Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN MENTAL
07 Oktober 2022

7+ Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Tidak Overthinking

Kehidupan akan dipenuhi tantangan yang membuat seseorang kerap berpikir negatif
7+  Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Tidak Overthinking

Sudahkah Moms mengetahui cara menghilangkan pikiran negatif dalam diri?

Faktanya, menghilangkan pikiran negatif dapat membantu meredakan stres dan cemas.

Selain itu, tindakan tersebut juga bisa mencegah risiko overthinking.

Ingat, pikiran negatif bisa membuat Moms terlalu fokus pada 'porsi' kehidupan yang membuat tidak puas.

Terjebak dengan pikiran negatif juga bisa sangat melelahkan dan membuat fokus mudah teralihkan.

Bahkan, jika dibiarkan berlarut-larut, pikiran negatif juga bisa memicu gangguan mental serius.

Karenanya, akan lebih baik jika Moms mengetahui cara mengendalikan pikiran negatif.

Yuk, Moms, cek caranya di bawah ini!

Baca Juga: Meditasi Berjalan untuk Menjernihkan Pikiran, Bagaimana Cara Melakukannya?

Ciri-Ciri Pikiran Negatif

Pikiran Negatif Ciri-Cirinya

Foto: Pikiran Negatif Ciri-Cirinya (Orami Photo Stocks)

Memiliki pikiran negatif terhadap orang lain pasti pernah dirasakan.

Merasa orang lain selalu lebih baik bisa membuat Moms menjadi pribadi yang tidak percaya diri.

Selain hal tersebut, ada pula ciri-ciri seseorang yang mempunyai pikiran negatif, yaitu:

  • Kekhawatiran dan ketakutan yang terus menerus
  • Melebih-lebihkan kemungkinan ancaman
  • Kesulitan dalam menjalani hidup
  • Kesulitan dalam pengambilan keputusan
  • Merasa cemas

Michigan Medicine menjelaskan, pikiran negatif dapat meningkatkan rasa takut dan khawatir.

Apalagi, jika Moms adalah orang yang mengalami anxiety disorder atau gangguan mental lainnya.

Baca Juga: 10 Budaya Jakarta yang Wajib Diperkenalkan pada Anak

Faktor Terbentuknya Pikiran Negatif

Faktor Pikiran Negatif Terbentuk

Foto: Faktor Pikiran Negatif Terbentuk (Medium.com)

Rethink Mental Illness menjabarkan, berpikir negatif adalah sebuah pola yang menimbulkan kesan tidak baik bagi diri sendiri maupun sekitar.

Setiap orang pasti pernah punya pikiran negatif.

Tapi, jika pikiran negatif tersebut dirasakan terlalu parah, bisa saja kondisi ini berkaitan dengan gangguan mental.

Pikiran negatif dikatakan parah apabila memiliki karakteristik berikut ini:

  • Mengganggu pekerjaan
  • Mengubah pandangan terhadap diri sendiri
  • Koneksi yang buruk dengan lingkungan dan orang sekitar.

Berikut beberapa penyebab terbentuknya pikiran negatif secara umum:

1. Gangguan Mental

Dalam Journal of Personality and Social Psychology dijelaskan bahwa adanya pengaruh antara faktor kebiasaan dan respons otomatis.

Pengaruh tersebut menjadikan pikiran negatif sebuah bentuk kebiasaan mental yang susah diubah.

Penyebab berpikiran negatif berlebihan dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan mental seperti:

  • Depresi
  • Skizofrenia
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan obsesif kompulsif (OCD)

Contoh lain, bila melihat ada orang yang sedang mengobrol, Moms otomatis langsung berpikir,

"Mereka pasti sedang membicarakanku," padahal pikiran tersebut hanyalah respons otomatis karena Moms terbiasa berpikiran negatif pada segala hal.

Baca Juga: 16 Ciri-ciri Orang Depresi yang Harus Diwaspadai, Perhatikan

2. Analisis Berlebihan

Overthinking

Foto: Overthinking (Agoodday.careers)

Moms memiliki anggapan negatif terhadap sesuatu dan memercayai narasi yang ada di kepala, padahal itu bukanlah fakta yang sebenarnya.

Pikiran negatif memiliki banyak faktor penyebab, dan penyebab ini bisa berbeda untuk setiap orang.

Menganalisis sebuah kejadian berlebihan dapat membuat seseorang terobsesi.

Kita akan sulit mengambil keputusan karena terlanjur membayangkan kemungkinan terburuk yang belum tentu akan terjadi.

Berpikir dan melakukan refleksi diri memang baik, terutama berpikir tentang masa depan.

Namun, ketika pikiran-pikiran itu menjadi negatif dan dipikirkan terlalu lama, hal itu akan menyerap energi kita.

3. Timbul Amarah Tinggi

Setiap orang pasti pernah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain.

Mungkin dari keluarga, teman, atau bahkan orang asing.

Dalam beberapa kasus, pengalaman tersebut bisa membentuk opini negatif terhadap orang lain.

Kita jadi menganggap semua orang sama buruknya dan kita merasa marah pada dunia.

Kesinisan itu pun membuat pikiran jadi terus-terusan negatif.

Baca Juga: 6 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Pikiran Negatif

Foto: Pikiran Negatif (Kendraburrows.com)

Pikiran negatif memang melelahkan dan membuang energi secara sia-sia.

Namun tenang Moms, ada beberapa cara untuk menghilangkan pikiran negatif ini agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut ini adalah cara menghilangkan pikiran negatif terhadap pasangan, orang lain, dan diri sendiri:

1. Percaya Bahwa Perasaan Negatif Tidak Semuanya Buruk

Jika Moms memiliki perasaan negatif dan kemudian menyalahkan diri sendiri karena perasaan tersebut, Moms telah menciptakan banyak energi negatif yang tidak berguna.

Sebaliknya, ingatlah bahwa emosi negatif sebenarnya wajar.

"Emosi membantu kita terhubung dengan pengalaman kita sendiri dan dengan orang lain," kata psikoterapis di Chicago, Sarah Farris, mengutip Bustle.

"Sayangnya, banyak orang mungkin merasakan tekanan dari orang lain untuk tidak menunjukkan perasaan mereka atau dikritik ketika memiliki perasaan negatif," lanjutnya.

2. Tuangkan Pikiran dengan Journaling

Journaling

Foto: Journaling (Orami Photo Stocks)

Jika Moms memiliki pikiran negatif, menuliskannya secara lisan bisa jadi solusi, lho.

Mungkin tampak konyol, tetapi kegiatan tersebut bisa membuat perbedaan besar dan salah satu cara menghilangkan pikiran negatif.

"Sebagian besar dari kita membiarkan pikiran negatif tersebut terjadi dan menerimanya tanpa repot-repot percaya bahwa kita bisa untuk mengubahnya," kata psikologis Deborah E. Dyer, Ph.D mengutip Bustle.

Ketika mendengar suara negatif, segera tulis di buku atau dikenal dengan journaling.

"Cara ini sebagai dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang dikatakan pada diri sendiri dan hal yang dirasakan," saran Deborah.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Frustasi, Salah Satunya Meditasi

3. Refreshing ke Luar Rumah

Menghabiskan waktu di luar rumah adalah metode yang bagus untuk membersihkan pikiran dan cara menghilangkan pikiran negatif.

Ini bukan tentang aktivitas fisik, melainkan menjauh dari kekacauan hidup untuk menghabiskan waktu dengan tenang.

"Sehingga dapat berhubungan kembali dengan alam," kata Heather Debreceni, Pelatih Pemberdayaan dan Perceraian Wanita.

Dengan pergi ke luar rumah, taman, rumah teman atau kafe dapat menjadi tempat untuk meluangkan waktu dengan baik.

Moms bisa mengajak teman terpercaya untuk meluahkan perasaan dan pikiran negatif yang mengganjal di hati.

4. Berhenti Melakukan Penilaian

Perasaan Emosi

Foto: Perasaan Emosi (Pexels/Pavel Danilyuk)

Setiap orang melakukan penilaian terhadap diri kita sendiri dan orang lain.

Biasanya, akan terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain, baik itu secara sadar atau tidak.

Ketika Moms bisa melepaskan penilaian atau judgement, ini akan membuat diri sendiri merasa lebih nyaman dan bebas dari pikiran negatif.

Patricia Halterneck, PhD, MBA, psikolog senior, menyebutkan beberapa cara untuk bisa membuat seseorang berhenti melakukan penilaian dan menghakimi diri sendiri.

Baca Juga: 27 Tanda Istri Selingkuh, Salah Satunya Mengubah Penampilan!

"Beristirahatlah dari pemikiran yang menghakimi, termasuk mengenali reaksi sendiri, mengamatinya, dan kemudian melepaskannya," saran Patricia mengutip Psychology Today.

Sebagai cara menghilangkan pikiran negatif lainnya, Moms juga bisa membuat penilaian yang positif dalam diri sendiri.

5. Fokus pada Kekuatan Diri Sendiri

Sudah menjadi sifat manusia untuk memikirkan yang negatif dan mengabaikan yang positif.

Yuk, berlatih untuk fokus pada kekuatan diri dan tidak memikirkan kesalahan yang dibuat

Cara ini akan semakin mudah untuk merasa positif tentang diri sendiri dan arah yang akan diambil dalam hidup.

Hindari diri sendiri berpikir keras tentang karakter atau tindakan sesuatu.

Sebaliknya, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan pikirkan sesuatu yang disukai tentang diri masing-masing.

Belajar untuk fokus pada minat atau tujuan kita, maka ini salah satu cara menghilangkan pikiran negatif.

Cobalah lakukan aktivitas atau membuat gambaran hidup.

Tak perlu memikirkan kesulitan atau tantangan yang akan dihadapi, fokus pada apa yang disuka dan percaya dapat meraihnya.

Baca Juga: 10+ Wisata Bangka Belitung yang Menjadi Ikon Syuting Laskar Pelangi!

6. Jangan Khawatir Berlebihan

Rasa Khawatir

Foto: Rasa Khawatir (Orami Photo Stocks)

Memikirkan perasaan orang lain atau mengira tindakan kita salah, adalah salah satu pemicu pikiran negatif itu muncul.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, bukan fakta atau informasi yang dapat membuat kira berpikiran negatif.

Namun, kita terlalu khawatir berlebihan dan menganggap itu serius.

Cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain adalah mulai untuk berpikiran santai.

Anggaplah bahwa pikiran atau ide-ide yang muncul terlintas adalah tidak begitu penting.

Pikiran hanyalah pikiran semata dan itu bukanlah fakta. Isi pikiran negatif kita tidak penting dan tidak benar, lho.

Hal terpenting adalah bagaimana kita memperlakukan pikiran dengan matang dan positif.

Tidak terlalu mempercayai pikiran negatif yang muncul dan menyebabkan gangguan kecemasan.

7. Meditasi Rileksasi

Jika meluahkan perasaan dan pikiran adalah cara menghilangkan pikiran negatif yang tidak cocok untuk Moms, cobalah untuk meditasi.

Menurut Help Guide International, meditasi adalah salah satu cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain.

Caranya adalah dengan mengalihkan fokus pada peristiwa yang terjadi saat ini.

Dengan terlibatnya fokus pada diri sendiri, maka pikiran negatif akan berangsur pergi.

Coba untuk duduk sila dan menyalakan lilin aroma terapi. Pilih aroma lavender untuk lebih menghasilkan ketenangan dan aroma lembut.

Lakukan ini di tempat yang hening dan sepi, tentunya bisa diiringi lagu-lagu relaksasi.

Baca Juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi Cokelat, Begini Caranya

8. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Olahraga Sehat

Foto: Olahraga Sehat (Orami Photo Stocks)

Menurut Mayo Clinic, pikiran negatif berasal dari gaya hidup tidak sehat yang dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Seperti berpikiran negatif terhadap orang lain, larut dalam kesedihan dalam waktu lama, serta tidak dapat mengontrol emosi.

Cara menghilangkan pikiran negatif dapat dimulai dengan menjalani gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat tak hanya untuk kesehatan fisik, namun juga untuk emosional.

Olahraga salah satu aktivitas fisik yang dapat memengaruhi mood seseorang, lho.

Baca Juga: Hubungan Antara Depresi dan Gangguan Makan, Ketahui Gejalanya

Dengan berolahraga pikiran akan lebih rileks dan positif. Serta cara ini dapat mengurangi tingkat stres.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat menambahkan imunitas tubuh.

Pastikan nutrisi selalu tercukupi dengan varian sumber makanan seperti sayur, buah, daging, kacang-kacangan dan susu.

Pikiran-pikiran negatif adalah sesuatu yang selalu dihadapi oleh semua orang.

Ketimbang marah, lebih baik terimalah pikiran negatif tersebut.

Namun, jangan sampai pikiran negatif sampai mengendalikan diri Moms, ya.

Moms harus menerima, agar nantinya bisa mencoba untuk menyelesaikannya.

Memang, cara menghilangkan pikiran negatif tidak mudah, ya, Moms.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil meski telah dicoba berkali-kali, Moms sebaiknya segera berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

Jangan tinggal diam, agar pikiran negatif tidak semakin menguasai dan mengendalikan diri Moms!

  • https://www.uofmhealth.org/health-library/uf9897
  • https://www.researchgate.net/publication/6453738_Mental_Habits_Metacognitive_Reflection_on_Negative_Self-Thinking
  • https://share.baptisthealth.com/negative-thinking-patterns/
  • https://www.rethink.org/advice-and-information/about-mental-illness/learn-more-about-symptoms/negative-thinking/
  • https://adaa.org/learn-from-us/from-the-experts/blog-posts/consumer/thoughts-are-just-thoughts
  • https://www.helpguide.org/articles/anxiety/how-to-stop-worrying.htm
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950