Fashion & Beauty

13 Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah

Ingin kulit wajah sehat? Gunakan masker putih telur di rumah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Telur kaya akan protein. Tidak dapat dipungkiri lagi protein sangat bagus untuk memberi nutrisi pada tubuh. Wajar jika ada ragam manfaat masker putih telur untuk wajah yang bisa Moms rasakan.

Apalagi, nutrisi dalam telur juga bagus untuk memelihara kulit, termasuk kulit wajah. Lalu, apa saja yang menjadi manfaat masker putih telur untuk wajah?

Untuk mendapatkan manfaat putih telur untuk wajah, Moms dapat dengan mudah menggunakannya sebagai masker alami. Cara membuat masker berbahan dasar putih telur pun cukup mudah!

Pisahkan putih dari kuning telur dan kocok putih telur hingga berbusa. Oleskan dengan kuas pada wajah Moms dengan mengarah ke bagian atas. Biarkan mengering selama sekitar 15 sampai 20 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat.

Untuk menambah khasiatnya, Moms juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya ke dalam masker putih telur, seperti beberapa sendok teh jus lemon atau madu.

Nah, apabila Moms penasaran tentang manfaat masker putih telur, simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini, Moms.

Manfaat Masker Putih Telur

manfaat masker putih telur untuk wajah - mengatasi lingkaran hitam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya apa saja manfaat masker putih telur bagi wajah? Yuk, simak selengkapnya Moms!

1. Mengencangkan Kulit

Efek yang paling terasa setelah Moms menggunakan masker putih telur adalah kulit wajah terasa lebih kencang! Hal ini biasanya akan berlangsung sekitar satu jam setelah Moms membilas masker.

Tidak sedikit juga orang yang percaya bahwa manfaat masker putih telur mirip dengan facelift jangka pendek.

Dengan rutin menggunakan masker ini, Moms dapat lebih menghemat budget perawatan wajah, kan?

Selain mengencangkan kulit, wajah pun akan terlihat lebih cerah karena masker putih telur juga dapat berfungsi untuk mengurangi tampilan garis-garis halus pada wajah.

Sel kulit mati yang tidak terangkat ketika membersihkan wajah dengan cara biasa juga dapat diangkat maksimal melalui masker ini.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

2. Mengatasi Komedo Putih

Apa Moms sudah gemas dengan keberadaan komedo putih yang tidak juga pergi walau wajah sudah rutin dibersihkan? Tenang saja Moms, saatnya menggunakan masker putih telur untuk mengatasinya!

Komedo putih dapat terbentuk akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Manfaat masker putih telur dapat mengatasi kondisi ini.

Para ahli di Acnetalks.com menyarankan menggunakan masker putih telur dengan sedikit perasan jeruk lemon untuk membantu menghilangkan komedo putih.

3. Menyerap Kelebihan Minyak di Wajah

Manfaat masker putih telur bagus untuk pemilik kulit berminyak. Cobalah kocok satu putih telur sampai kaku lalu tambahkan satu sendok teh air lemon dan satu sendok teh madu.

Air lemon berfungsi menyerap minyak berlebih dan mencerahkan warna kulit, sementara putih telur mengencangkan pori-pori.

Madu akan menambah kelembapan pada kulit tanpa menambahkan minyak, serta memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat bagi kulit berminyak. Biarkan masker selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Membersihkan Kotoran di Pori-pori Wajah

“Campuran putih telur dan yoghurt dapat membersihkan kotoran di pori-pori dengan lebih maksimal. Asam laktat dalam yogurt melepaskan kotoran di pori-pori, sedangkan putih telur akan mengeringkannya,” ujar Ava Shamban, MD, dermatologis dan pendiri SKINxFIVE.

Selain kedua bahan tersebut, Moms juga dapat menambahkan alpukat untuk melembabkan dan melawan peradangan sebagai manfaat masker putih telur selanjutnya.

Siapkan masker kulit dengan memadukan putih telur, satu sendok makan yogurt, dan setengah alpukat. Oleskan masker tersebut, diamkan selama 10 menit lalu bilas.

5. Mengatasi Lingkaran Hitam di Mata

Untuk menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata, oleskan dengan lembut masker putih telur di sekitar area mata. Tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air dingin.

Manfaat masker putih telur juga dapat mengatasi lingkaran hitam di mata.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

6. Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Manfaat masker putih telur bisa mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kita.

Terlepas dari apakah Moms memiliki bekas luka akibat jerawat atau ketidaksempurnaan lainnya, putih telur menghilangkan noda dan noda di wajah Moms dan menggantinya dengan kulit yang halus dan cerah sekaligus mengurangi tampilan pori-pori kita.

7. Melembapkan Kulit Kering

Manfaat masker putih telur ini bisa membantu menutrisi kulit wajah kita yang kering. Namun Moms butuh tambahan madu untuk mewujudkannya.

Campurkan satu kuning telur, satu sendok makan madu, dan dua tetes minyak almond. Kuning telur kaya akan vitamin A dan protein yang menutrisi kulit. Oleskan ke wajah, dan bilas dengan air hangat setelah 20 menit.

8. Menyerap Minyak di Kulit Kepala

Oleskan masker rambut berbahan dasar putih telur versi tidak terlalu bau pada kulit kepala Moms, untuk mengontrol sifat berminyak pada kulit kepala dan menghilangkan rambut berminyak.

Campurkan 1 putih telur dengan sedikit madu dan biarkan di atas kepala selama 10 menit. Keramas rambut untuk menghilangkan masker ini dan lihat manfaat masker putih telur ini!

9. Mencegah Jerawat

Mencegah jerawat merupakan manfaat masker putih telur selanjutnya. Putih telur membantu mengontrol kulit berminyak yang pada akhirnya akan membantu mencegah munculnya jerawat.

Namun, putih telur tidak boleh dioleskan pada kulit yang berjerawat karena dapat memperburuk erupsi lebih parah. Biarkan jerawat mengering sebelum Moms mengaplikasikan putih telur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya.

Ternyata manfaat masker putih telur bagi wajah luar biasa, ya, Moms. Gunakan masker putih telur secara rutin tergantung tipe kulit wajah.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah dulu sebelum mengaplikasikan masker dan setelah selesai Moms dapat menggunakan moisturizer untuk hasil maksimal.

Masker putih telur memang bermanfaat bagi kulit, tapi Moms harus menghindarinya bila memiliki alergi telur.

Dilansir dari jurnal Molecular Immunology, belum terdapat obat permanen untuk alergi telur, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menghindari sumbernya.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

Manfaat Masker Putih Telur dan Madu

manfaat masker putih telur

Foto: thekitchenmccabe.com

Tiga bahan alami membuat masker wajah pembersih jerawat yang dapat memperbaiki kulit yang rusak, melawan bakteri jerawat, dan mencerahkan bekas luka dan noda di wajah kita.

Jika Moms sedang mencari obat organik untuk membersihkan kulit dari jerawat, ini adalah pilihan terbaik kita.

Bahan:

  • 1 putih telur
  • 1/2 sendok teh madu
  • 1 sendok teh jus lemon

Meskipun bahan-bahannya sederhana, manfaat masker putih telur dengan madu dan jus lemon ini lebih mengesankan daripada yang dibayangkan.

Misalnya, madu adalah antiseptik dan antibakteri yang melembapkan kulit kita, merupakan agen pencerah dan mengandung karakteristik anti-inflamasi.

Jus lemon adalah zat yang membunuh bakteri penyebab jerawat, mencerahkan kulit Moms dan memiliki sifat pengurangan perubahan warna, bertindak sebagai zat pemutih alami.

Manfaat Masker Putih Telur dan Jeruk Nipis

manfaat masker putih telur untuk wajah - menyerap kelebihan minyak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms menginginkan kulit yang lebih cerah di sekitar mata dan area gelap lainnya di wajah, masker pencerah kulit adalah pilihan yang tepat.

Sebagai solusi sehat dan aktif yang mengandung bahan-bahan yang ampuh untuk mencerahkan kulit, masker wajah khusus ini hanya menggunakan tiga bahan untuk memberikan kilau baru pada kulit kita.

Bahan:

  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh jus jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit

Meskipun Moms mungkin mengenal kunyit sebagai bumbu utama kari, kunyit dapat mengurangi bintik hitam dan bahkan perubahan warna pada wajah dan di bawah mata kita.

Kunyit adalah ramuan akar yang mengandung khasiat pencerah kulit untuk membantu mengatasi perubahan warna, bekas jerawat dan flek hitam.

Perasan jeruk nipis adalah minuman yang sempurna untuk sarapan, dan jeruk nipis juga dapat mengencangkan kulit dan melengkapi wajah dengan vitamin C. Ini tentunya menjadi manfaat masker putih telur lain yag sayang dilewatkan.

Baca Juga: 4 Masker Wajah dari Bahan Alami untuk Kulit Kering

Manfaat Masker Putih Telur dan Yogurt

manfaat masker putih telur

Foto: tasteofhome.com

Orang-orang menggunakan masker pelembap untuk menambah kelembapan pada wajah mereka, terutama yang memiliki kulit kering dan bersisik. Tiga bahan yang bisa menghaluskan wajah sekaligus menggantikan penuaan dan kulit kusam.

Manfaat masker putih telur, alpukat, dan yogurt sebagai masker penghidrasi bisa membuat kita tampak awet muda dengan kulit kenyal.

Telur tidak hanya digunakan untuk kulit berjerawat. Saat dicampur dengan alpukat, yang memiliki lemak sehat dan banyak vitamin, keduanya menciptakan kombinasi sempurna yang melembapkan.

Bahan:

  • 1 putih telur
  • 1/4 alpukat matang
  • 1 sendok teh yogurt

Alpukat melembapkan, dan membuat kulit Moms bercahaya sementara yogurt menutrisi kulit kering dan bersisik.

Yoghurt tawar dan tanpa pemanis memiliki kultur hidup untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengubah kulit kita menjadi lembut dan tampak lebih muda.

Manfaat Masker Putih Telur dan Maizena

masker putih telur untuk wajah

Foto: Orami Photo Stock

Penghilangan rambut seringkali merupakan proses tidak nyaman yang bergantung pada bahan kimia keras atau lilin panas. Dengan menggunakan putih telur, tepung maizena, dan gula, Moms bisa membuat masker wajah telur DIY yang lebih alami.

Dengan dua bahan pati dan gula, campuran tersebut mengubah telur menjadi masker pengelupas yang juga menghilangkan kotoran dan kotoran lain dari kulit kita.

Bahan:

  • 1 putih telur
  • 1 sendok makan gula putih
  • 2 sendok teh tepung maizena

Putih telur akan menutrisi dan mengencangkan kulit wajah kita untuk penampilan yang lebih muda sementara gula ekstra halus akan mengelupas pori-pori dan tepung maizena akan menyerap kotoran dan kotoran.

Baca Juga: 7 Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Pakai Masker Putih Telur

hal yang perlu diperhatikan saat pakai masker putih telur

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah tahu ragam manfaat masker putih telur. Tetapi, untuk dapat merasakan manfaatnya dan mengurangi dari kemungkinan efek sampingnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Putih Telur Mentah Bisa Mengandung Salmonella

Telur mentah mungkin saja mengandung sejenis bakteri patogen yang disebut Salmonella, yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Hal yang sama berlaku untuk resep masker wajah putih telur buatan sendiri.

Jika Moms mengoleskan putih telur mentah ke wajah dan tidak sengaja menelannya, ada kemungkinan Moms bisa mengalami keracunan makanan.

2. Perhatikan Bahan Lain yang Digunakan

Penting dicatat, bahwa tidak semua bahan pada resep masker wajah putih telur sama, dan beberapa bahkan bisa berbahaya bagi kulit Moms apalagi jika memiliki kulit sensitif.

Misalnya, biasanya disarankan untuk mencampurkan putih telur dengan jus lemon untuk dijadikan sebagai masker wajah putih telur.

Mengutip The Derm Review, meskipun jus lemon diklaim bisa menjadi pilihan alami untuk mencerahkan kulit, tetapi tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa jus lemon memiliki efek positif dalam mencerahkan warna kulit yang tidak merata.

Ditambah lagi, jus lemon sangat asam, dengan pH yang sangat rendah yang cukup membuat kulit sensitif menjadi radang.

3. Hati-hati dengan Soda Kue

Bahan populer lainnya yang disarankan untuk digunakan dalam resep masker wajah putih telur buatan sendiri adalah soda kue.

Soda kue diklaim sebagai “pembersih alami dalam dan penghilang minyak”. Meskipun soda kue bersifat abrasif dan akan mengelupas kulit, pakar perawatan kulit menganggapnya terlalu keras.

Selain itu, soda kue memiliki pH tinggi 9, yang biasanya terlalu basa bagi kulit untuk ditoleransi karena pH normal kulit sekitar 4,5 hingga 5.

Itu dia Moms beragam manfaat masker putih telur dan beberapa macam masker putih telur yang bisa Moms buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait