25 September 2023

12 Cara Menghilangkan Pegal di Kaki dan Paha, Dijamin Ampuh!

Jangan asal diobati, ini cara ampuh untuk atasi kaki pegal!
12 Cara Menghilangkan Pegal di Kaki dan Paha, Dijamin Ampuh!

Mengetahui cara menghilangkan pegal di kaki dan paha penting bagi Moms yang mengandalkan kaki untuk melakukan banyak pekerjaan.

Mulai dari berjalan, naik-turun tangga, berdiri untuk waktu yang lama, atau berolahraga.

Kaki seakan tak ada habisnya dipakai berkegiatan setiap hari, jadi sangat wajar jika suatu hari Moms merasakan pegal di kaki dan paha.

Untungnya, ada banyak cara menghilangkan pegal di kaki dan paha setibanya Moms di rumah.

Umumnya, kombinasi beberapa cara juga akan membantu meremajakan kaki dan mencegahnya terlalu pegal. Mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Pegal Linu, Catat dan Hindari!

Cara Menghilangkan Pegal di Kaki dan Paha

Pegal di kaki dan Paha
Foto: Pegal di kaki dan Paha (Orami Photo Stock)

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan pegal di kaki dan paha yang bisa Moms coba:

1. Rendam Kaki dengan Air Hangat

Untuk menghilangkan pegal di kaki dan paha, Moms bisa mencoba merendam kaki dengan air hangat setibanya di rumah.

Cara ini dipercaya bisa meredakan nyeri kaki dalam sekejap.

Moms juga bisa menambahkan garam Epsom ke rendaman kaki untuk meredakan nyeri otot dan bahkan mengurangi pembengkakan di kaki.

Rendam kaki dalam campuran air dan garam Epsom selama sekitar dua puluh menit untuk meredakan pegal di kaki dan paha.

Moms mungkin tergoda untuk mencoba produk lain di kaki seperti soda kue.

Namun, bahan ini lebih cenderung menargetkan kondisi yang berhubungan dengan kulit daripada rasa sakit atau bengkak, jadi sebaiknya dihindari ya.

2. Lakukan Peregangan

Moms juga dapat mencoba beberapa latihan peregangan untuk menghilangkan pegal di kaki dan paha.

Moms dapat menargetkan satu area kaki seperti jari kaki atau tumit, atau Moms dapat melakukan beberapa peregangan untuk menargetkan seluruh kaki.

Moms juga bisa mengikuti latihan berikut ini untuk mencegah kram dan meningkatkan fleksibilitas kaki:

  • Tekuk jari-jari kaki, kemudian diluruskan, lalu ditekuk selama beberapa detik. Ulangi latihan jari kaki ini sepuluh kali.
  • Lakukan pemanasan di kaki dengan duduk dan rentangkan kaki. Gerakkan jari-jari kaki dan arahkan jari-jari kaki ke arah tubuh dan menjauhinya. Gerakkan pergelangan kaki dalam lingkaran searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.
  • Teruskan meregangkan kaki dengan menggeser beban dari tumit ke jari kaki dengan bergiliran mengangkat bagian depan dan belakang kaki dari lantai sambil dalam posisi berdiri.

3. Lakukan Latihan Penguatan

Tahukah Moms bahwa menjaga kaki tetap lentur dan kuat adalah kunci untuk menghilangkan pegal di kaki dan paha?

Moms bisa berjalan kaki secara teratur untuk berolahraga dan menjaga kaki tetap lentur dan sehat.

Moms juga perlu menghindari gaya hidup yang terlalu banyak duduk. Moms mungkin perlu menggunakan pedometer untuk memastikan Moms cukup berjalan dan menjaga kaki tetap aktif.

Moms juga dapat mencoba latihan ketahanan untuk memperkuat kaki dan mencegah rasa sakit di kemudian hari.

Moms dapat menggunakan resistance band atau beban untuk membangun kekuatan di kaki. Bahkan berat badan sendiri juga dapat membantu Moms dalam latihan ketahanan.

Ada beberapa latihan penguatan untuk kaki yang bisa Moms lakukan, misalnya:

  • Cobalah peregangan Achilles dengan bantuan dinding.
  • Ambil kelereng dengan jari-jari kaki.
  • Tarik handuk mendekat dari lantai dengan kaki saat duduk untuk meregangkan dan memperkuat lengkungan kaki.

Pasang karet gelang ke kaki furnitur dan duduk tepat di seberangnya di kursi. Tarik kaki melewati karet gelang hingga menyangga bagian atas kaki di bawah jari kaki.

Kemudian, tarik kaki dan tahan di tempatnya selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali. Ini akan meregangkan tumit.

Baca Juga: Serba-serbi Sakit Pundak dan Perawatan Menurut Ahli Ortopedi

4. Pijat Kaki

Pijat Kaki Pegal
Foto: Pijat Kaki Pegal (Orami Photo Stocks)

Moms dapat memijat kaki sendiri untuk membantu meredakan nyeri dan meningkatkan sirkulasi.

Duduklah di kursi yang nyaman dan gosok dan pijat bagian bawah kaki. Tarik dan tekuk jari-jari kaki untuk memijatnya.

Moms bisa menggunakan lotion atau minyak untuk membantu melumasi kulit sehingga lebih mudah untuk memijat kaki.

Produk seperti foot roller (yang merupakan silinder bertekstur), juga dapat membantu memijat kaki jika dengan

Penopang lengkung atau ortotik dapat menjaga kestabilan kaki saat Moms berdiri atau berjalan. Cara...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.