Kesehatan

13 Mei 2021

Mengenal Meditasi, Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Stres, Yuk Coba!

Ketahui juga cara melakukan meditasi yang benar dan manfaatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Terkadang, terlalu banyak melakukan aktivitas akan membuat Moms sulit untuk menempatkan fokus yang tepat. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mampu meningkatkan fokus, salah satunya dengan meditasi. Moms mungkin ingin mengetahui bagaimana cara melakukan meditasi.

Kapasitas otak rasanya terlalu penuh, yang akhirnya membuat diri mudah lelah dan mengganggu produktivitas.

Meditasi bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana, setiap hari di rumah.

Menurut jurnal Frontiers in Psychology, beberapa menit melakukan kegiatan yang hening dan meditatif dan pernapasan bermanfaat untuk melindungi otak dari risiko penuaan dan memperlambat laju penuaan volume otak.

Meditasi adalah cara meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk meningkatkan perhatian, memori, kelancaran verbal, fungsi eksekutif, kecepatan pemrosesan, fleksibilitas kognitif, serta kreativitas. Kegiatan meditasi inilah yang akhirnya mampu mencegah penyakit Alzheimer.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Moms pun perlu tahu bagaimana cara meditasi yang benar. Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: 6 Teknik Meditasi untuk Ibu Hamil, Efektif dan Populer!

Manfaat Rutin Melakukan Meditasi

4 Cara Meditasi untuk Meningkatkan Fokus-6.jpg

Foto: verywellmind.com

Manfaat meditasi terbukti mampu meningkatkan fungsi otak. Karenanya, Moms perlu tahu cara meditasi yang benar.

Mengutip Time, Shanida Nataraja, ahli neurofisiologi dari London dan penulis The Blissful Brain: Neuroscience dan Proof of the Meditation menjelaskan, ada banyak jenis relaksasi dan manfaatnya bisa berbeda dari orang ke orang.

Mungkin hal ini sulit dijelaskan secara medis dengan pedoman dan dewan peninjau yang mapan.

Namun, sebaiknya jangan hanya karena belum dianjurkan oleh dokter secara medis, jadi alasan Moms untuk mengabaikan manfaat kesehatan meditasi.

1. Mengurangi Stres

Mengurangi kadar stres adalah salah satu alasan paling umum orang mencoba relaksasi.

Satu ulasan menyimpulkan bahwa manfaat meditasi sebagai mengurangi kadar stres dalam tubuh benar terbukti.

Biasanya, stres mental dan fisik menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol. Ini menghasilkan banyak efek berbahaya dari stres, seperti pelepasan senyawa inflamasi yang disebut sitokin.

Efek ini dapat mengganggu tidur, meningkatkan depresi dan kecemasan, meningkatkan tekanan darah, dan berkontribusi pada kelelahan dan pemikiran yang negatif.

Dalam studi Brain, Behaviour and Immunity, manfaat meditasi dapat mengurangi respons peradangan, salah satu pemicu stres pada manusia.

Baca Juga: Hindari Anak Stres di Rumah, Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini

2. Meningkatkan Kepercayaan

Meditasi mendorong kita untuk bergerak lambat, memungkinkan refleksi diri yang lebih dalam, serta memancarkan energi positif.

"Meditasi membantu meningkatkan kesadaran diri dengan meningkatkan kemampuan untuk memasuki alam pemikiran, yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan diri," kata Brian Wind, PhD, Kepala Petugas Klinis di JourneyPure.

Menurut peneliti di Universitas Stanford, relaksasi dapat membantu mereka yang mengalami kecemasan sosial.

Dalam studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Cognitive Psychotherapy, melaporkan penurunan kecemasan dan peningkatan kepercayaan diri setelah menyelesaikan program.

3. Pereda Nyeri Alami

Banyak dokter merekomendasikan praktik relaksasi ebagai bagian dari rencana mengelola nyeri pada tubuh.

Misalnya, sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa manfaat meditasi dapat mengurangi rasa sakit pada mereka yang menderita nyeri pasca operasi akut, atau kronis.

Manfaat meditasi ini bukan menjadi obat utama dalam menghilangkan nyeri, namun sebagai pendukung alami proses pemulihan.

Sehingga jika tubuh memungkinkan untuk bergerak pasca operasi, coba cara ini di rumah secara teratur ya Moms.

4. Meningkatkan Daya Fokus4 Cara Meditasi untuk Meningkatkan Fokus-2.jpg

Manfaat meditasi lainnya bisa diraskan dalam kejernihan berpikir.

Kirtan Kriya adalah metode relaksasi yang menggabungkan mantra dengan gerakan jari yang berulang-ulang untuk memfokuskan pikiran.

Dalam National Center for Biotechnology and Information, pada orang dengan kehilangan memori terkait usia telah menunjukkan adanya peningkatkan kinerja pada tes neuropsikologis.

Selain itu, sebuah studi lain menemukan bahwa berbagai manfaat meditasi dapat meningkatkan perhatian, memori, dan kecepatan berpikir pada orang yang usia lebih tua.

Selain melawan kehilangan memori terkait usia, relaksasi setidaknya dapat memperbaiki daya ingat memori pada pasien dengan demensia.

Baca Juga: Ini Kebiasaan yang jadi Penyebab Alzheimer dan Cara Mencegahnya, Yuk Pelajari!

5. Melawan Adiksi

Teknik ini dapat mengubah reseptor otak yang terkait dengan kecanduan narkoba dan alkohol, yang dapat mengurangi keinginan akan zat-zat ini.

Manfaat meditasi dapat meningkatkan kesadaran untuk mengelolanya dengan lebih baik.

"Kesadaran itu sangat kuat karena memungkinkan kita untuk mengatasi dorongan atau keinginan ... tanpa dikalahkan olehnya," kata Richard Davidson, PhD, seorang profesor psikologi dan psikiatri di University of Wisconsin-Madison dan pendiri Center for Healthy Minds.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Substance Abuse and Rehabilitation menemukan bahwa teknik ini dapat membantu mencegah adiksi seseorang akibat penggunaan zat.

Ia bekerja menghasilkan efek terapeutik yang membantu mengatur bagaimana otak mengalami kesenangan.

Studi dari Universitas Columbia menjelaskan manfaat umum lainnya dari meditasi untuk kesehatan, yaitu:

  • Membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat;
  • Menjaga kualitas tidur lebih baik;
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang.

Baca Juga: 4 Penyebab Anak Sulit Fokus Belajar, Segera Atasi Yuk!

Cara Meditasi yang Benar

4 Cara Meditasi untuk Meningkatkan Fokus-2.jpg

Foto: freepik.com

Bagi sebagian orang, duduk diam, bernapas dalam-dalam, dan sambil memejamkan mata selama beberapa menit mungkin terasa sulit dilakukan.

Padahal, ini adalah kunci meditasi untuk meningkatkan fokus dan bermanfaat untuk optimalkan fungsi otak.

“Meditasi adalah praktik yang sangat baik untuk mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan, serta membantu untuk meningkatkan kemampuan fokus,” ungkap Dr. Sal Raichbach dari Ambrosia Treatment Center, mengutip Elite Daily.

Menurut Dr. Raichbach, objek fokus bisa berupa pada pernapasan Moms, dengan mengendurkan otot-otot di tubuh.

Nah, ini dia cara meditasi yang benar agar Moms bisa merasakan manfaatnya:

1. Mengatur Tempat untuk Meditasi

Melansir Northwest Edible Life, cara meditasi yang benar pertama adalah mempersiapkan tempat.

Tentunya ini menjadi pilihan Moms masing-masing. Namun, pastikan tempat meditasi tidak berantakan, rapi, bersih, dan tenang.

Hal ini untuk meningkatkan daya fokus ketika sedang melakukan meditasi.

Moms juga bisa menambahkan lilin aromaterapi dan membuat cahaya lebih redup di ruangan tersebut. Persiapkan 20 atau 25 menit, untuk mencoba fokus pada napas.

2. Menetapkan Niat dan Tujuan

Dalam buku The Mind Illuminated diungkapkan, menetapkan tujuan saat akan bermeditasi itu sangat penting.

Cara meditasi yang benar pun sebenarnya mudah, Moms bisa mengatakan atau memikirkan apa yang ingin dicapai atau tujuan dari meditasi tersebut, sehingga nantinya fokus akan lebih tertuju. Terdengar sepele, tapi efektif untuk mencapai tujuan dengan tepat.

Dengan tujuan tersebut, praktik Moms selanjutnya adalah menjaga napas. Ini mungkin akan lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.

Moms akan menemukan bahwa perhatian mudah didistraksi gangguan, membuat Moms lupa bahwa seharusnya memperhatikan napas. Hal ini yang nantinya akan melatih Moms di tengah meditasi.

Baca Juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi Cokelat, Begini Caranya

3. Perhatikan Postur Tubuh

Proses meditasi terlihat sederhana, tapi postur tubuh Moms sangat berpengaruh.

Sebagai cara meditasi yang benar, pastikan tubuh dalam keadaan yang rileks dan duduk nyaman untuk memudahkan meditasi dilakukan.

Pastikan tulang belakang lurus, seimbang, dan tidak membungkuk. Letakkan tangan di atas lutut, pejamkan mata, biarkan rahang rileks sehingga gigi sedikit terpisah, dan atur agar lidah berada di belakang gigi.

4. Atur Waktu

Setiap orang membutuhkan waktu meditasi yang berbeda-beda. Sebagai pemula, 5 menit yang efektif saja sudah cukup untuk dilakukan.

Semakin rutin, maka diharapkan sesi meditasi akan lebih lama. Namun, Moms sebaiknya selalu mengatur waktu meditasi dengan menggunakan timer di handphone agar tidak perlu bolak-balik melihat jam.

5. Sadari Ketika Mulai Kehilangan Fokus

Dilansir dari Mindful, wajar sekali bila fokus Moms akan berjalan ke tempat lain. Di sini Moms harus menyadari bila pikiran sudah pergi ke mana-mana selama beberapa detik atau menit.

Jika terjadi pikiran yang mengganggu muncul selama meditasi, maka Moms cukup membiarkan pikiran itu berlalu dan kembali ke objek fokus.

Baca Juga: Meditasi Berjalan untuk Menjernihkan Pikiran, Bagaimana Cara Melakukannya?

Jadi, itulah cara meditasi yang benar mulai Moms lakukan di rumah. Yuk, tingkatkan fungsi otak dan daya fokus dengan rutin melakukan meditasi!

  • https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2014.01551/full
  • https://www.academia.edu/36926981/John_Yates_Culadasa_with_J._Graves_M._Immergut_-_The_Mind_Illuminated.pdf
  • https://www.mindful.org/how-to-meditate/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0889159112004758
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4283801/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26445019/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6247953/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait