Scroll untuk melanjutkan membaca

PERNIKAHAN & SEKS
04 Februari 2022

7+ Manfaat Sering Berhubungan Intim, Salah Satunya Mneingkatkan Imun Tubuh!

Ternyata rutin bercinta memiliki banyak manfaat kesehatan lho
7+ Manfaat Sering Berhubungan Intim, Salah Satunya Mneingkatkan Imun Tubuh!

Bagi pasangan yang baru saja disatukan melalui ikatan suci, rutin atau bahkan sering berhubungan intim merupakan hal yang lumrah. Selain untuk meningkatkan kedekatan, manfaat sering berhubungan intim pada pasangan juga baik untuk kesehatan lho.

Apa saja manfaatnya? Simak pada artikel ini.

Baca Juga: Moms, Intip Manfaat Mendesah saat Berhubungan Intim!

Manfaat Sering Berhubungan Intim

Posisi tidur setelah seks agar cepat hamil.jpeg

Foto: Posisi tidur setelah seks agar cepat hamil.jpeg (https://www.redbookmag.com/life/mom-kids/g4710/how-to-get-pregnant-fast/)

Foto: Orami Photo Stock

Dalam banyak kasus, seseorang yang secara teratur melakukan hubungan intim merasakan hidupnya lebih bahagia dan dapat menjadikannya lebih terhubung dengan pasangan.

Dibalik itu, masih ada banyak alasan lainnya mengapa rutin berhubungan intim dengan pasangan merupakan hal yang baik dan wajib dilakukan.

Berikut beberapa manfaat sering berhubungan intim yang bisa Moms simak di bawah ini.

1. Memperbaiki Suasana Hati

Saat pasangan suami istri berhubungan intim, dan telah mencapai klimaksnya, masing-masing dari mereka akan menghasilkan hormon endofin di dalam tubuh secara alami.

Hormon endorfin merupakan hormon yang dapat meredakan rasa nyeri, serta memperbaiki suasana hati. Ini sering juga disebut dengan hormon kebahagiaan.

Baca Juga: 14 Tips Foreplay Agar Bercinta Lebih Tahan Lama

2. Meningkatkan Sistem Imun

Aktif secara seksual dengan melakukan hubungan intim sekitar satu hingga dua kali seminggu, dianggap dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah studi pada tahun 2004, yang dilakukan pada sekelompok mahasiswa, dan terbagi menjadi empat kategori.

Dalam penelitian tersebut, kategori mahasiswa yang sering berhubungan intim memiliki tingkat imunoglobin A yang lebih tinggi dibandingkan pada kategori mahasiswa lainnya.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Gairah Bercinta

3. Melancarkan Peredaran Darah

Gerakan-gerakan seks yang variatif dan menguras banyak tenaga akan memicu aliran darah lebih lancar keseluruh tubuh. Tentu ini baik untuk kesehatan Moms.

Seperti yang telah diketahui, terhambatnya proses peredaran darah bisa berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan menyebabkan kematian.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat sering berhubungan intim selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga berada pada batas normal.

Hal tersebut tentu menjadi berita baik bagi Moms yang mengalami kondisi tersebut.

Dilansir dari laman AARP, yang menunjukkan bahwa frekuensi berhubungan intim yang rutin atau bahkan sering, dapat menurunkan tekanan darah pada pria dan wanita.

Namun, jangan hanya berpatokan pada hal tersebut ya Moms, sebab menerapkan gaya hidup sehat juga penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi, atau hipertensi.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Dia 10 Gaya Seks Kesukaan Pria dan Wanita

5. Sebagai Olahraga Alternatif

Tahukah Moms? Melakukan seks dalam rentang waktu yang lama, intens, serta sangat intim memiliki manfaat yang sama seperti saat sedang berolahraga.

30 menit melakukan hubungan intim dapat membakar 120 kalori pada pria, dan 90 kalori pada wanita.

Semakin lama dilakukan, maka semakin banyak kalori yang terbakar.

Selain itu, posisi saat berhubungan intim juga menjadi faktor penentu pada seberapa banyak kalori yang akan dibakar oleh tubuh.

Hal ini tentu baik untuk Moms yang sedang merencanakan diet untuk menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan Kesuburan

Kualitas kesuburan atau fertilitas sistem reproduksi pria maupun wanita ternyata bukanlah ditentukan dari faktor genetik. Moms bisa mengusahakannya lewat rutin bercinta lho.

“Saat pria memiliki jumlah sperma yang rendah, semakin ia sering berhubungan seks maka semakin baik kualitas spermanya” ujar ginekolog Dr Gillian Lockwood, direktur medis Midlands spesialis kesuburan. Untuk itu, untuk Moms yang belum juga memiliki keturunan, jangan berputus asa. Usahakanlah rutin dalam bercinta.

Baca Juga: Makanan Sehat Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan

7. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Faktanya, sering berhubungan intim juga dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat pada pria lho, Moms.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hampir 30.000 orang pria.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pria yang sering mengalami ejakulasi saat bercinta, hingga lebih dari 21 kali ejakulasi selama sebulan, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan dengan pria yang jarang ejakulasi per bulannya.

Hal ini tentu menjadi angin segar untuk para pria agar terhindar dari salah satu penyakit yang cukup mematikan tersebut.

8. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat sering berhubungan intim yang terakhir adalah dapat meningkatkan serta menunjang kesehatan kardiovaskular, khususnya pada wanita.

Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan adanya potensi berupa manfaat kesehatan, khususnya kesehatan kardiovaskular dari rutin melakukan aktivitas seksual bersama pasangan.

Dalam penelitian tersebut juga menemukan bahwa wanita yang rutin berhubungan dengan pasangannya memiliki risiko masalah jantung yang lebih rendah.

Namun, di penelitian ini juga menjelaskan dampak kesehatan kardiovaskular pada pria yang rutin berhubungan intim.

Dikatakan bahwa pria dengan intenstitas aktivitas seksual yang tinggi, dapat meningkatkan risiko mengalami gangguan kardiovaskular.

Maka dari itu, untuk Moms dan pasangan yang memiliki gangguan kardiovaskular, ada baiknya melakukan konsultasi ke ahlinya, guna menghindari dampak negatif di kemudian hari.

Baca Juga: Kanker Prostat VS Infertilitas Pria

Nah, itulah beberapa manfaat sering berhubungan intim.

Meskipun begitu, bukan hanya seberapa seringnya melakukan hubungan intim dengan pasangan, sebab kuantitas akan kalah dengan kualitas.

Untuk mendapatkan manfaat hubungan intim secara maksimal, Moms dan pasangan juga harus menciptakan aktivitas seksual yang menyenangkan, menggairahkan, dan tentu tanpa ada rasa keterpaksaan di antara kedua pihak.

  • https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.2466/pr0.94.3.839-844
  • https://www.medicinenet.com/can_you_lose_weight_by_having_sex/article.htm
  • https://jamanetwork.com/journals/jama/fullarticle/198487
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27033442/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5052677/
  • https://www.aarp.org/relationships/love-sex/info-06-2011/sex-improves-men-health.html