Newborn

NEWBORN
10 Januari 2018

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-44

Inilah saatnya Moms mulai mencari alat bantu belajar berjalan untuk si kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Perkembangan Bayi:

Beberapa bayi pada usia ini sudah bisa berjalan, tapi sebagian besar masih belum bisa meski sudah lancar merayap dengan cepat dari sofa ke meja atau mungkin mampu dengan tangkas melewati rintangan seperti memanjat di atas bantal, menggunakan dinding untuk membantu mereka berjalan bahkan memanjat.

Ia semakin suka menjelajah semua ruang. Dari ruang tidur, ruang keluarga, ruang tamu hingga teras rumah. Semakin banyak ruang yang bisa bayi jelajahi, semakin cepat ia akan berjalan.

Belajar berjalan adalah salah satu tonggak penting dalam kehidupan bayi. Moms dan Papa juga pasti akan sangat gembira menyaksikan langkah-langkah pertamanya. Tapi awasi terus, ya Moms. Jangan lupa, siapkan juga selalu kamera Anda!

Catatan untuk Moms:

Penting untuk diingat bahwa sebelum bisa berjalan, umumnya bayi terlebih dahulu menguasai cara duduk, berguling, merangkak dan menarik perabotan sambil merayap. Kebanyakan bayi melakukan langkah pertamanya di usia antara sembilan dan tiga belas bulan, tapi jika bayi Moms belum berjalan di usia 16-17 bulan, jangan panik.

Semua bayi berbeda dan kemampuan anak berjalan bergantung pada berbagai faktor. Mulai dari faktor genetika, bobot bayi, hingga tahapan tumbuh kembangnya di bulan-bulan yang lalu.

Jika bayi Moms termasuk bayi yang mahir dan dapat cepat merangkak, dia mungkin merasa tidak perlu berjalan secepat bayi yang hanya kadang-kadang merangkak atau malah tidak pernah merangkak sama sekali.

Temperamen bayi Moms juga ikut memberi pengaruh. Apakah dia bayi yang senang duduk dan bermain dengan mainannya sendiri, atau bayi yang selalu ingin menemukan lemari dan pintu baru untuk dijelajahi? Jika bayi Moms tipe yang kedua, dia mungkin akan berjalan lebih awal karena terdorong dengan keinginannya menjelajahi dunia.

Tips Minggu Ini:

Agar anak dapat segera berjalan, beberapa orangtua merasa perlu membelikan alat bantu. Bila Moms juga merasa begitu, pastikan Moms mempertimbangkan usia dan berat bayi juga material dan jenis alat bantu jalan yang dipilih. Saat ini, memang tersedia berbagai jenis alat bantu untuk anak belajar berjalan. Mulai dari pre walker shoes, baby walker hingga walker wagon.

Narasumber: dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait