untuk mencegah masalah pada mulut dan gigi.

Namun, tahukah bahwa likopen dalam tomat ternyata mampu untuk membantu mengatasi penyakit gusi, gingivitis, dan periodontitis. Manfaat buah tomat juga dapat melawan radikal bebas yang secara tidak langsung meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, hati-hati apabila Moms makan tomat mentah dalam jumlah yang banyak karena dapat merusak email gigi. Hal ini karena kandungan asamnya yang tinggi. Sebaiknya, tunggu setidaknya 30 menit sebelum Moms menyikat gigi.

12. Mencegah Pengeroposan Tulang

mencegah pengeroposan tulang

Foto: Orami Photo Stock

Pernah mendengar kalau wanita yang sudah melahirkan akan lebih rentan untuk mengalami pengeroposan tulang? Hal ini memang benar adanya, namun sangat bisa untuk dicegah.

Bagi Moms yang sedang hamil, sebaiknya cukupkan asupan kalsium dengan baik.

Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya mengonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari. Jika tidak, maka risiko yang terjadi akan terlihat dalam jangka panjang.

“Ketika Moms tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka bayi akan mengambil apa yang dibutuhkan dari tulang ibunya,” ungkap Dr. Murray, Favus, dokter ortopedi dari University of Chicago.

Oleh karena itu, penting sekali untuk tidak kekurangan kalsium saat hamil untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Salah satu caranya dengan makan tomat yang sudah dimasak setiap hari.

Ini merupakan manfaat buah tomat yang tentunya patut diketahui. Apalagi, tomat bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan harganya juga terjangkau.

Itulah beberapa manfaat buah tomat yang bisa didapatkan. Yuk, mulai makan tomat mulai sekarang, ya!

Artikel Terkait