Kesehatan

24 Februari 2019

Populer di Instagram, Ini 4 Manfaat Jus Seledri Buat Kesehatan Keluarga

Yuk kita simak berbagai manfaat jus seledri untuk kesehatan keluarga!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)
shutterstock 68761109833

Moms mungkin sudah pernah mencicipi berbagai macam jus, dari mulai buah hingga sayuran. Namun, pernahkah mencicipi jus seledri?

Sekilas memang terdengar tak biasa, tapi jus ini tengah populer di Instagram, terutama di kalangan influencer.

“Saya sendiri menderita sakit dada, masalah ginjal, dan alergi sejak saya kecil. Dokter saya mengatakan itu tidak dapat disembuhkan 100%, itu hanya kondisi yang harus saya jalani. Dan yang mengejutkan saya, karena saya sudah minum jus seledri selama hampir 6 bulan sekarang saya jarang mengalami serangan rasa sakit seperti dulu,” ungkap lifestyle influencer, Keke Kania pada unggahan Instagram-nya mengenai jus seledri. 

Meski bisa menggunakan seledri lokal, Keke Kania menyarankan agar Moms memakai seledri impor yang punya ukuran cukup besar. Sebab, seledri lokal lebih pahit saat dijus. Sebelum membuatnya, yuk kita simak berbagai manfaat jus seledri untuk kesehatan keluarga!

Baca Juga: 3 Resep Jus Buah dan Sayur yang Mudah dan Enak

Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan

karfs 2017 07 30 12 11 04

Penemu dari manfaat jus seledri ini adalah Anthony William, seorang pencetus gerakan Global Celery Juice sekaligus pendiri dari Medical Medium.

Anthony bukan hanya menemukan rahasia di balik penyakit kronis namun juga melihat bahwa banyak masalah kesehatan yang muncul seperti eksim, psoriasis, jerawat, mata ikan dan bisul adalah cerminan dari kondisi hati.

Dengan meminum jus seledri saat perut kosong setiap pagi adalah salah satu cara paling ampuh untuk membersihkan organ dalam tubuh kita.

1. Membantu Peradangan Lambung

Seledri mengandung senyawa bioaktif yang disebut apigenin yang dapat membantu peradangan lambung.

“Dosis apigenin setara dengan jumlah yang ditemukan dalam 357 gram seledri, yaitu sekitar 3,5 cangkir seledri potong," jelas Dr. William Li, MD, penulis Eat to Beat Disease 

2. Mencegah Kanker Payudara

Dalam studi lain menunjukkan bahwa apigenin juga terbukti mengurangi pertumbuhan kanker payudara.

Khususnya bagi para perempuan, tentunya hal ini sangat membantu bukan?

3. Menghentikan Pertumbuhan Kanker Prostat

Ternyata seledri juga bisa mencegah pertumbuhan kanker prostat, lho. Dr. William menjelaskan bahwa bahan kimia dalam seledri, yakni luteolin, dapat mematikan pertumbuhan sel kanker prostat hingga dua kali lipat. 

"Sel induk kanker membantu membuat lebih banyak sel kanker, sehingga menghentikannya adalah cara terbaik untuk mencegahnya," ujarnya.

Baca Juga: 6 Sayuran Berwarna Kuning yang Baik Untuk Kesehatan

4. Menurunkan Tekanan Darah

Ekstrak biji seledri ditemukan dalam sebuah penelitian untuk membantu mengurangi tekanan darah.

Dana Hunnes, PhD, MPH, RD, ahli gizi senior di Ronald Reagan Medical Center UCLA, berpendapat bahwa kemungkinan kandungan kalium dan natrium rendah dari jus seledri yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

"Namun, penting untuk dipahami bahwa hampir semua buah atau sayuran yang memiliki kalium cukup tinggi dan rendah sodium dapat melakukan hal yang sama," terangnya.

Ia juga mencatat bahwa seledri mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Nah Moms, melihat banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh jus seledri tentunya membuat semakin penasaran bukan untuk mencicipinya?

(MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait