02 August 2017

Marak Travel Fair, Ini 7 Hal yang Perlu Mama Ketahui

Panduan cerdas saat mengunjungi travel fair

Salah satu tips berburu tiket murah adalah mengunjungi travel fair. Bulan Agustus sampai September, biasanya banyak pihak penyelenggara mulai dari travel agent, penerbangan, hingga kartu kredit menggelar travel fair. Travel fair ini kadang tidak hanya dilakukan secara offair, tapi juga online, lho! Sebelum Mama antre sejak pagi dan berdesak-desakan untuk masuk ke dalam travel fair, yuk simak dulu beberapa smart tips untuk datang ke travel fair berikut ini.

  1. Promo Cash Back

Salah satu hal yang paling menarik banyak perhatian adalah promo pemberian cash back sejumlah uang yang lumayan jika dipotong dengan jumlah pembelian. Promo cash back ini biasanya diberikan oleh bank yang menjadi partner dalam travel fair tersebut. Yang penting untuk menjadi perhatian adalah bahwa pihak bank hanya memberikan kuota tidak lebih dari 200-500 orang pertama setiap harinya. Jadi, kalau ingin mendapatkan promo cash back ini, Mama sebaiknya datang lebih awal untuk mendapatkan gelang sebagai tanda mendapatkan kuota promo.

  1. Travel Fair Airlines

Perlu Mama ketahui, travel fair biasanya dibagi atas 2 jenis yaitu travel fair gabungan dan travel fair airlines. Travel fair gabungan biasanya berisi semua pameran dari seluruh airlines juga berbagai vendor liburan seperti paket tour, hotel, juga beberapa tenant yang menyediakan seluruh keperluan liburan. Biasanya harga promo, terlebih promo tiket pesawat tidak semenarik seperti travel fair airlines. Biasanya travel fair khusus airlines saat pameran tunggal, promonya jauh lebih menggiurkan, karena masing-masing airlines ingin memberikan harga terbaiknya pada saat mereka menggelar pameran tunggal.

  1. Jangan Terjebak Harga

Banyak sekali trik marketing yang sering dilakukan di beberapa travel fair. Jangan langsung tergiur dengan harga brosur yang sangat murah. Untuk tiket pesawat, biasanya harga yang sangat murah yang ditampilkan di brosur adalah harga dasar belum termasuk tax yang bukan tidak mungkin harga akhirnya bisa jauh lebih mahal. Untuk paket tour, Mama jangan langsung tergiur untuk mendaftar, harga paket tour yang sangat murah bisa jadi belum termasuk tiket pesawat. Tanyakan dulu include dan exclude paket tersebut, barulah pertimbangkan untuk mendaftar dan bayar uang muka.

  1. High Season Periode

Saat mengunjungi travel fair, jangan beranggapan bahwa Mama akan mendapat tiket pesawat murah kapan pun Mama ingin berlibur. Perlu diketahui, saat travel fair biasanya banyak airlines yang tidak memberikan harga promo pada saat periode high season seperti liburan natal atau tahun baru. Tapi jangan berkecil hati, Mama bisa mengutak-atik tanggal yang dekat dengan periode high season ini. Jika beruntung, Mama masih bisa kok menikmati Natal di luar negeri dengan harga promo. Tetapi, tanggal berangkatnya bukan pada saat black out date.

  1. Persiapkan Jadwal

Saat mengunjungi travel fair, pastikan Mama sudah menyiapkan jadwal rentang waktu juga tujuan tiket pesawat atau tour yang ingin dipesan. Siapkan beberapa pilihan tanggal, sebagai cadangan bila tiket di tanggal utama yang Mama inginkan sudah sold out. Jangan menyulitkan staf travel agent atau airlines dengan pernyataan “Tanggal berapa ada promo dan ke mana?”, karena mereka harus memastikan satu persatu tanggal dalam sistem. Ini akan memakan waktu sangat lama, dan Mama akan menghambat antrean.

  1. Bawa Paspor

Bawalah paspor saat mengunjungi travel fair. Mengapa? Karena ada beberapa ketentuan airlines jika ingin issued ticket harus menggunakan data paspor. Percuma dong, sudah antri lama, saat ada tiket promo ternyata batal karena tidak membawa paspor. Jika tidak mau repot, cukup ambil foto paspor secara detail. Ini sudah cukup untuk melihat data-data yang dibutuhkan, seperti ejaan nama, nomer paspor, tanggal kadaluarsa paspor, juga beberapa data pribadi lainnya.

  1. Pilih Travel Agent yang Terpercaya

Banyak sekali travel agent yang berpartisipasi dalam travel fair. Pastikan Mama mengunjungi travel agent yang sudah terpercaya kredibilitasnya. Jika Mama belum tahu sama sekali travel agent mana yang akan dikunjungi, coba mintalah beberapa rekomendasi teman-teman. Saat selesai bertransaksi di travel fair, juga jangan segan untuk meminta kartu nama pegawai travel agent yang melayani, jika Mama mengalami kendala seputar produk yang dibeli, Mama bisa menghubunginya segera.

Promo heboh apa yang pernah Mama dapatkan dari travel fair? Yuk berbagi informasi di kolom komentar.

<LMF>

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb