Newborn

20 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-23

Bayi Moms sudah mulai menunjukkan minat pada benda yang ditempatkan di sekelilingnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perkembangan Bayi:

Minggu ini bayi Moms mungkin mulai menunjukkan minat pada benda yang ditempatkan di sekelilingnya. Bayi berusia 23 minggu umumnya juga sudah memahami atau memainkan mainannya dengan benar. Dia tahu mainan mana yang bisa dipencet, yang mana yang berbunyi bila digoyang.

Namun Moms tak perlu menghabiskan uang untuk membeli semua mainan di toko. Sendok kayu atau mangkuk plastik hingga panci kecil dari dapur Moms pun bisa jadi mainan yang membuatnya senang, kok.

Bayi memang suka sekali dengan benda yang menghasilkan suara berisik. Bagaimana dengan musik? Pasti, Moms! Perhatikan saja dia betul-betul pecinta musik di usia ini.

Tips Minggu Ini :

Bayi Moms semakin suka memasukan semua hal ke mulutnya, jadi hati-hati untuk menjaga bayi tidak meraih benda kecil yang dapat membuatnya tersedak.

Artinya Moms harus lebih teliti membersihkan ruangan untuk memastikan tidak ada benda mungil yang tertinggal atau tergeletak sembarangan –termasuk benda-benda pribadi Moms atau anggota keluarga lainnya.

Moms, Coba Deh:

Bantu bayi menikmati nada atau pola irama yang nantinya penting untuk keterampilan seperti merangkak, berjalan, berlari, melompat-lompat, hingga perkembangan bahasa. Caranya antara lain:

  • Gendong bayi di samping atau di dada Moms, lalu menarilah mengikuti musik. Moms juga bisa melakukannya sambil memangku bayi.
  • Cukup rentangkan dan gerak-gerakkan tangan Si Kecil atau goyangkan badannya mengikuti musik. Moms juga bisa memberi contoh dengan menggerakkan kepala ke kanan dan kiri. Lihat, bayi memperhatikan dan berusaha mengikutinya!
  • Telentangkan bayi di karpet atau alas mainnya, lalu gulingkan dia dari sisi ke sisi sesuai irama musik. Untuk bayi Moms, ini seru sekali.
  • Kocok mainannya dalam pola yang dapat diprediksi untuk menggantikan alat musik saat Moms bernyanyi.
  • Moms juga bisa membuat musik menggunakan tubuh Anda sebagai instrumen, misalnya dengan tepuk tangan, hentakkan kaki, dan sebagainya. Gerakan tubuh ini akan membantu bayi belajar lebih banyak tentang bagaimana tubuhnya juga dapat bergerak dan membuat suara-suara yang menyenangkan.

Narasumber ahli : dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto : Shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait