Scroll untuk melanjutkan membaca

OLAHRAGA & KEBUGARAN
29 Oktober 2022

12 Manfaat Yoga, Meredakan Nyeri Punggung, Mengurangi Kecemasan, hingga Bikin Kulit Bercahaya!

Yoga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, baik secara fisik ataupun mental
12 Manfaat Yoga, Meredakan Nyeri Punggung, Mengurangi Kecemasan, hingga Bikin Kulit Bercahaya!

Yoga, olahraga yang berasal dari India ini memang sudah cukup dikenal oleh banyak orang di dunia. Moms pun dapat mencobanya karena ada banyak manfaat yoga, baik bagi kesehatan tubuh secara fisik hingga kesehatan mental.

Dasar dari yoga adalah mengendalikan pikiran dan tubuh sehingga olahraga ini kerap dijadikan juga sebagai bentuk meditasi.

Siapa saja bisa mengikuti yoga, bahkan American Pregnancy Association mengungkapkan bahwa yoga cocok dilakukan untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

Jika Moms saat ini belum pernah mencoba olahraga yoga, sudah saat mencoba kelas-kelas yoga yang banyak dibuka untuk pemula.

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga untuk Pemula, Cocok untuk Moms yang Baru Belajar Yoga!

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Perempuan Yoga

Foto: Perempuan Yoga (Freepik.com/freepik)

Perlu Moms ketahui, terdapat beragam manfaat yoga. Apabila Moms berlatih yoga secara teratur, tubuh Moms bisa merasa lebih baik dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Menurut Hopkins' Medicine, jika seseorang sedang mengalami suatu penyakit, pulih dari operasi atau hidup dengan kondisi kronis, yoga dapat menjadi bagian dari perawatan dan berpotensi mempercepat penyembuhan.

Seorang terapis yoga dapat bekerja dengan pasien dan menyusun rencana individual yang bekerja sama dengan terapi medis dan bedah mereka.

Dengan cara itu, manfaat yoga dapat mendukung proses penyembuhan dan membantu orang tersebut mengalami gejala dengan lebih terpusat dan lebih sedikit kesusahan.

Berikut manfaat yoga yang perlu Moms ketahui:

1. Meningkatkan Fleksibilitas, Kekuatan, dan Keseimbangan

Salah satu manfaat yoga untuk kesehatan, yaitu dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan.

Gerakan lambat dan pernapasan dalam yoga akan meningkatkan aliran darah dan menghangatkan otot, sedangkan berpose saat yoga bisa membangun kekuatan.

Mengutip Healthline, ada sebuah studi baru-baru ini yang mengamati dampak yoga selama 10 minggu pada 26 atlet perguruan tinggi pria.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa melakukan yoga secara signifikan dapat meningkatkan beberapa ukuran fleksibilitas dan keseimbangan.

Studi lain menugaskan 66 peserta lansia untuk berlatih yoga atau senam, sejenis latihan beban tubuh.

Setelah 1 tahun, total fleksibilitas kelompok yoga meningkat hampir 4 kali lipat dari kelompok senam.

Sementara itu, sebuah studi pada tahun 2013 juga menemukan bahwa, berlatih yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas pada orang dewasa yang lebih tua.

Dengan berlatih yoga selama 15-30 menit setiap hari, dapat membuat perbedaan besar bagi mereka yang ingin meningkatkan kinerja dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil serta Gerakannya yang Bisa Dilakukan di Rumah

2. Meredakan Nyeri Punggung

Sakit Pinggang

Foto: Sakit Pinggang (Netdoctor.co.uk)

Yoga sama baiknya dengan peregangan dasar untuk meredakan nyeri dan meningkatkan mobilitas pada orang dengan nyeri punggung bawah.

American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai pengobatan lini pertama untuk nyeri punggung bawah.

Namun, dikutip dari Very Well Health, pasien nyeri punggung sebaiknya harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan yoga sebagai salah satu metode perawatan mereka.

Umumnya, tidak disarankan untuk memulai program yoga pada pasien yang mengalami nyeri punggung atau nyeri leher akut.

Namun, setelah fase pertama penyembuhan yang ditandai dengan tidak adanya peradangan dan nyeri.

Beberapa gerakan yoga yang sederhana atau ringan mungkin akan berguna untuk membantu penyembuhan sakit punggung.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung Sehat

Foto: Jantung Sehat (Healthcareglobal.com)

Latihan yoga teratur dapat mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, berkontribusi pada kesehatan jantung.

Beberapa faktor penyebab penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan berat badan berlebih, juga bisa diatasi melalui yoga.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung.

Sebuah penelitian mengikuti 113 pasien penyakit jantung, mengamati efek dari perubahan gaya hidup yang mencakup 1 tahun pelatihan yoga yang dikombinasikan dengan modifikasi pola makan dan manajemen stres.

Peserta melihat penurunan 23% dalam kolesterol total dan 26% penurunan kolesterol LDL "jahat". Selain itu, perkembangan penyakit jantung berhenti pada 47% pasien.

Tidak jelas seberapa besar peran yoga dibandingkan dengan faktor lain, seperti diet. Namun, manfaat yoga dapat meminimalkan stres, salah satu kontributor utama penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Pose Hatha Yoga untuk Pemula yang Gampang Dicoba di Rumah

4. Membantu Tubuh Rileks dan Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa, manfaat yoga yang dilakukan rutin sebelum tidur yang konsisten dapat membantu Moms memiliki pola pikir yang benar.

Ini juga bantu mempersiapkan tubuh untuk tertidur dan tetap tertidur dengan nyenyak.

Meskipun cara kerjanya belum jelas, yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur dan tubuh tetap terjaga.

Yoga juga memiliki efek signifikan pada semua penyebab umum masalah atau gangguan tidur, mulai dari kecemasan, depresi, nyeri kronis, hingga stres.

5. Membantu Mengelola Stres

Perempuan Lelah

Foto: Perempuan Lelah (Freepik.com/cookie-studio)

Menurut National Institutes of Health, bukti ilmiah menunjukkan bahwa manfaat yoga mendukung manajemen stres, kesehatan mental, perhatian, makan sehat, penurunan berat badan, dan kualitas tidur.

Hal ini karena faktanya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan sekresi hormon kortisol atau yang disebut juga dengan hormon stres.

Saat digunakan sendiri atau bersama dengan metode lain untuk mengurangi stres, seperti meditasi, yoga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengendalikan stres.

Baca Juga: 9 Manfaat Hot Yoga untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Mengurangi Kecemasan

Selain bisa mengelola stres, yoga juga bisa meredakan kecemasan. Sudah banyak orang yang menggunakan yoga sebagai cara untuk mengatasi perasaan cemas mereka.

Dalam studi Complementary Therapies in Clinical Practice yang melibatkan 34 wanita yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan berpartisipasi dalam kelas yoga 2 kali seminggu selama dua bulan.

Di akhir penelitian, mereka yang berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan yang jauh lebih rendah daripada kelompok kontrol.

Studi lainnya yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Psychiatry mengikuti 64 wanita dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD), yang ditandai dengan kecemasan dan ketakutan yang parah setelah terpapar peristiwa traumatis.

Setelah 10 minggu, wanita yang berlatih yoga sekali seminggu memiliki gejala PTSD yang lebih sedikit.

Bahkan, para peneliti menemukan sebanyak 52% peserta tidak lagi memenuhi kriteria PTSD sama sekali.

Belum ada penjelasan khusus mengapa yoga bisa mengurangi kecemasan.

Namun yang jelas, yoga bisa membantu seseorang untuk menemukan rasa damai yang pada akhirnya meredakan kecemasan. Tertarik mencobanya, Moms?

7. Melawan Gejala Depresi

Masih ada manfaat yoga lain yang baik untuk kesehatan mental, yakni dapat melawan gejala depresi.

Menurut studi Cognitive, Affective, & Behaviorial Neuroscience, yoga mungkin memiliki efek antidepresan.

Hal ini karena yoga mampu menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang memengaruhi kadar hormon serotonin, neurotransmitter yang sering dikaitkan dengan depresi.

Dalam studi yang diterbitkan pada Journal of Affective Disorders melakukan penelitian pada peserta dalam program ketergantungan alkohol berlatih Sudarshan Kriya, jenis yoga tertentu yang berfokus pada pernapasan berirama.

Setelah 2 minggu, peserta memiliki lebih sedikit gejala depresi dan tingkat kortisol yang lebih rendah.

Mereka juga memiliki tingkat ACTH yang lebih rendah, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang pelepasan kortisol.

Baca Juga: 3 Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan Rincinya: Teknik Memegang Raket, Footwork, dan Memukul

8. Bantu Meningkatkan Sistem Pernapasan

Pose Yoga

Foto: Pose Yoga (Freepik.com/pressfoto)

Pranayama, atau pernapasan yoga, adalah latihan yoga yang berfokus pada pengendalian napas melalui latihan dan teknik pernapasan.

Sebagian besar jenis yoga menggabungkan latihan pernapasan ini, dan beberapa penelitian menemukan bahwa berlatih yoga dapat membantu meningkatkan pernapasan.

Menurut American Lungs Association, pada pasien yang menderita paru-paru, yoga mungkin dapat menjadi salah satu olahraga yang cukup aman dan bermanfaat bagi pernapasan.

Namun, perlu adanya bimbingan ahli kesehatan agar lebih aman. Praktik-praktik ini dapat meningkatkan kesehatan dan kapasitas paru-paru.

Dengan begitu, ini bisa menjadi manfaat yoga yang juga dapat membantu seseorang mengatasi stres, kecemasan, dan depresi yang terkadang menyertai penyakit paru-paru.

9. Memperbaiki Postur Tubuh

Studi di International Journal of Multidisciplinary mengungkapkan, ada banyak manfaat yoga yang dilihat dari sudut pandangan ilmiah.

Studi ini menunjukkan, rutin berolahraga yoga mampu melatih kekuatan otot, fleksibilitas, hingga mampu mencegah kolesterol tinggi.

Berkaitan dengan memperbaiki postur tubuh seseorang, manfaat yoga satu ini juga sudah diungkapkan dalam International Journal of Indian Psychology.

Dalam studi ini menunjukkan bahwa, postur tubuh dapat semakin baik karena yoga meningkatkan fleksibilitas.

Berlatih yoga juga membuat Moms menjadi lebih mampu mengenali tubuh saat membungkuk atau memiliki postur tubuh yang buruk sehingga ada keinginan untuk memperbaikinya.

“Postur tubuh yang buruk dan terjadi pada banyak orang ketika menghabiskan waktu duduk di kursi dan bekerja di depan komputer.

Yoga bisa menjadi cara untuk mengatasi permasalahan tersebut,” ungkap Julie Gudmestad, instruktur Iyengar Yoga yang sudah bersertifikasi dan ahli terapi fisik di Portland, Oregon.

Baca Juga: Olahraga Golf: Definisi, Sejarah, Cara Bermain, dan Istilah Pukulan dalam Golf

10. Kulit Lebih Sehat dan Bercahaya

Kulit Sehat

Foto: Kulit Sehat (Girltalkhq.com)

Sudah sejak lama yoga telah terbukti bermanfaat untuk fisik dan mental.

Siapa sangka bahwa yoga juga efektif dalam meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit. “Yoga dan perawatan kulit, keduanya memiliki hubungan satu sama lain.

Sebab yoga bermanfaat dalam mendapatkan tampilan kulit yang cerah dan sehat," ungkap Samiksha Shett, seorang pakar yoga bersertifikat dan seorang advokat kesehatan mental, India, dilansir dari Health Shots.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa salah satu yang membuat tampilan kulit terlihat kusam, tidak bercahaya dan memiliki beragam masalah kulit lainnya karena disebabkan oleh stres dan adanya gangguan pada usus.

Nah, dengan melakukan yoga, ragam masalah penyebab masalah kulit tersebut dapat diatasi, sehinga memberikan tampilan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

11. Menurunkan Berat Badan

Yoga juga bermanfaat untuk diet penurunan berat badan.

Meskipun yoga secara tradisional tidak dianggap sebagai latihan aerobik, namun ada beberapa jenis yoga yang menggunakan lebih banyak gerakan fisik.

Gaya yoga yang aktif dan intens dapat membantu membakar kalori lebih banyak.

Tentunya, ini dapat membantu mencegah penambahan berat badan, membantu membentuk otot dan meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Salah satu jenis pose yoga yang baik untuk penurunan berat badan adalah yoga restoratif.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian di The American Journal of Managed Care, menyebutkan bahwa yoga restoratif efektif dalam membantu wanita yang kelebihan berat badan untuk menurunkan berat badan, termasuk lemak pada perut.

12. Kesehatan Reproduksi Pria

Tidak hanya untuk wanita saja, sebab yoga juga sangat bermanfaat untuk para pria lho Moms.

Disebutkan dalam sebuah penelitian di International Journal of Yoga, bahwa melakukan yoga juga dapat mengatasi disfungsi seksual pada pria, spermatorrhea, mencegah hernia inguinalis, dan mengendalikan sekresi testosteron.

Itulah beberapa manfaat yoga bagi kesehatan tubuh secara fisik dan mental. Coba berlatih yoga yuk, Moms!

  • https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-benefits-of-yoga
  • https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga
  • https://americanpregnancy.org/health-fitness/prenatal-yoga/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16740317/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12467090/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25004196/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19341989/
  • https://www.researchgate.net/publication/331521926_Scientific_benefits_of_Yoga_A_Review
  • http://oaji.net/articles/2016/1170-1461153468.pdf
  • https://www.healthshots.com/beauty/natural-cures/yoga-for-skin-6-yoga-poses-to-get-glowing-skin/
  • https://www.ajmc.com/view/health-benefits-of-restorative-yoga-include-trimming-fat-nih-funded-study-finds
  • https://www.healthline.com/health/yoga-for-weight-loss#calorie-burning-and-weight-loss
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3734644/#