Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
18 Februari 2018

Mengapa Harus Bilang 'I Love You' Setiap Hari pada Anak?

Dengan ungkapan sayang dari orang tua, Si Kecil akan merasa bahwa kehadirannya adalah sesuatu yang diharapkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Mengatakan ‘I Love You’ atau ungkapan sayang lainnya kepada orang tua, pasangan maupun Si Kecil merupakan hal yang penting.

Sayangnya, kebanyakan orang berpikir bahwa rasa sayang tak perlu diungkapkan,melainkan hanya perlu ditunjukkan oleh perbuatan semata.

Namun nampaknya pemikiran semacam itu harus dihentikan mulai sekarang.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan bahwa dampak dari mengatakan ‘’ I Love You “ adalah tubuh yang sehat. Hal tersebut dikarenakan, I love you dapat membuat seseorang terhindar dari stress.

Lalu kira-kira apakah manfaat mengatakan I Love You pada Si Kecil? mari simak ulasannya berikut:

Kata-kata Merupakan Bentuk Ekspresi

Bagi Moms, mungkin setiap hal yang Moms lakukan untuk Si Kecil merupakan bentuk cinta. Namun belum tentu Si Kecil sudah mampu mencernanya sebagai sebuah bentuk cinta.

Melalui ungkapan sayang seperti ‘I Love You’ mereka akan lebih mudah merasakan bahwa Moms mencintainya.

Si Kecilpun akan merasa bahwa kehadirannya adalah hal yang penting bagi Moms, sehingga dengan sendirinya ia akan merasa nyaman akan dirinya sendiri.

Membangun Rasa Percaya Diri

Setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dalam rasa kurang percaya diri apabila kedua orangtuanya melakukan kesalahan dalam pola asuh.

Lewat rasa dan ungkapan sayaNG yang diutarakan setiap hari kepada Si Kecil, akan membantunya tumbuh menjadi sosok yang percaya diri. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan mereka dapat merasa bahwa kehadirannya merupakan sesuatu yang disenangi banyak orang, terutama oleh Moms.

Bila mereka tak merasakan adanya cinta yang tumbuh bersama mereka, mereka hanya akan merasa sebagai sosok yang memang tak diinginkan oleh orang-orang disekitarnya.

Baca Juga : Penuh Haru... 5 Bentuk Kasih Sayang Ibu Yang Tak Bisa Tergantikan

Agar Si kecil Berani Mengekspresikan Rasa Sayang

Rasa sayang tentu dimiiki setiap anak terhadap orangtua mereka bahkan pada apapun yang dekat dengannya, namun tak semua anak memiliki keberanian untuk menunjukkan apalagi mengungkapkannya.

Hal ini bisa jadi karena memang orangtuanya tak membiasakan kata sayang sebagai bagian dari keseharian, sehingga mereka tumbuh menjadi sosok yang pemalu untuk mengekspresikan rasa sayang.

Dengan membiasakan untuk mengatakan ‘ I love you ‘ pada Si Kecil, mereka akan terbiasa untuk menggunakan kata-kata tersebut untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terutama pada Moms dan suami.

Selain tak ragu untuk mengucapkannya, mereka pula tak ragu untuk menunjukkannya pada Moms. seperti membantu, memeluk atau mencium Moms.

Belajar Menghargai Sekitar

Saat seorang anak diajarkan untuk tumbuh dengan cinta, merekapun akan terbiasa untuk berada dalam lingkungan yang damai dan saling menghargai. Termasuk ungkapan cinta yang Moms berikan setiap hari, akan membuatnya selalu merasa dihargai.

Apa yang mereka rasakan dan mereka dapatnya, tentu akan menjadi sebuah hal yang dapat mereka contoh. Bila mereka merasa dihargai,merekapun akan tumbuh dan menghargai sekitarnya sebagaimana yang Moms dan suami contohkan.

Demikianlah kata-kata ‘I Love You’ atau kata-kata cinta yang lainnya dapat membuat Si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang penuh dengan rasa cinta dan saling menghargai. Jangan ragu dan jangan lupa untuk selalu mengungkapkannya ya, Moms.


(MDP)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait