Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN MENTAL
16 Januari 2023

Anti Stres, Ikuti 17 Cara Menenangkan Pikiran Berikut Ini, Yuk!

Menurut Ayurveda, menenangkan pikiran adalah syarat utama untuk keseimbangan kesehatan seseorang
Anti Stres, Ikuti 17 Cara Menenangkan Pikiran Berikut Ini, Yuk!

Semua jenis stres dapat berdampak negatif jika tidak dikelola dengan tepat. Jadi, Moms perlu mengetahui cara menenangkan pikiran agar kesehatan mental terjaga.

Ketika sistem saraf kewalahan atau mengalami stres berlebih, tubuh yang sehat hanya mampu beradaptasi dan memberikan kompensasi dalam waktu singkat.

Stres berlebihan, yang tampaknya banyak dialami orang tua zaman sekarang, dapat dengan mudah membanjiri pikiran, merusak fungsi saraf, dan membuat kita menua sebelum waktunya.

Moms perlu tahu cara menenangkan pikiran agar tidak menganggu aktivitas sehari-hari, karena stres salah satu pemicu imunitas tubuh menurun.

Kebanyakan orang berpikir rumit sesaat sebelum tidur sehingga ini menyebabkan kesulitan untuk tidur pulas.

Menurut Ayurveda, sistem saraf diatur oleh vata, yang terdiri atas udara dan eter. Udara dan eter bersifat ringan, kering, cepat dan bergerak yang sifatnya mirip dengan sistem saraf.

Terlalu dingin, terlalu banyak gerakan, atau terlalu banyak stres akan memperburuk vata dan menekan sistem saraf.

Seperti yang dijelaskan profesor Stanford Robert Sapolsky, “Kita seharusnya hanya merasa stres selamat lima menit tepat sebelum meninggal,” ujarnya.

Stres seharusnya berumur pendek karena stres dapat menguras tubuh, kesehatan, dan energi seseorang. Stres pikiran juga memengaruhi hal-hal kecerdasan emosional dan pengambilan keputusan.

Apalagi ketika seseorang cenderung tertutup, ia akan bereaksi terhadap situasi di sekitarnya daripada merespon dengan kata-kata.

Stres dan kecemasan yang tinggi (atau segala jenis emosi negatif) membuat kita fokus pada diri sendiri.

Oleh karenanya, penting bagi Moms untuk menemukan cara menenangkan pikiran dan menghilangkan energi negatif tersebut.

Baca Juga: Mengenal Emotional Eating, Makan Berlebihan saat Stres

Cara Menenangkan Pikiran dan Hati

perasaan tenang dan damai

Foto: perasaan tenang dan damai (Freepik.com/jcomp)

Melansir Science Daily, cara menenangkan pikiran dan hati dapat dilakukan dengan mendengarkan suara alam.

Para peneliti di Brighton and Sussex Medical School (BSMS) menemukan bahwa mendengarkan 'suara alam' memengaruhi sistem tubuh yang mengendalikan sistem saraf otonom yang sedang tidak stabil.

Saat mendengarkan suara alam, konektivitas pikiran mencerminkan fokus perhatian ke lingkungan sekitarnya.

Ada peningkatan aktivitas sistem saraf saat mendengarkan suara alam dibandingkan suara buatan manusia.

Meskipun suara naturalistik dan lingkungan 'hijau' sering dikaitkan dengan peningkatan relaksasi dan kesejahteraan, hingga saat ini belum ada studi ilmiah lebih lanjut bagaimana cara ini muncul.

Berikut ini beberapa cara menenangkan pikiran agar stres dapat disalurkan dengan energi positif untuk diri sendiri dan orang lain. Menenangkan pikiran sebelum tidur juga membuat kualitas tidur lebih baik, lho!

Apa sajakah yang bisa dilakukan? Mari kita bahas bersama!

1. Memahami Mekanisme Stres

Menariknya, vata berada di usus besar. Penelitian baru telah menemukan bahwa usus besar adalah rumah dari triliunan bakteri bermanfaat yang membentuk mikrobioma.

Bakteri ini jumlahnya mencapai sekitar 90% dari seluruh sel dalam tubuh manusia.

Ketika sedang stres, mikroba di saluran usus merasakan dan bereaksi, mengirimkan pesan alarm darurat ke sistem saraf pusat dan otak, yang kemudian mengirim pesan ke setiap sel tubuh.

Cara menenangkan pikiran dari perspektif Ayurvedic memungkinkan kita untuk menggunakan strategi yang efektif untuk merelaksasi sistem saraf. Metode kuno ini sangat sederhana, sangat efektif dan diakui oleh ilmu pengetahuan.

Dengan Moms mengetahui cara menenangkan pikiran, maka stres dapat dialihkan dan dikendalikan dengan bijak.

2. Meditasi

Meditasi telah diakui oleh banyak penelitian dapat membangun kembali, mendukung, memperkuat sistem saraf dan cara menenangkan pikiran dan hati.

“Penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan panjang telomer (tutup pada akhir setiap untai DNA yang melindungi kromosom kita) dalam tubuh, yang terkait dengan kesehatan dan memperpanjang umur,” ungkap Madhav Goyal, Profesor Kedokteran di Johns Hopkins University, Amerika Serikat.

Neuron di otak dapat memediasi hubungan antara pernapasan dan menciptakan meditasi yang tenang dan cara menenangkan pikiran, sebut sebuah studi baru.

3. Yoga

yoga

Foto: yoga (Pexels.com/Prasanth Inturi)

Salah satu cara paling efektif untuk berolahraga adalah berlatih “Salam untuk Matahari” (surya namaskara).

Hal ini dilakukan dengan kombinasi pernapasan hidung yang dalam, dipadukan dengan serangkaian postur fleksi dan ekstensi yoga yang mendukung fleksibilitas dan kekuatan tubuh.

Cara menangkan pikiran dengan yoga ini telah terbukti efektif dirasakan sebagian orang untuk membuat pikiran dan hati lebih rileks.

Kombinasi ini dapat mendukung aliran cairan tulang belakang otak, yang melumasi otak dan sistem saraf pusat.

Ingat, penuaan dikaitkan dengan pengurangan 50% dalam produksi dan aliran cairan serebrospinal pada orang yang sehat.

Yoga juga dipercaya salah satu cara memperlambat penuaan dan cara menenangkan pikiran yang bisa Moms coba di rumah.

Baca Juga: 20+ Cara Menghilangkan Stres Pikiran, Olahraga hingga Berhubungan Seks

4.Terapi Alam

Menurut Ayurveda, keluar dan menghabiskan waktu di alam meningkatkan ojas di dalam tubuh.

Ojas adalah zat dalam tubuh yang diyakini bertanggungjawab untuk vitalitas, kekebalan, dan kulit yang bercahaya.

Dengan melakukan aktivitas di alam, maka ini cara menenangkan pikiran tanpa perlu mengeluarkan banyak energi.

Cukup untuk menghirup dan mendengarkan aktivitas di alam secara alami, maka ini merupakan salah satu cara menenangkan pikiran paling mudah.

“Sulit untuk mengabaikan kedamaian dan ketenangan yang ada di alam. Banyak orang memanfaatkan alam untuk berolahraga seperti mendaki gunung, menjelajah hutan, berkemah, berlari, dan bermain ski. Namun, pada praktiknya mereka juga melakukan terapi untuk ketenangan pikiran,” kata Dr. Goyal, Profesor Kedokteran di Johns Hopkins University.

5. Pijat Harian

Penelitian menunjukkan, ketika memijat diri sendiri, memijat orang lain, atau memeluk, menyentuh, atau merawat orang lain dengan cara yang penuh kasih, maka hormon oksitosin yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan perasaan menyayangi akan lebih banyak dilepas ke seluruh tubuh.

Memijat atau dipijat dapat menenangkan pikiran seseorang. Memijat adalah proses bagaimana kita mengenal tubuh dengan lebih matang.

Ayurveda menyarankan kita untuk memberikan pijatan dengan minyak sebelum atau sesudah mandi setiap hari.

Memijat ketika pikiran sedang tidak enak atau stres, bisa menjadi salah satu cara menenangkan pikiran yang membuat tubuh lebih rileks.

Minyak herbal ternyata akan menjelma menjadi persediaan makanan alami untuk mikroba (baik) yang hidup di kulit.

Cara Menenangkan Pikiran Saat Hamil

cara menenangkan pikiran ibu hamil

Foto: cara menenangkan pikiran ibu hamil (Pexels.com/Matilda Wormwood)

Mengalami pikiran tidak enak saat hamil adalah hal yang wajar. Tubuh seorang ibu mengalami perubahan hormon yang signifikan dan menyebabkan pikiran menjadi berat dan stres.

Kehamilan juga memengaruhi emosi dan perasaan serta perawatan ibu terhadap diri sendiri.

Seorang ibu semestinya perlu mengetahui cara menenangkan pikiran saat hamil. Apabila ibu mengalami stres berlebihan, hal ini akan menganggu kesehatan janin dan juga sang ibu.

Menurut Tommy Pregnancy, kesehatan mental selama kehamilan sama pentingnya dengan kesehatan fisik seseorang.

Adanya beberapa upaya untuk menenangkan pikiran dan meredakan stres berlebihan saat hamil.

6. Relaksasi Otot

Badan ibu hamil akan merasakan pegal dan letih tidak biasa.

Kram perut, sakit pinggang, dan sakit pinggul memengaruhi kondisi mental seseorang. Untuk meredakan gejala ini, dapat dilakukan relaksasi otot.

Moms bisa mengatur pernapasan dan melakukan peregangan saat bangun tidur, sedang duduk atau setelah beraktivitas.

Otot yang terasa kaku saat kehamilan menyebabkan badan dan pikiran ibu hamil terasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, lakukan relaksasi otot secara rutin agar badan terasa segar dan cara menenangkan pikiran paling mudah yang bisa Moms coba di rumah.

Ketika Moms melakukan relaksasi otot, nyeri sendi, pegal, dan sakit pinggang akan teratasi dengan baik dan menjadi salah satu cara menenangkan pikiran saat hamil yang efektif.

Baca Juga: 5 Cara Berpikir Positif untuk Mencegah Stres Sebagai Seorang Ibu

7. Meditasi

Cara menenangkan pikiran saat hamil selanjutnya, yakni coba lakukan meditasi agar stres dapat disalurkan dengan baik.

Mencoba aktivitas yang membantu tubuh melepaskan hormon endorfin tanpa mengeluarkan keringat, dapat dilakukan melalui meditasi, akupunktur, pijat terapi, dan latihan pernapasan.

The American Institute of Stress merekomendasikan pernapasan perut dalam selama 20 hingga 30 menit per hari untuk membantu mengatasi kecemasan.

Melakukannya akan membantu menyalurkan lebih banyak oksigen ke otak dan menstimulasi sistem saraf.

Ingat, ketika hamil kurangi aktivitas yang memicu capek berlebihan agar kesehatan janin dan ibu hamil tetap terjaga hingga melahirkan tiba.

8. Menyayangi Diri Sendiri

self love menyayangi diri sendiri

Foto: self love menyayangi diri sendiri (Freepik.com/wayhomestudio)

Seringkali saat mencoba untuk menenangkan hati dan pikiran, kita lupa akan diri sendiri.

Berpikir bahwa mengkritik diri sendiri akan membantu kita menjadi lebih sadar diri dan membuat kita bekerja lebih keras, tapi itu hanya mitos. Faktanya, menurut banyak penelitian, kritik diri menghancurkan ketahanan kita.

Cara menenangkan pikiran yang bisa Moms coba lagi adalah mengurangi menyalahkan diri sendiri dan merasa tidak berguna untuk sekitar.

Kita kurang bisa belajar dari kesalahan kita saat kita menyalahkan diri sendiri.

Orang yang mengkritik diri sendiri cenderung memiliki kecemasan dan depresi yang lebih besar, dan ketidakmampuan untuk bangkit kembali dari perjuangan.

Selama kehamilan, Moms perlu tahu pengorbanan kecil apapun memiliki nilai yang sangat berharga. Perlu menyayangi diri sendiri dan cobalah untuk ajak bicara diri kita.

Seperti halnya berbicara dengan seorang teman atau orang lain dapat menjadi cara menenangkan pikiran yang jitu.

9. Mengonsumsi Daun Peppermint

Daun peppermint mengandung mentol yang berfungsi sebagai pelemas otot dan obat penenang.

Peppermint juga membantu mengeluarkan gas dari perut dan mengatasi masalah perut seperti mual dan muntah. Apalagi ibu hamil kerap merasakan mual dan muntah di beberapa waktu.

Menyeruput teh peppermint adalah cara yang sehat dan alami cara menenangkan pikiran selama kehamilan.

Teh peppermint secara alami bebas kafein sehingga ibu hamil dapat menyesapnya sepanjang hari di tempat kerja atau saat bersantai di rumah.

10. Istirahat Cukup

Ibu hamil biasanya kurang istirahat karena harus mengerjakan pekerjaan rumah atau bekerja ke kantor.

Stamina badan tidak penuh menyebabkan badan mudah lelah dan mengakibatkan pikiran tidak nyaman.

Isi waktu dengan istirahat yang cukup. Sayangi tubuh Moms dan juga anak di dalam kandungan.

Tidur penting bagi kesehatan mental siapa pun dan mendukung kehamilan yang sehat dan ini cara menenangkan pikiran yang paling efektif selama kehamilan.

Jika ini adalah kehamilan kedua, mintalah pasangan, teman, atau orang tua untuk menjaga anak selama satu sore dan gunakan waktu ini untuk istirahat dan relaksasi.

Baca Juga: 7+ Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Tidak Overthinking

Cara Menenangkan Pikiran Sebelum Tidur

tidur nyenyak

Foto: tidur nyenyak (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak bisa tidur di malam hari sehingga semalaman berpikir keras?

Jika stres membuat pikiran tetap terjaga, ada sejumlah metode yang dapat membantu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cara menenangkan pikiran agar tidur lebih pulas dan berkualitas.

11. Jauhkan Diri dari Layar Elektronik

Cahaya biru yang dipancarkan perangkat digital — termasuk TV, ponsel, laptop, dan tablet — dapat mengganggu jam internal seseorang.

Untuk menenangkan pikiran sebelum tidur, jangan gunakan barang teknologi di sekitar kita.

Fokus pejamkan mata dan pelan-pelan akan tertidur. Ini merupakan cara menenangkan pikiran dengan mudah dan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

12. Mengonsumsi Teh Chamomile

Chamomile dapat menurunkan rasa cemas, stres, dan tidak nyaman seseorang.

Dengan meminum teh chamomile sebelum tidur, ini akan membantu pikiran kita lebih bersih dan cepat mengantuk.

Rasa hangat pada teh membuat tubuh lebih rileks dan cara menenangkan pikiran dari segala kepenatan. Sehingga memudahkan untuk tertidur pulas dan menjadi lebih segar di esok harinya.

Baca Juga: 7 Doa Penenang Hati dan Pikiran untuk Hapus Kegelisahan

13. Mandi Air Hangat

mandi air hangat

Foto: mandi air hangat (Freepik.com/user18526052)

Untuk menenangkan pikiran sebelum tidur, cobalah mandi air hangat. Berendam sebelum tidur adalah cara menenangkan pikiran lebih rileks.

Apalagi saat berpindah dari air hangat ke kamar tidur dengan suhu lebih sejuk, maka akan menyebabkan subuh tubuh kita turun.

Secara alami, rasa kantuk akan mula timbul setelah mandi air panas.

14. Menghitung Domba

Ini mungkin terdengar sedikit konyol, tetapi ini benar-benar berhasil, Moms. Alasannya? Menjaga otak tetap fokus pada satu hal membantu kita menurunkan energi berlebihan.

Jika Moms tidak terbiasa cara ini, cobalah atur pernapasan sebelum tidur. Secara sadar tarik dan keluarkan napas dalam-dalam, sampai merasa pikiran lebih tenang.

Menghitung domba selain membuat rasa kantuk, ini cara menenangkan pikiran yang membuat Moms akan lebih rileks pada esok harinya.

15. Berimajinasi

Mirip seperti menghitung domba, berimajinasi juga bisa menjadi cara menenangkan pikiran dengan cepat.

Dilansir dari Mott Children's Hospital, dengan membayangkan diri kita di sebuah situasi bisa membuat kondisi lebih tenang dan rileks.

Moms bisa menggunakan panduan lewat audio atau podcast untuk bisa bermeditasi menggunakan imajinasi.

Tapi cara ini juga bisa dilakukan sendiri kok, yakni dengan membayangkan sebuah situasi menyenangkan dan menenangkan sambil menyetel musik sebagai latar belakang.

Baca Juga: 8 Tanda Moms Butuh Psikolog, Peduli Kesehatan Mental Yuk!

16. Menulis Jurnal

journaling atau menulis jurnal

Foto: journaling atau menulis jurnal (Pexels.com/Negative Space)

Trik lain untuk menenangkan pikiran adalah menulis jurnal. Tulislah hal-hal yang Moms syukuri di hari itu di dalam buku jurnal atau aplikasi note di smartphone.

Mulailah dari kejadian kecil, misalnya minum teh hangat saat bangun tidur, mandi dengan sabun favorit, menyelesaikan pekerjaan di hari itu, atau sesederhana berhasil mengalahkan rasa malas untuk berolahraga 10 menit di pagi hari.

Pada Journal of Clinical Research and Related Research yang dilakukan tahun 2016 lalu, dijelaskan bahwa ketika kita fokus dengan kejadian-kejadian baik di hidup, kebahagiaan akan bertambah, tekanan darah menurun, dan detak jantung berkurang.

17. Berolahraga Lebih Awal

Olahraga adalah cara menenangkan pikiran yang bagus dan telah terbukti meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi penderita insomnia.

Tetapi pastikan latihan yang lebih intens tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Dengan olahraga membuat badan lebih lelah dibandingkan biasanya, maka kita akan mudah mengantuk.

Sehingga tidur akan lebih pulas semalaman dan mendapatkan kualitas tidur lebih baik.

Setelah mengetahui cara menenangkan pikiran dan hati, saat sedang hamil dan sebelum tidur, lakukan cara ini secara rutin, ya.

Pikiran seseorang nantinya akan terbiasa untuk berpikir jernih dan sehat.

Namun jika Moms merasa kekhawatiran terhadap kesehatan mental, jangan ragu untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • https://greatergood.berkeley.edu/article/item/four_ways_to_calm_your_mind_in_stressful_times
  • https://www.sciencedaily.com/releases/2017/03/170330132354.htm
  • https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/mental-wellbeing/10-tips-relax-pregnancy
  • https://www.verywellmind.com/how-to-relax-your-mind-3144475
  • https://www.mottchildren.org/health-library/uz2209
  • https://journals.lww.com/clinorthop/Fulltext/2016/12000/Your_Best_Life__Breaking_the_Cycle__The_Power_of.9.aspx