Scroll untuk melanjutkan membaca

FASHION & BEAUTY
12 April 2022

Rekomendasi 8 Minuman Penghilang Jerawat dan Bekasnya, Tertarik Mencoba?

Teh salah satunya bisa jadi merupakan minuman penghilang jerawat dan bekasnya
Rekomendasi 8 Minuman Penghilang Jerawat dan Bekasnya, Tertarik Mencoba?

Serum dan moisturizer yang mahal untuk mengatasi jerawat, harus diimbangi dengan metode holistik untuk melengkapi rutinitas skincare topikal Moms. Salah satunya adalah konsumsi minuman penghilang jerawat dan bekasnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan rendah glikemik dan berprotein tinggi, memainkan peran penting dalam meningkatkan jumlah jerawat.

Jadi, mulailah dengan satu dasar yang paling mudah seperti buah dan sayuran sehat.

Tidak bisa sembarangan dalam mengatasi jerawat, biasanya minuman ini terbuat dari ramuan alami buah dan sayur pilihan.

Dr Geetika Mittal Gupta, pendiri dan direktur medis ISAAC Luxe, mengatakan sebelum memilih minuman penghilang jerawat dan bekasnya, perhatikan terlebih dahulu minuman yang harus dihindari. 

“Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa laktosa, ditambah bahan kimia dan pengawet dalam susu telah dikaitkan dengan jerawat. Saya menyarankan klien saya yang memiliki jerawat aktif untuk menghindari susu terlebih dahulu, ”katanya seperti dikutip dari Vogue.in.

Tidak hanya itu, minuman bersoda dan cola juga memiliki banyak gula dan karbohidrat.

Itu artinya, minuman ini dapat menyebabkan masalah seperti kulit kusam, peradangan, dan jerawat. Hal yang sama berlaku untuk jus kemasan.

Jadi, apa saja rekomendasi minuman penghilang jerawat dan bekasnya yang boleh Moms konsumsi? Berikut adalah beberapa pilihannya yang bisa Moms coba.

Baca Juga: Punya Jerawat di Bibir? Ini 9 Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami dan Obat Medis

Rekomendasi Minuman Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Terdapat beberapa minuman lezat yang dapat memuaskan dahaga sekaligus dapat membuat kulit menjadi lebih halus.

Intip beberapa minuman penghilang jewarat dan bekasnya yang berhasil dirangkum oleh Orami kali ini ya Moms.

1. Teh Matcha

Teh Matcha adalah salah satu minuman penghilang jerawat dan bekasnya

Foto: Teh Matcha adalah salah satu minuman penghilang jerawat dan bekasnya (https://www.google.com/url?sa=i&url=http%3A%2F%2Fwww.kratomforsalepro.com%2Fthe-history-of-kratom%2F&psig=AOvVaw0G_67SR9X6EQWR_uMSnRQM&ust=1649319002488000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjhxqFwoTCOjd4J3-_vYCFQAAAAAdAAAAABAS)

Foto: kratomforsalepro.com

Daftar minuman penghilang jerawat dan bekasnya yang pertama adalah teh matcha.

Bersama dengan sekumpulan manfaat kesehatan luar biasa lainnya, minuman trendi ini penuh dengan antioksidan, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG).

EGCG dapat membantu melawan oksidasi sebum yang terjadi sebelum jerawat terbentuk. Menelan antioksidan juga membantu mengurangi tanda-tanda peradangan dari bagian dalam ke luar.

Dalam Journal of Chromatography menyebutkan matcha memiliki antioksidan 137 kali lebih banyak daripada teh hijau tua biasa.

Dengan mengonsumsi teh matcha, Moms dapat yakin karena berhasil mendapatkan dosis antioksidan yang besar dan kuat dengan setiap minuman.

2. Teh Kunyit

Penelitian dalam jurnal Foods menyebutkan bahwa curcumin yang merupakan komponen dari bumbu kunyit, dikenal luas karena sifat anti-inflamasi, antivirus, antioksidan, dan antijamurnya.

Lalu, bagaimana minuman ini masuk dalam daftar minuman penghilang jerawat dan bekasnya?

Dalam Ayurveda, teh kunyit digunakan untuk tujuan pengobatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan kondisi internal dan eksternal. Saat ini, kunyit adalah bahan masker DIY yang populer.

Rupanya, Moms  juga dapat menambahkan satu sendok teh ke air panas untuk diminum sebagai teh untuk manfaat penyembuhan jerawat yang serupa.

3. Kefir

Usus sangat terkait dengan kesehatan kulit. Itulah sebabnya mengonsumsi probiotik dari sumber seperti kefir merupakan cara tepat untuk menangkal bakteri jahat dan mengurangi peradangan.

Protein laktoferin memberi kefir kekuatan ekstra untuk melawan noda.

Dalam sebuah penelitian di jurnal Nutrition, peserta yang minum susu fermentasi dengan 200 miligram laktoferin setiap hari mengalami penurunan hampir 39% pada lesi peradangan jerawat selama 12 minggu.

Tak heran ya Moms, Kefir masuk dalam daftar minuman penghilang jerawat dan bekasnya.

Baca Juga: Manfaat Acerola untuk Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat dan Mencegah Penuaan Dini

4. Teh Spearmint

Manfaat Spearmint Tea sebagai minuman penghilang jerawat dan bekasnya

Foto: Manfaat Spearmint Tea sebagai minuman penghilang jerawat dan bekasnya (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.thelist.com%2F196037%2Fwhen-you-drink-peppermint-tea-every-day-this-is-what-happens-to-your-body%2F&psig=AOvVaw2ruJGuGAMB__Vk2QzwJd6t&ust=1649319156034000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjhxqFwoTCKD1gub-)

Foto: thelist.com

Dikutip dari Byrdie.com, Dr. Carl Thornfeldt, pendiri Epionce Skincare, menjelaskan bahwa minum dua cangkir teh spearmint organik setiap hari, mampu mengurangi peradangan jerawat sebesar 25% setelah satu bulan dan 51% setelah tiga bulan. 

Menjadi bagian dari minuman penghilang jewarat dan bekasnya, minuman segar ini bahkan lebih efektif daripada obat resep. 

5. Jus Ceri Tart Organik

Jangan minum koktail jus ceri yang sarat dengan gula dari toko bahan makanan. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari minuman ini, minumlah jus ceri tart organik yang asli. 

Minuman penghilang jerawat dan bekasnya ini dikemas dengan antioksidan dan vitamin A, B, C, dan D, dan membantu menyeimbangkan pH kulit.

Minuman ini juga bersifat  anti-inflamasi dan bahkan memiliki melatonin yang bantu tidur lebih nyenyak.

6. Teh Serai dan Kunyit

Perpaduan bahan anti jamur dan anti bakteri dari minuman penghilang jerawat dan bekasnya ini membantu menangkal jerawat dan juga ruam.

Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin, yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

7. Neem dan Madu

Ini mungkin bukan minuman penghilang jerawat dan bekasnya yang paling enak. Akan tetapi, Dr Mittal Gupta menegaskan bahwa teh pahit mimba adalah penangkal jerawat, bisul, dan noda

“Pokoknya tumbuh selama musim panas India dan Mimba bersifat antibakteri serta banyak digunakan dalam ramuan Ayurveda. Mengunyah daun mimba atau meminum ramuan berbahan dasar mimba dapat membantu menghilangkan racun dan memurnikan darah,”  kata Dr. Gupta. 

8. Amla dan Jahe

Kaya akan vitamin C, amla adalah antioksidan kuat dan bahan anti-inflamasi, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, Amla bahkan memberi kekuatan untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Karena juga bertanggung jawab untuk produksi kolagen, konsumsi amla secara teratur  akan membuat kulit bercahaya. Lalu bagaimana dengan jahe?

Bahan dapur ini memiliki banyak senyawa anti-inflamasi yang kuat, termasuk berbagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Itu sebabnya, amla dan jahe masuk dalam daftar minuman penghilang jerawat dan bekasnya.

Baca Juga: Konsumsi Cokelat Berlebih Memicu Jerawat

Itulah rekomendasi minuman penghilang jerawat dan bekasnya yang bisa Moms coba. Perlu diingat bahwa apa yang Moms makan, nantinya akan dipecah dan diangkut ke seluruh tubuh melalui darah.

Jadi, meminum minuman penghilang jerawat dan bekasnya ini tidak akan langsung berimbas hanya dalam semalam seperti perawatan topikal.

Semua ini bagaikan fondasi yang dibutuhkan tubuh dan bisa memberikan hasil maksimal jika digunakan bersama dengan perawatan luar. 

  • https://www.vogue.in/wellness/content/how-to-get-rid-of-acne-anti-acne-herbal-drinks
  • https://www.byrdie.com/drinks-for-acne#citation-4
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0899900710001693?via%3Dihub
  • https://mdpi.com/2304-8158/6/10/92
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0021967303011336?via%3Dihub