2-3 tahun

2-3 TAHUN
15 Januari 2021

Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil yang Alergi di Masa Pandemi

Pastikan daya tahan tubuh Si Kecil kuat ya, Bunda
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menjaga daya tahan tubuh anak di tengah pandemi COVID-19 menjadi hal penting yang patut diperhatikan.

Tidak hanya dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, tetapi juga menjaga pola makan sehat, mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, dan aktif berolahraga.

Lalu, seperti apa cara menjaga daya tahan tubuh anak yang bisa dilakukan? Yuk, cari lebih lanjut tipsnya berikut ini, Bunda.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pandemi

Ada banyak hal yang bisa Si Kecil lakukan sebagai tips menjaga daya tahan tubuh anak saat pandemi. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, anak dapat bisa menjalankan aktivitasnya tanpa sering menjadi sakit.

Yuk, simak apa saja yang bisa dilakukan sebagai upaya menjaga daya tahan tubuhnya tetap sehat berikut ini.

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Vitamin untuk Mencegah COVID-19 Berikut Ini

1. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin C

menjaga daya tahan tubuh-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Nutrients, vitamin C berkontribusi terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dari lingkungan sekitar.

Karena itu, Si Kecil sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi vitamin C, terutama yang alami atau didapat dari alam, sehingga membuat tubuhnya tetap terlindungi di tengah pandemi COVID-19.

Beberapa sumber vitamin C alami yang bisa dikonsumsi seperti buah kiwi, stroberi, brokoli, tomat, jambu biji, dan lain sebagainya. Si Kecil bisa mengonsumsi langsung, atau diolah menjadi jus atau salad buah.

2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

menjaga daya tahan tubuh-2

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka, kegiatan sederhana seperti menjemur bisa menjadi salah satu tips menjaga daya tahan tubuh.

Pada situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), beberapa radiasi sinar ultraviolet penting bagi tubuh untuk merangsang produksi vitamin D yang punya peran penting dalam menguatkan sistem kerangka dan kekebalan tubuh, serta pembentukan sel darah.

Bila Bunda ingin mengajak Si Kecil berjemur, sebaiknya dilakukan pada jam 9-11 pagi, karena sinar matahari di waktu ini yang paling banyak menghasilkan vitamin D untuk tubuh.

Hindari berjemur di siang hari saat sinar matahari terik, karena bisa membahayakan kulit.

Baca Juga: Ini Tips Berjemur Matahari Pagi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

3. Rajin Berolahraga

menjaga daya tahan tubuh-3

Foto: Orami Photo Stock

Mengajak Si Kecil berolahraga juga dapat menjadi tips menjaga daya tahan tubuh saat pandemi COVID-19 yang lain. Si Kecil tidak harus melakukan olahraga di luar rumah, tetapi ada juga gerakan olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah saja, lho!

Kids Health menjelaskan, ada banyak manfaat dari olahraga untuk anak, seperti otot dan tulang yang lebih kuat, tubuh lebih ramping, mengurangi risiko kelebihan berat badan, kemungkinan lebih rendah mengalami diabetes tipe 2.

Selain itu, anak yang rajin berolahraga juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, serta memiliki pandangan hidup yang lebih baik.

4. Terapkan Pola Tidur yang Cukup

menjaga daya tahan tubuh-4

Foto: Orami Photo Stock

Anak-anak juga perlu memiliki pola tidur yang sehat, sebagai tips menjaga daya tahan tubuh saat pandemi.

Apalagi, bagi Si Kecil yang menjalankan rutinitas harian padat, bila tidak meluangkan waktu yang cukup untuk istirahat dan tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh anak.

Ini karena saat tidur, tubuh akan memproduksi antibodi dan sel, juga melepaskan senyawa cytokines yang penting untuk memerangi infeksi dan peradangan.

Jadi, usahakan Si Kecil tidur minimal 10 jam dalam sehari agar daya tahan tubuh anak tetap kuat ya, Bunda.

Baca Juga: Jika Anak Susah Tidur, Ikuti 4 Langkah Ini Agar Dia Cepat Mengantuk!

5. Konsumsi Alternatif Pengganti Protein Susu Sapi

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya dengan konsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga, Bunda juga bisa mengajak Si Kecil mengonsumsi formula pertumbuhan sebagai cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal.

Terutama bila Bunda sedang mencari alternatif susu sapi karena Si Kecil tidak cocok minum susu sapi, berikan Si Kecil formula pertumbuhan soya yaitu SGM Eksplor Advance+ Soya, yang dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil untuk tumbuh jadi generasi maju.

Produk SGM Eksplor Advance+ Soya dapat membantu penuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang tidak cocok susu sapi.

Bunda bisa mencoba SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus, karena di dalamnya terkandung 5 Kebaikan ComplinutriSoy+, termasuk minyak ikan, Omega 3 dan 6, serta kalsium, yang bisa membantu memenuhi nutrisi Si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi.

Apalagi, produk SGM Eksplor Advance+ Soya mengandung 5 Kebaikan COMPLINUTRI Soy+ terbuat dari 100% Isolat Protein Soya berkualitas, Minyak Ikan, Omega 3&6, Vitamin & Mineral serta nutrisi penting lainnya untuk dukung tumbuh kembang optimal Si Kecil agar siap jadi Anak Generasi Maju.

Nah, itu dia Bunda, ragam cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak saat pandemi. Semoga berguna!

(ADV)

Artikel Terkait