Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN MENTAL
24 Januari 2022

8 Cara Mengatasi Stres di Rumah, Patut Dicoba!

Jangan sampai stres mengganggu kegiatan kita, ya!
8 Cara Mengatasi Stres di Rumah, Patut Dicoba!

Cara mengatasi stres menjadi pencarian yang paling utama ketika kita sedang jenuh dengan berbagai tekanan, baik dari rumah atau pekerjaan.

Tapi, tahukah Moms bahwa tidak selamanya stres bersifat negatif?

Dalam kondisi tertentu, stres juga bisa memberikan manfaat, termasuk mendorong Moms untuk menyelesaikan tugas lebih cepat sebelum tenggat waktunya.

Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, tingkat stres yang tinggi dan berkelanjutan justru bisa mengganggu kehidupan sehari-hari dan memicu berbagai masalah.

Jika Moms salah satu yang merasa stres, bagaimana cara mengatasi stres? Berikut jawabannya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Anak Stres saat Belajar di Rumah Menurut Psikolog

Cara Mengatasi Stres dan Menenangkan Pikiran

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membantu diri kita terlepas dari stres, seperti berikut ini.

1. Makan, Tidur, dan Olahraga

mengatasi stres saat pandemi

Foto: mengatasi stres saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, dan makan makanan yang sehat dapat membantu kita mengatasi stres saat pandemi.

Dengan melakukan kegiatan ini, Moms dapat mengurangi kecemasan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Mungkin Moms merasa aktiviras keseharian saat berolahraga terganggu, jadi enggan untuk bergerak.

Namun, menyempatkan waktu sedikit seperti 15 menit setiap hari sangat baik untuk membantu meredakan ketegangan dan menenangkan pikiran.

Olahraga memang terkenal menjadi salah satu cara mengatasi stres yang paling ampuh.

Cobalah melakukan beberapa latihan fisik setiap hari, walau itu hanya berupa berjalan-jalan (sesuai jarak sosial) atau jogging di sekitar kompleks rumah.

Moms juga bisa melakukan lompatan bintang (jumping star) di halaman belakang rumah.

Selain itu, cobalah untuk mengukuti berbagai olahraga online yang banyak tersedia di YouTube, atau mengikuti kelas yoga online yang bagus untuk kesehatan fisik dan mental.

2. Menarik Napas yang Dalam

mengatasi stres saat pandemi

Foto: mengatasi stres saat pandemi

Foto: chchurches.org

Orang yang tertekan cenderung mengambil napas cepat dan dangkal, yang semakin memperburuk respons tubuh.

Jika Moms membiarkan tubuh tetap stres untuk waktu yang lama, ini dapat menekan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

Moms bisa memutus siklus tersebut dengan upaya bernapas secara perlahan dan dalam, sebanyak 5-6 napas dalam 1 menit.

Moms bisa melakukannya selama seperempat jam atau lebih sehari. Cara mengatasi stres satu ini juga cocok untuk mengatur mood dan perasaan cemas.

"Napas dalam memperlambat respons stres fisiologis," jelas Dana Rose Garfin, asisten profesor di Sue & Bill Gross School of Nursing di University of California.

Oleh karena itu, pernapasan terkontrol sangat penting untuk mengatur asupan oksigen, sehingga Moms dapat mengurangi tingkat stres.

Para ahli merekomendasikan 3-5 menit pernapasan terkontrol setiap hari. Cobalah memasukkannya ke dalam rutinitas harian di pagi hari atau setelah bekerja.

Melansir jurnal Frontiers in Psychology, orang yang melakukan 15 menit pernapasan diafragma 20 kali selama 8 minggu menunjukkan peningkatan suasana hati.

Selain itu, mereka juga mengalami tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah.

Baca Juga: Tetap Bugar dengan 4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan #diRumahAja

3. Fokus pada Jangka Pendek

mengatasi stres saat pandemi

Foto: mengatasi stres saat pandemi

Foto: thechronicleherald.ca

Mungkin saat ini banyak dari kita yang bertanya-tanya kapan pandemi ini akan selesai?

Tetapi menurut jurnal Personality and Individual Differences, berpikir jangka pendek justru merupakan cara yang lebih efektif untuk menangani stres.

Memetakan dan mengikuti rencana untuk minggu ini atau hari berikutnya juga dapat membantu, memberi kita rasa kontrol yang lebih baik.

Psikolog klinis Paula A. Madrid, dari New York City, merekomendasikan untuk membuat jadwal harian kegiatan sederhana untuk dilakukan, seperti:

4. Tetap Terkoneksi dengan Orang Terdekat Kita

mengatasi stres saat pandemi

Foto: mengatasi stres saat pandemi

Foto: home.bt.com

Kita mungkin tidak bisa keluar rumah, tetapi teknologi saat ini memberi kita kemudahan untuk tetap terhubung dengan orang lain.

Misalnya, mengikuti sesi olahraga dan ibadah online untuk meenangkan pikiran dan melepaskan stres.

Berkabar dengan keluarga dan teman melalui video call atau menggunakan layanan konferensi video seperti:

  • Google Hangouts
  • Skype
  • Zoom

Tetap terkoneksi dengan orang terdekat terbukti menjadi cara mengatasi stres yang ampuh.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Sehingga kehidupan berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain sudah menjadi salah satu kebutuhan.

Dengan demikian, Moms bisa bertukar kabar dengan kerabat yang sudah lama tidak bertemu.

Mencemaskan keadaan orang tersayang berlebihan juga bisa menjadi faktor penyebab stres.

Cara mengatasi stres satu ini adalah dengan mendukung Moms berbicara dengan seseorang.

Sehingga bisa berbagi emosi dan pengalaman, memberikan atau menerima dukungan yang membuat diri merasa terhubung.

Rencanakan setidaknya satu koneksi sehari panggilan telepon atau obrolan dengan keluarga atau teman yang bisa meningkatkan mood.

Baca Juga: 4 Ide Memasak dengan Si Kecil saat #dirumahaja, Seru!

5. Nikmati Udara Luar

mengatasi stres saat pandemi

Foto: mengatasi stres saat pandemi

Foto: socialmoms.com

Melihat pemandangan alami, seperti pohon, halaman, dan taman, dapat mengurangi gejala stres.

Cobalah untuk menghabiskan waktu di alam karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu memiliki efek positif pada kesehatan mental.

Menghabiskan 20 menit untuk berhubungan dengan alam dapat membantu menurunkan kadar hormon stres.

Nah, maka dengan menikmati udara luar bisa jadi salah satu cara mengatasi stres selama pandemi, yang mengharuskan Moms di rumah saja.

Moms bisa berjalan-jalan di taman sekitar rumah sebentar atau mulai bercocok tanam sederhana di halaman rumah.

Atau juga bisa bermain bersama hewan peliharaan di sekitar halaman rumah.

Lakukan aktivitas ringan namun menyenangkan bersama Si Kecil dan keluarga, agar tubuh juga tetap bugar.

Bahkan duduk di dekat jendela yang terpapar sinar matahari juga dapat membantu meningkatkan pandangan dan kualitas tidur kita, lho!

6. Istirahat dari Membaca atau Menonton Berita

watching-the-news.jpg

Foto: watching-the-news.jpg

Foto: pinterest.com

Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti ini, memang bagus untuk tetap update dengan berbagai informasi terkini.

Tetapi mendengar atau membaca berita tentang pandemi terus-menerus bisa membuat kesal.

Hal ini karena Moms dihadapkan pada kenyataan yang tidak diinginkan.

Seperti, belum bisa berakivitas seperti biasa, belum adanya kondisi yang membaik, serta angka pasien dan meninggal dunia meningkat.

Informasi tersebut secara tidak langsung akan membuat Moms semakin stres.

Maka cara mengatasi stres selanjutnya adalah beristirahatlah dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk informasi di media sosial.

Berhati-hatilah dengan penggunaan media sosial jika sedang stres, Moms. Untuk menghindari berita yang bikin stres, Moms bisa melakukan:

  • Mematikan pemberitahuan
  • Berhenti mengikuti akun yang memicu stres
  • Mematikan grup WhatsApp yang mungkin membuat kewalahan

Baca Juga: Bosan Pesta Tahun Baru Itu-Itu Saja? Yuk Adakan 4 Pesta Tahun Baru Ini di Rumah

7. Membuat Daftar Kegiatan

daftar.jpg

Foto: daftar.jpg

Foto: pinterest.com

Membuat daftar rencana atau kegiatan secara terstruktur untuk setiap hari akan memberi Moms rasa kendali di tengah masa ketidakpastian.

Pastikan juga, daftar tersebut memiliki batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Walau terlihat simple, mengubah jadwal akibat pandemi, bisa menjadi penyebab stres, lho!

Cara mengatasi stres satu ini dimulai dengan membagi hari menjadi aktivitas kecil.

Pastikan Moms meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai, contohnya:

  • Mengerjakan hobi
  • Berolahraga
  • Menghabiskan waktu dengan anak-anak atau hewan peliharaan

Selain itu, fokuslah untuk mendapatkan tidur yang cukup dan makan makanan sehat secara teratur.

8. Bermain dengan Hewan Peliharaan

peliharaan2.jpg

Foto: peliharaan2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu alasan mengapa anjing atau kucing dijadikan hewan terapi karena keduanya dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu mencurahkan kasih sayang.

Membelai, memeluk, atau menyentuh hewan penuh kasih dapat dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, Moms.

Kedua hormon tersebut berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot. Dengan cara mengatasi stres inilah, Moms akan menjadi lebih rileks.

Ditemani hewan peliharaan, ternyata dapat meringankan rasa kesepian yang Moms rasakan.

Contohnya anjing, hewan ini adalah stimulus hebat untuk membantu memulai olahraga sehat.

Ternyata, ini dapat meningkatkan mood, menekan depresi, serta menurunkan tekanan darah.

Moms juga bisa bermain dengan hewan peliharaan lainnya seperti kucing, burung parkit, atau ikan mas kesayangan.

Melihat tingkah lucu mereka saja, terkadang cukup membuat Moms tenang.

Baca Juga: Daripada Main Gadget, Mari Lakukan 5 Aktivitas Berkebun yang Cocok untuk Balita di Luar Rumah

Itu dia beberapa cara mengatasi stres yang dapat Moms lakukan di rumah agar lebih rileks dan tenang. Dicoba yuk, Moms!

  • https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2017.00874/full
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0191886920301604
  • https://my.clevelandclinic.org/health/articles/8133-stress-10-ways-to-ease-stress
  • https://www.webmd.com/balance/stress-management/stress-management