Kesehatan

KESEHATAN
1 Januari 2020

Mineral Oil pada Skincare, Apakah Aman Digunakan?

Meski studi menyatakan mineral oil aman digunakan, banyak orang masih meragukan hal tersebut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mirip seperti paraben, mineral oil masih menjadi bahan yang dipertanyakan keamanannya oleh banyak orang. Mineral oil disebut sebagai bahan yang aman digunakan, tapi beberapa ahli menyebutkan bahwa mineral oil dapat menyumbat pori-pori kulit.

Jadi, apakah kandungan mineral oil pada skincare aman untuk digunakan? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Bahaya Kandungan Talc pada Bedak Bayi, Jangan Asal Pakai Ya

Manfaat Mineral Oil pada Skincare

mineral oil pada skincare (1).jpeg

Dilansir dari Chemical Safety Facts, mineral oil merupakan cairan tanpa bau dan transparan yang dibuat dari petroleum yang sudah melalui proses penjernihan. Mineral oil biasa digunakan pada produk baby lotion, krim, salep, dan kosmetik.

Fungsi mineral oil adalah untuk mengurangi pelepasan air di kulit dan menjaga kulit tetap lembap. Mineral oil juga sering disebut dengan liquid petroleum, paraffin oil, mineral paraffin, dan white mineral oil.

Keamanan Mineral Oil pada Skincare

mineral oil pada skincare (2).jpg

The U.S. Food and Drug Administration (FDA) mengizinkan penggunaan mineral oil sebagai bahan aktif di obat-obatan dan produk perawatan kulit.

The Cosmetic Ingredient Review (CIR) juga sudah melakukan penelitian dan menarik kesimpulan bahwa mineral oil aman digunakan sebagai bahan kosmetik.

Hal yang sama juga diutarakan oleh The Cosmetics Directive of the European Union, yang mengizinkan mineral oil pada produk skincare dan kosmetik.

Pada penelitian yang dilakukan Science Direct, mereka mengatakan bahwa mineral oil cocok digunakan oleh berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif bayi.

Sebab, mineral oil bersifat non comedogenic, yakni tidak akan menyumbat pori-pori. Mineral oil juga berisiko kecil menimbulkan reaksi pada kulit seperti iritasi.

Baca Juga: Pewarna pada Skincare Bayi, Amankah?

Efek Samping Mineral Oil

mineral oil pada skincare (1).jpg

Meski studi menyatakan mineral oil aman digunakan pada skincare dan kosmetik, banyak orang masih meragukan hal tersebut.

Paula Simpson, ahli biokimia sekaligus penulis buku Good Bacteria for Healthy Skin, tidak merekomendasikan penggunaan mineral oil pada skincare.

Mineral oil dapat memberikan kulit yang terasa halus dan lembut, tapi akibat efek yang ditimbulkan itu, mineral oil bisa menyumbat pori-pori,” ujarnya, dilansir dari Allure.

Ahli kecantikan asal Beverly Hills, Sonya Dakar juga mengutarakan hal yang sama. “Saya tidak menyarankan mineral oil. Minyak itu dibuat dari petroleum dan tidak bisa menyerap ke kulit karena molekulnya terlalu besar,” terangnya.

Baca Juga: 5 Jenis Vitamin pada Skincare dan Manfaatnya

Walau para peneliti sudah mengatakan mineral oil boleh ada dalam kandungan skincare, Moms mungkin masih ragu dan lebih memilih mengambil langkah aman untuk menghindarinya. Better safe than sorry!

Hal itu tidak masalah Moms, sebab masih banyak bahan melembapkan lainnya yang sudah dinyatakan aman tanpa adanya efek samping. Moms pun bisa berkonsultasi pada dokter mengenai keamanan mineral oil pada skincare bayi agar benar-benar yakin.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait