Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
13 Juli 2020

4 Manfaat Menggambar Bagi Perkembangan Otak Anak

Bimbing dan latih Si Kecil untuk sering-sering menggambar, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti setuju, tumbuh kembang Si Kecil dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa dari faktor internal yaitu pembawaan karakter anak itu sendiri, ataupun faktor eksternal yang bersifat dukungan atau pengaruh dari luar diri Si Kecil. Kedua faktor tersebut haruslah berjalan beriringan.

Nah, jika Moms sering melihat Si Kecil mencoret tembok dengan kapur berwarna-warni, atau suka sekali mewarnai di buku bergambar, ini menjadi tanda kuat bahwa ia memiliki bakat dalam menggambar.

Mendukung minat anak dalam bidang seni memiliki banyak manfaat, Moms. Seperti yang dikutip dari Child Crisis Arizona, sebuah penelitian menunjukan bahwa proses penciptaan karya seni pada anak bisa mendukung semua aspek perkembangan pada diri Si Kecil.

Manfaat Menggambar Bagi Perkembangan Otak Anak

Kalau selama ini Moms beranggapan menggambar hanya untuk sarana hiburan atau meningkatkan kreativitas saja, berarti Moms wajib tahu manfaat menggambar bagi perkembangan otak berikut ini.

1. Melatih Syaraf Motorik Halus

manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Saat Si Kecil menggambar dengan pola tertentu, seperti mengikuti pola lingkaran, persegi, atau segitiga, itulah saat di mana syaraf motorik halus sedang bekerja.

Menggabungkan pergerakan otot kecil pada jari, pergelangan tangan, penglihatan, sampai tercipta bentuk yang diinginkan ini menjadi pertanda positif bahwa syaraf motorik halus Si Kecil bekerja optimal.

Karena manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak harus dilatih secara berlanjut, Moms pun harus bersabar melatih Si Kecil setiap hari.

Baca Juga: Selain Menggambar, 4 Aktivitas Balita Ini Juga Bisa Dilakukan Dengan Crayon

2. Mendorong Anak Lebih Jujur dengan Perasaannya

manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Perkembangan otak yang optimal bukan hanya diukur dari seberapa tinggi nilai akademis Si Kecil. Manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak bisa dilihat dari angle yang berbeda, misalnya ternyata dengan menggambar Si Kecil bisa lebih jujur mengutarakan perasaannya.

Sebuah jurnal berjudul Drawing Helps Children To Talk About Their Presenting Problems During A Mental Health Assessment mewawancarai 33 anak dan dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama pewawancara menanyakan kondisi perasaannya kepada anak yang sedang menggambar. Kelompok kedua pewawancara bertanya kepada anak yang sedang tidak menggambar.

Hasilnya, anak yang sedang menggambar cenderung bercerita dua kali lebih informatif dibandingkan anak yang tidak menggambar. Apa hubungannya dengan perkembangan otak? Karena dengan menggambar, anak jadi terlatih untuk memberikan informasi secara rinci dan jelas.

Baca Juga: Mengintip Makna Psikologis di Balik Warna Yang Digunakan Anak Saat Menggambar

3. Meningkatkan Memori

manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Daya ingat dan memori pada anak penting untuk dilatih sejak dini. Ini mengapa Moms wajib membiarkan anak menggambar demi perkembangan otaknya.

Tidak perlu gambar yang terlalu rumit, bisa dimulai dengan menunjukkan objek seperti bentuk apel yang bulat, awan, atau kereta yang panjang.

Biarkan anak menggunakan ingatan memorinya tentang benda tersebut dan lihatlah hasilnya. Bukan tidak mungkin Moms akan terkejut dengan hasil yang lebih sempurna dari ekspektasi Moms.

4. Meningkatkan Konsentrasi

manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak 4.jpeg

Foto: Pexels.com

Si Kecil sulit sekali fokus? Coba ajak saja menggambar, Moms. Karena manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak salah satunya bisa meningkatkan konsentrasi. Saat menggambar dengan tema tertentu, biasanya anak akan fokus dengan detail warna dan bentuk yang perlu diciptakan.

Misalnya menggambar dengan tema kebun, anak akan secara otomatis akan memilih warna-warna serta bentuk yang sering ditemuinya di kebun. Memberi warna hijau pada daun atau menambahkan bentuk bunga akan melatih konsentrasi anak pada durasi yang panjang.

Mengapa konsentrasi penting dilatih pada anak? Seperti yang dikutip dari situs web Montessori, konsentrasi akan memicu anak untuk menjadi versi terbaik dan dengan konsentrasi juga anak bisa lebih sadar dengan sekelilingnya, sehingga membentuk sikap empati terhadap orang lain.

Bukankah ini manfaat yang sangat positif, Moms?

Baca Juga: Cara Efektif Mengatasi Gangguan Konsentrasi Pada Anak

Nah sudah tahu kan, manfaat menggambar bagi perkembangan otak anak? Kalau begitu, memberikan seperangkat alat menggambar untuk Si Kecil sepertinya ide yang bagus.

Moms bisa klik di sini untuk membeli aneka kebutuhan menggambar dan mewarnai untuk Si Kecil. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada Moms lainnya, ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait