Scroll untuk melanjutkan membaca

DI ATAS 5 TAHUN
07 Februari 2022

Pahami Dampak Positif dan Negatif Internet pada Anak

Main Internet itu boleh, tapi ada aturannya Moms
Pahami Dampak Positif dan Negatif Internet pada Anak

Pada zaman serba digital ini, menuntut siapa pun untuk mahir memanfaatkan teknologi serta menjelajahi internet, tak terkecuali anak-anak. Tentu saja, ada dampak positif dan negatif internet bagi Si Kecil.

Moms dan Dads sebagai orang tua perlu memahami dampak penggunaan internet bagi anak-anak. Dengan demikian, Moms bisa mengontrol penggunaannya sehingga hanya manfaat baik yang dirasakan.

Meski sisi buruk internet tidak bisa dihilangkan, tetapi setidaknya Moms bisa meminimalisirnya. Jadi, anak tetap bisa menjelajahi dunia maya dengan lebih aman.

Baca Juga: Generasi Alpha, Anak-Anak Kaum Milenial yang Sudah Serba Digital

Dampak Positif dan Negatif Internet

dampak positif dan negatif internet

Foto: dampak positif dan negatif internet (mumcenter.co)

Foto: Orami Photo Stock

Lantas, apa saja dampak positif dan negatif internet bagi anak? Berikut di antaranya yang perlu Moms ketahui:

1. Bermain Sambil Belajar

Dengan adanya internet, tentu saja anak Moms bisa belajar melalui berbagai permainan yang tersedia secara online.

Entah itu game khusus edukasi atau video game sehingga Si Kecil bisa mengasah otaknya untuk memecahkan masalah.

Melansir MentalUP, teknologi baik untuk anak-anak karena bisa meningkatkan kreativitas dari desain dan tampilan visual, serta bahasa pemrograman yang terdapat di dalamnya.

Kreativitas anak yang dipupuk sejak dini bisa membantu mereka untuk terus beradaptasi selama kehidupannya. Si Kecil akan mampu menciptakan solusi baru untuk masalah baru yang muncul.

Dengan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di masa kanak-kanak, hal ini memungkinkan mereka untuk mengatasi hambatan lebih mudah di masa depan.

2. Mengakses Berbagai Informasi

dampak internet

Foto: dampak internet

Foto: Orami Photo Stock

Dampak positif internet lainnya, yakni Si Kecil dapat mengakses berbagai informasi secara lebih mudah. Hal ini karena internet menyediakan berbagai konten pendidikan, dalam bentuk gambar, video, suara, dan lain-lain.

Si Kecil pun bisa mengakses berbagai hal yang mereka minati atau sesuatu ingin diketahui dengan menjelajah dunia digital.

Dengan demikian, pengetahuan anak Moms bisa bertambah. Belajar dari internet secara otodidak juga bisa membuat Si Kecil menjadi ahli dalam bidang tertentu.

Jadi, internet tak selalu berdampak negatif pada buah hati, Moms.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berinternet untuk Anak dari Google Indonesia

3. Masalah Keterampilan Sosial

Meski memiliki manfaat untuk anak, internet yang tidak digunakan secara tepat juga bisa menimbulkan hal negatif pada Si Kecil.

Salah satu dampak buruk internet, yakni menyebabkan masalah keterampilan sosial pada anak. Hal ini bisa terjadi jika Si Kecil bermain gadget tanpa ingat waktu.

Alhasil, anak Moms kehilangan waktu untuk bermain dan bersosialiasasi dengan teman sebaya, bahkan keluarga atau saudaranya sendiri di rumah.

Jika dibiarkan terus-menerus, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang tertutup karena cenderung lebih nyaman dengan dunianya Moms.

4. Memengaruhi Kesehatan Mental

penggunaan internet bagi anak

Foto: penggunaan internet bagi anak (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Studi yang diterbitkan oleh American Psychological Association mengatakan bahwa, ada sisi negatif dari internet yang bisa memengaruhi kondisi psikologis anak remaja.

Penelitian tersebut menyebutkan, penggunaan internet yang berlebihan bisa menyebabkan rasa kesepian yang lebih besar dan depresi pada remaja.

Hal ini mungkin disebabkan oleh sikap yang terlalu menutup diri karena merasa asyik dengan dunia maya dan segala imajinasi yang diciptakan.

Dengan demikian, anak Moms dapat dengan mudah merasa tertekan dan sendirian. Dalam hal ini, Moms harus lebih peka terhadap kondisi anak, terutama jika sudah menunjukkan tanda-tanda kecemasan berlebih (anxiety).

Baca Juga: 3 Panduan Jadikan Screen-time Si Kecil Aman dan Produktif

Mengajarkan Anak Menggunakan Internet

tips menggunakan internet anak

Foto: tips menggunakan internet anak

Foto: Orami Photo Stock

Lantas, bagaimana ya Moms, cara mengajarkan anak untuk menggunakan gadget sehingga bisa mendapatkan atau menghindari dampak positif dan negatif internet?

1. Lindungi Privasi Anak

Tegaskan pada anak untuk selalu melindungi privasi atau data-data pribadinya selama menggunakan internet atau media sosial.

Moms bisa melarang anak untuk mencantumkan nomor telepon, alamat rumah, nama sekolah, alamat e-mail, kata sandi (password), atau data pribadi anak lainnya tanpa persetujuan Moms.

Beritahu anak apa yang mungkin terjadi kalau data-data tersebut diketahui orang lain.

Misalnya, seorang penculik yang sudah melihat foto anak bisa saja menantinya di luar sekolah dan membawanya pergi dengan mengaku sebagai tetangga.

2. Tetapkan Batasan

Selalu ingatkan anak untuk tidak mengakses situs pornografi, main game online yang sarat kekerasan, atau janjian bertemu dengan orang yang hanya dikenal anak lewat media sosial.

Katakan bahwa sekali saja anak ketahuan melanggar batasan-batasan yang ditetapkan, ada sanksi yang harus ditanggung, misalnya tidak boleh bermain internet untuk beberapa waktu.

Baca Juga: Yuk, Kenalkan Sejarah dan Manfaat Internet pada Si Kecil

3. Kenalkan Situs Ramah Anak

Internet tak selalu bersifat negatif. Justru, semakin sering Moms mengenalkan anak pada beragam website edukasi dan konten yang positif, anak pun akan terarah untuk menggunakan internet secara sehat.

Arahkan anak untuk bermain game online yang sesuai dengan usianya, pastikan bahwa teman-temannya di media sosial sebaya dengannya, dan tunjukkan situs-situs edukatif yang bisa memperluas wawasannya.

Untuk menemukan situs-situs tersebut, Moms sendiri harus menjelajahi internet dan mencari tahu mana yang paling sesuai dengan buah hati.

Itu dia dampak positif dan negatif internet bagi anak, sekaligus tips mengajarkan Si Kecil untuk menggunakan internet secara sehat.

  • https://www.mentalup.co/blog/positive-and-negative-effects-of-technology-on-children
  • https://screen.guide/advice/5-negative-impacts-of-technology-in-children
  • https://www.apa.org/science/about/psa/2003/12/jackson

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.