Kehamilan

NaN undefined NaN

Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Selama Pendemi COVID-19

Kesehatan mental ibu hamil sangatlah penting untuk dijaga, terlebih di saat pandemi seperti ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis dan disunting oleh
Phanie

Kebijakan rumah sakit yang berubah, kekhawatiran tentang tertular virus COVID-19, dan perubahan jam kantor dokter semuanya memengaruhi kehamilan. Selama "kehamilan pandemi," tingkat stres pasien mungkin jauh lebih tinggi. Menurut UT Southwestern Medical Center, seiring COVID-19 berlanjut, banyak pasien yang menyampaikan bahwa mereka khawatir tentang bagaimana stres terkait pandemi akan memengaruhi kesehatan mental dan fisik jangka panjang keluarga.

Tak sedikit yang melaporkan lebih banyak kecemasan tentang masalah kehamilan di tengah pandemi ini, kecenderungannya karena kekhawatiran tentang virus. Rata-rata ibu hamil khawatir tentang bagaimana virus dapat mempengaruhi kehamilan, persalinan, atau kesehatan keluarga mereka.

Kesehatan Mental Ibu Hamil Selama Pandemi

Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Selama Pendemi COVID-19.jpg

Foto: https://insider.com/

Terapi menghilangkan stres dapat membantu wanita menjaga kesehatan mental yang baik selama kehamilan. Kehamilan bisa menjadi saat yang menyenangkan, tetapi kita tidak bisa menjamin hal-hal di luar itu. Seperti kita ketahui, pandemi COVID-19 bisa menambah stres lebih lanjut dan dapat menyebabkan kecemasan pada beberapa orang.

Selama kehamilan, tanda dan gejala stres tinggi di antara nya:

  • Perubahan nafsu makan
  • Perasaan cemas dan khawatir tentang kehamilan dan persalinan
  • Kualitas tidur yang buruk
  • Sulit berkonsentrasi

Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Selama Pandemi

Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Selama Pendemi COVID-19 2.jpg

Foto: https://www.peacehealth.org/

Kehamilan bukan mengenai kesehatan ibu hamil saja, namun juga bayi dalam kandungan. Menjaga kesehatan mental ibu hamil selama pandemi ini sangatlah penting kita lakukan.

  • Jangan melihat media fisik atau menonton berita sepanjang waktu. Mulailah dengan membatasi berita pada waktu-waktu penting dalam sehari, seperti pagi atau sebelum makan malam, sehingga pada malam hari Moms bebas untuk melepas lelah dan mendorong tidur.
  • Tanyakan kepada dokter atau bidan tentang kelas antenatal online, yang merupakan media yang sangat baik untuk bertemu dan berbicara dengan wanita hamil lainnya.
  • Cobalah bermeditasi, pernapasan dalam, atau peregangan lembut.
  • Jaga komunikasi dengan teman dan keluarga melalui telepon atau melalui konferensi video.
  • Tidur cukup dengan tidur pada waktu yang konsisten dan membatasi waktu penggunaan alat elektronik dan gadget sebelumnya.
  • Pertahankan pola makan yang sehat dan lakukan olahraga teratur. Makan dengan baik dan tetap aktif dapat membantu tubuh tetap sehat di saat kesehatan mental buruk. Menurut Yaprak Harrison, M.D., Ph.D., seorang anggota fakultas klinis sukarela di UT Southwestern, makan makanan yang sehat dan meningkatkan imunitas sangat dibutuhkan saat pandemi. Tapi ingat untuk tetap berpegang pada diet sehat, termasuk buah-buahan, sayuran, dan banyak air untuk diminum.
  • Ikuti hobi baru atau temukan kembali yang lama, seperti memainkan alat musik, belajar bahasa, atau membaca. Beberapa ibu hamil juga melakukan kegiatan kerajinan tangan, seperti membuat selimut, pakaian, atau mainan buatan tangan untuk bayi yang akan datang, atau mendekorasi kamar bayi.
  • Manfaatkan kondisi ini dengan kegiatan positif, seperti bergabung dengan kelompok dan forum ibu hamil.
Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Selama Pendemi COVID-19 3.jpg

Foto: https://readingeagle.com/

  • Moms bisa mengikuti kelas online, kulwap (kuliah whatsapp), webinar, ataupun live streaming mengenai menjaga kesehatan mental ibu hamil selama pandemi. Terapi dapat bermanfaat bagi siapa saja yang mengalami kecemasan, depresi, atau stres.
  • Jika Moms merasa mengalami tekanan mental yang signifikan di tengah pandemi ini, sangat penting untuk berbicara dengan dokter, bidan, atau konselor.

Stres hingga depresi selama kehamilan sering terjadi tetapi dapat diobati. Bahkan jika mereka menjaga jarak secara fisik, ibu hamil tidak harus menghadapi depresi atau masalah kesehatan mental lainnya sendirian. Mengelola stres sangat penting bagi ibu hamil, dan itu terutama berlaku selama pandemi. Ingatlah, kamu tidak sendirian. Kami di sini untuk mendukung kesehatan mental dan fisik Anda di masa yang penuh tantangan ini.

Sumber: https://utswmed.org/medblog/tips-manage-pandemic-pregnancy-stress/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/covid-19-pregnancy-and-mental-health

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait