Kesehatan

13 Mei 2019

Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes

Kulit gatal akibat diabetes membuat tak nyaman. Segera cari cara untuk mengendalikannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Salah satu komplikasi yang dialami oleh penderita diabetes adalah kulit gatal. Selain membuat tidak nyaman, gatal yang persisten juga dapat membuat kulit luka, infeksi, dan sakit.

Gatal akibat diabetes tidak boleh diabaikan. Sebab, dikutip dari artikel Barel Scratching the Surface karya Aaron I Vinik yang diterbitkan di Jurnal Diabetes Care tahun 2010, rasa gatal yang terus-menerus dapat mengindikasikan bahwa seseorang dengan diabetes telah mengalami kerusakan saraf karena meningkatnya kadar sitokin, hormon penyebab peradangan.

Gatal pada penderita diabetes juga dapat disebabkan oleh sirkulasi yang buruk, dan dalam hal ini, gatal-gatal lebih mungkin terjadi pada bagian bawah kaki.

Gatal akan terasa semakin parah dan menimbulkan ketidaknyamanan ketika kulit bersentuhan dengan produk yang mengandung parfum, pewarna, dan sabun yang kuat.

Bahkan, kulit akan menjadi semakin kering atau sensitif ketika terpapar cuaca dingin.

Meski diabetes sendiri hampir tidak bisa disembuhkan seratus persen, gatal akibat diabetes ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah.

Ini dia cara mengatasi kulit gatal karena diabetes seperti dikutip dari Deborah Weatherspoon, PhD, RN, CRNA, seorang pakar keperawatan internasional.

1. Menghindari Mandi Air Panas

Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes 1.jpg

Air panas dapat menghilangkan kelembapan kulit, sehingga yang terbaik adalah membiasakan diri mandi dengan air dingin agar kulit tidak semakin kering.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Rasa Gatal di Bekas Jahitan Caesar

2. Oleskan Pelembap

Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes 2.jpg

Oleskan pelembap saat kulit masih dalam kondisi lembap setelah mandi. Tapi ingat, jangan oleskan pelembap di sela-sela jari kaki, ya. Hal ini dapat membuat kondisi jari-jari kaki semakin lembab dan memicu munculnya jamur kulit.

Hindari pelembap yang mengandung parfum atau pewarna, dan cari pelembap yang labelnya menyatakan 'mild' atau 'hypoallergenic'.

Selain pelembap yang dijual di pasaran, disarankan untuk menggunakan pelembap alami seperti gel lidah buaya, atau madu. Tapi, pastikan dulu Moms tidak memiliki alergi dengan kandungan alami pada pelembap organik tersebut.

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Bayi yang Sedang Ruam dan Gatal-gatal?

3. Atur Pola Makan

Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes 3.jpg

Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh, asupan makanan yang tepat juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Perbanyak asupan asam lemak omega-3 lewat sejumlah makanan seperti ikan salmon, tuna, sarden, tahu, bayam, dan alpukat. Lemak tak jenuh dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

4. Gunakan Humidifier

Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes 4.jpg

Penggunaan humidifier di dalam kamar tidur akan membantu melembapkan udara di dalam ruangan. Kelembapan udara yang tinggi akan mencegah kulit dari kekeringan dan gatal.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Vagina Gatal dan Iritasi, Bisa Jadi Karena Stres Juga Lho!

5. Ke Dokter

Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes 5.jpg

Ketika pengobatan rumahan untuk mengatasi gatal tak kunjung berhasil setelah sekitar 2 minggu, maka tak ada cara lain kecuali harus menemui dokter.

Dokter akan memberi terapi atau pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing penderita.

Itu dia cara menangani kulit gatal yang disebabkan oleh diabetes. Semoga menginspirasi dan mampu mengurangi ketidaknyamanan Anda.

(VAN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait