Newborn

NEWBORN
17 Januari 2018

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-51

Karena semakin aktif, sudah pasti Moms akan menggunakan popok celana untuk si kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Perkembangan Bayi:

Pada saat mencapai usia dua belas bulan, seorang anak tidak akan terlihat atau bertingkah seperti bayi lagi. Ya Moms, bayi Moms sudah resmi memasuki usia balita. Meskipun masih sering merasa cemas bila berada jauh dari Moms, Si Kecil juga akan menunjukkan tanda-tanda ingin sedikit kebebasan.

Dalam berbagai kesempatan, ia akan dengan sengaja merangkak atau (bila ia sudah bisa) berjalan menjauhi Moms. Cara lainnya untuk menunjukkan kebebeasan? Mengelak sebisa mungkin saat Moms berusaha mengganti popoknya atau jika Moms berusaha membuatnya diam agar bisa dipakaikan baju.

Tips Minggu Ini:

Ganti popok Si Kecil ke popok model celana dan selalu siapkan kotak P3K di rumah & mobil Moms. Saat berpergian dengan Si Kecil, usahakan juga untuk selalu membawa setidaknya obat antiseptik dan plester luka di dalam tas Moms.

Selain itu, pastikan Moms sudah pernah membaca buku tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama untuk Si Kecil. Simpan nomor telepon dokter dan nomor darurat lainnya di ponsel Anda.

Meski diawasi, anak bisa saja mengalami luka atau cidera –terutama saat ia sedang suka bergerak namun belum bisa betul-betul menjaga keseimbangannya. Berhati-hati selalu ya, Moms.

Moms, Coba Deh:

Seleksi kembali mainan Si Kecil. Siapa tahu banyak 'mainan bayi' yang sudah tidak cocok untuknya dan waktunya membelikan anak mainan yang lebih rumit sesuai usianya.

Pertimbangkan membeli barang seperti gelas susun, puzzle sederhana, mainan musik seperti Xylophones dengan pemukul kecil, drum atau lonceng bisa jadi pilihan tepat baginya yang sekarang bisa menggunakan stik untuk memukul.

Narasumber: dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait