31 Oktober 2017

Mengenal Cyber Bullying Pada Anak

Ma, jangan asal kenalkan sosial media pada anak.
Mengenal Cyber Bullying Pada Anak

Si Kecil sudah mulai mengenal sosial media? Seperti Instagram, Twitter, Facebook, Snapchat dan aplikasi lainnya?

Dunia maya memang memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tanpa mengenal jarak dan waktu, kenal dekat atau sekadar tahu.

Namun, hal itu juga bisa berpengaruh buruk untuk anak, lho. Salah satu yang paling sering terjadi adalah cyber bullying. Apa sih itu?

Menurut psikolog Andrew Mellor, cyber bullying adalah kekerasan yang terjadi di internet dengan bantuan teknologi. Biasanya, ini terjadi secara verbal atau kata-kata yang bisa menyakiti hati. Seperti diejek, dihina, diintimidasi atau dipermalukan di internet, salah satunya sosial media.

Bullying tidak bisa lepas dari kesenjangan kekuatan antara pelaku dan korban. Biasanya, cyber bullying terjadi secara verbal karena dibatasi oleh media internet. Sesederhana mengejek postur tubuh pun bisa membuat seseorang merasa terintimidasi. Anak bisa menjadi stres bahkan depresi.

Baca Juga : 5 Jenis Bullying yang Mungkin Dialami Anak

Bagaimana Sebaiknya Sikap Orang Tua?

shutterstock 473210914
Foto: shutterstock 473210914

Prof Suyanto Ph.D seorang praktisi pendidikan menjelaskan bahwa pendidikan karakter dimulai dari nilai, budi pekerti, moral dan perilaku. Tujuannya untuk mengembangkan kemampuan anak, dalam memutuskan sesuatu. Apakah baik atau buruk.

Pendidikan itu bisa dimulai oleh Mama dari rumah. Kerjasama antara Mama dan Ayah sangat dibutuhkan untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Terutama dalam segi sifat dan sikap.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan di Indonesia. Berdasarkan pasal 1 Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia.

(ICA)

Foto : Shutterstock

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.