Scroll untuk melanjutkan membaca

RUPA-RUPA
25 Januari 2022

Mengenal Kepribadian ESFJ, Si Pintar Bergaul yang Senang Disanjung

Kepribadian ESFJ suka menggunakan keterampilan interpersonal mereka untuk mengatur orang
Mengenal Kepribadian ESFJ, Si Pintar Bergaul yang Senang Disanjung

Jika Moms pernah menemukan orang dengan kepribadian yang suka menasihati dan bersedia membantu apapun masalah Moms, maka bersyukurlah karena itu artinya Moms dekat dengan orang dengan golongan kepribadian ESFJ.

ESFJ adalah akronim yang digunakan untuk menggambarkan salah satu dari enam belas tipe kepribadian yang diciptakan oleh Katharine Briggs dan Isabel Myers.

ESFJ merupakan singkatan dari Extravert, Sensing, Feeling, Judging. Orang dengan kepribadian ESFJ bisanya diberi energi lebih dan menghabiskan dengan orang lain (Extraverted), yang berfokus pada fakta dan detail daripada ide dan konsep (Sensing), yang membuat keputusan berdasarkan perasaan dan nilai (Feeling), serta lebih suka merencanakan dan mengatur daripada spontan dan fleksibel (Judging). 

Penasihat dan penyedia adalah sifat yang menggambarkan ESFJ karena minat mereka dalam menjaga orang lain dengan cara yang praktis. Orang dengan tipe kepribadian ESFJ cenderung ramah, setia, teratur, dan berhati lembut.

Mereka yang dengan kepribadian ESFJ percaya bahwa hidupnya mendapatkan energi dari berinteraksi dengan orang lain.

Kemampuannya untuk mendorong orang lain menjadi yang terbaik, sangat terlihat jelas. Meski sering kali, sifat itu membuat mereka sulit mempercayai hal buruk tentang orang-orang yang dekat dengan mereka.

Orang dengan kepribadian ESFJ adalah penolong yang teliti, peka terhadap kebutuhan orang lain dan dengan penuh semangat berdedikasi pada tanggung jawab mereka.

Mereka sangat selaras dengan lingkungan emosional dirinya sendiri dengan memperhatikan perasaan orang lain dan persepsi orang lain tentang mereka. 

Kepribadian ESFJ adalah kepeibadian yang menghargai kesetiaan dan tradisi. Tidak heran, mereka biasanya menjadikan keluarga dan teman sebagai prioritas utama mereka.

Dikutip dari Keirsey.com, sekitar 9-12% orang di dunia memiliki kepribadian ESFJ. Tidak ada kata lain untuk karakter ESFJ, kecuali menarik dan populer.

Baca Juga: Kepribadian ENTP, Pendebat yang 'Kurang Peka' dengan Perasaan

Karakter Kepribadian ESFJ

esfj

Foto: esfj (lovepanky.com)

Foto: lovepanky.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, karakter kepribadian ESFJ adalah murah hati dengan waktu, tenaga, dan emosi mereka. Mereka pandai mengambil perhatian orang lain .

Demi memastikan semua orang bahagia, mereka senang melayani dan menikmati peran apa pun yang memungkinkan mereka berpartisipasi dengan cara yang berarti, selama mereka tahu bahwa mereka dihargai.

Orang dengan kepribadian ESFJ cenderung memiliki karakter seperti:

  • Senang membantu orang lain
  • Butuh persetujuan
  • Harapkan kebaikan dan cara mereka memberi untuk diperhatikan dan dihargai oleh orang lain
  • Peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain
  • Jadilah baik dalam menanggapi dan memberikan perawatan yang dibutuhkan orang
  • Ingin disukai orang lain
  • Mudah terluka oleh ketidakbaikan atau ketidakpedulian

Orang dengan kepribadian ESFJ yang dibesarkan dengan nilai dan standar tinggi cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang murah hati.

Sebaliknya, para ESFJ yang dibesarkan di lingkungan yang kurang kaya mungkin memiliki etika yang menyimpang sebagai orang dewasa dan lebih cenderung manipulatif dan egois.

ESFJ juga memiliki keinginan kuat untuk mengendalikan lingkungan mereka. Pengorganisasian, perencanaan, dan penjadwalan membantu orang-orang dengan tipe kepribadian ini merasa menguasai dunia di sekitar mereka.

ESFJ secara alami diarahkan untuk memahami orang lain. Mereka adalah pengamat yang cermat terhadap orang lain dan mahir dalam mendukung dan memberikan yang terbaik dari orang lain. 

Karena mereka sangat pandai membantu orang lain merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, orang-orang merasa tertarik pada ESFJ.

Baca Juga: Mengenal INFJ, Kepribadian Introvert 'Terlangka' di Dunia

Kelebihan Karakter Kepribadian ESFJ

esfj

Foto: esfj (afamuche.com)

Foto: afamuche.com

Sifat kepribadian ESFJ merupakan sifat yang positif dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Bagaimana kehangatan hati dan juga empati mereka, semuanya adalah deretan hal terpuji atau kelebihan kepribadian ESFJ.

Bagaimanapun, mereka kerap menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri. Berikut ini adalah kelebihan lainnya dari kepribadian ESFJ yang unik dan berhasil dirangkum oleh Orami.

1. Keterampilan Praktis yang Kuat

Mereka adalah para pekerja, pembantu, pelayan, serta manajer yang sangat baik untuk tugas sehari-hari dan perawatan rutin. Mereka kerap menikmati serta memastikan bahwa dengan kepribadian ESFJ-nya, para orang di sekitar akan dirawat dengan baik.

2. Rasa Tugas yang Kuat

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan berusaha keras untuk memenuhi kewajiban mereka, meskipun terkadang hal ini lebih disebabkan oleh rasa harapan sosial daripada dorongan intrinsik.

3. Sangat Loyal

Menghargai stabilitas dan keamanan dengan sangat tinggi, para pelayan atau pekerja dengan kepribadian ESFJ sangat ingin mempertahankan status quo, yang menjadikan mereka mitra dan karyawan yang sangat setia dan dapat dipercaya.

Sifat ramah dan kebaikan mereka adalah pilar sejati dari kelompok mana pun yang mereka ikuti – apakah itu keluarga atau klub komunitas. Orang-orang dengan tipe kepribadian ini selalu dapat diandalkan.

4. Sensitif dan Hangat

Untuk membantu memastikan stabilitas, kepribadian ESFJ mencari harmoni dan sangat peduli dengan perasaan orang lain. Mereka kera berhati-hati untuk tidak menyinggung atau menyakiti siapa pun.

5. Pandai Berhubungan dengan Orang Lain 

Kualitas-kualitas yang dimiliki ESFJ ini bersatu untuk menyempurnakan sifat rendah hati mereka agar mudah bersosialisasi, nyaman, dan disukai. 

Kepribadian para malaikat ini memiliki kebutuhan yang kuat untuk "dimiliki", dan tidak memiliki masalah dengan obrolan ringan. Begitulah mereka mengikuti isyarat sosial untuk membantu mengambil peran aktif dalam komunitas.

Baca Juga: Moms, Kenali Kepribadian Berdasarkan Bentuk Wajah, Yuk!

Kekurangan Karakter Kepribadian ESFJ

esfj

Foto: esfj (goodtherapy.org)

Foto: goodtherapy.org

Selain mendapatkan kesenangan dari membantu orang lain, ESFJ juga membutuhkan persetujuan. Mereka mengharapkan sifat kebaikan dan cara memberi mereka diperhatikan dan dihargai oleh orang lain.

Mereka peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain, tetapi perlu diingat bahwa kepribadian ESFJ ini juga ingin disukai oleh orang lain, dan kerap merasa mudah disakiti oleh ketidakbaikan atau ketidakpedulian.

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ yang dibesarkan dengan nilai dan standar tinggi tumbuh menjadi orang dewasa yang murah hati. Sementara ESFJ yang dibesarkan di lingkungan yang kurang kaya, mungkin memiliki kekurangan berupa etika yang menyimpang sebagai orang dewasa dan lebih cenderung manipulatif dan egois.

Nah, berikut ini adalah kekurangan lainnya dari karakter kepribadian ESFJ, yaitu:

1. Khawatir akan Status Sosial Mereka

Kesibukan para pelayan atau orang baik dengan kepribadian ESFJ ini berhubungan dengan status dan pengaruh sosial yang mereka miliki. Status sosial yang mereka punya kerap memengaruhi banyak keputusan yang mereka buat, yang berpotensi membatasi kreativitas dan keterbukaan pikiran mereka.

2. Tidak Fleksibel

Orang dengan kepribadian ESFJ sangat mementingkan apa yang dapat diterima secara sosial, dan bisa sangat berhati-hati, bahkan kritis terhadap apa pun yang tidak konvensional atau di luar arus utama.

Orang dengan tipe kepribadian ini terkadang juga memaksakan keyakinan mereka sendiri terlalu keras dalam upaya untuk menjadikannya sebagai arus utama.

3. Enggan Berinovasi atau Berimprovisasi

Sama seperti mereka dapat mengkritik perilaku “tidak biasa” orang lain, ESFJ juga mungkin tidak mau keluar dari zona nyaman mereka sendiri, biasanya karena takut untuk tampil berbeda.

4. Rentan Terhadap Kritik

Mengubah kecenderungan tidak mau dikritik ini bisa sangat menantang karena ESFJ adalah orang-orang yang sangat menghindari konflik.

Kepribadian para orang baik ini bisa menjadi sangat defensif dan terluka jika seseorang, terutama orang yang dekat dengan mereka, mengkritik kebiasaan, kepercayaan, atau tradisi mereka.

5. Butuh Disanjung

Mereka ya g berjiwa melayani ini merasa perlu mendapat penghargaan. Jika upaya mereka tidak diperhatikan, orang-orang dengan tipe kepribadian ESFJ mungkin mulai memancing pujian, dalam upaya untuk mendapatkan kepastian betapa mereka dihargai.

6. Terlalu Tanpa Pamrih

Sisi lain dari ESFJ adalah bahwa mereka terkadang mencoba menetapkan nilai mereka dengan perhatian penuh, sesuatu yang dapat dengan cepat membanjiri mereka yang tidak membutuhkannya, sehingga pada akhirnya tidak disukai.

Selanjutnya, para orang baik ini sering mengabaikan kebutuhan mereka sendiri dalam prosesnya.

Baca Juga: Skizotipal, Gangguan Kepribadian Sulit Menjalin Hubungan dengan Orang Lain

Karier untuk Kepribadian ESFJ

esfj

Foto: esfj (santecares.com)

Foto: santecares.com

Orang dengan kepribadian ESFJ suka menggunakan keterampilan interpersonal mereka untuk mengatur orang dan proses lainnya di sekitar. Mereka menyesuaikan diri dengan kebutuhan orang lain dan berusaha menciptakan struktur untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

ESFJ sering lebih menyukai pekerjaan yang memungkinkan mereka membantu orang dengan cara yang praktis dan dapat diamati. ESFJ menikmati pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk menindaklanjuti dan melihat hasilnya, dan lebih menyukai struktur dan organisasi tingkat tinggi.

Mereka memperoleh kepuasan dari menyelesaikan tugas-tugas dengan perhatian pada urutan dan detail. Pekerjaan yang ideal untuk seorang ESFJ membutuhkan perhatian pada prosedur dan spesifikasi, dan harus memungkinkan ESFJ untuk bekerja secara metodis untuk mengatur orang dan proses.

Kepribadian ESFJ biasanya lebih suka bekerja dengan orang lain, dan diberi energi dengan berpartisipasi dalam tim yang termotivasi, teliti, dan berorientasi pada tindakan. 

Penting bagi ESFJ untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan nilai-nilai mereka, serta bekerja dengan orang lain yang mendukung dan kooperatif. 

Lingkungan kerja yang ideal untuk ESFJ memberikan harapan yang jelas dan suasana yang ramah dan terstruktur, bebas dari konflik atau ketidakpastian. Beberapa pilihan karier itu yaitu:

  • Babysitter
  • Perawat
  • Guru
  • Pekerjaan sosial
  • Konselor
  • Dokter
  • Resepsionis
  • Admin
  • Manajer kantor

Baca Juga: Jangan Dianggap Enteng, Yuk Kenali 5 Jenis Gangguan Kepribadian dan Gejalanya!

Sama seperti semua tipe kepribadian, orang dengan tipe ESFJ memiliki pola preferensi dan perilaku unik mereka sendiri. Mempelajari lebih banyak tentang tipe kepribadian dapat membantu lebih memahami beberapa kecenderungan setiap kepribadian.

Hal tersebut dapat membantu kita membangun kekuatan dan mencegah beberapa kelemahan, agar tidak merusak hubungan dengan orang lain.

Nah, itulah hal yang perlu Moms ketahui tentang kepribadian ESFJ. Semoga bermanfaat ya, Moms!

  • https://futureofworking.com/12-esfj-personality-strengths-weaknesses-and-traits/
  • https://www.16personalities.com/esfj-strengths-and-weaknesses
  • https://www.truity.com/personality-type/ESFJ/careers
  • https://www.verywellmind.com/esfj-extraverted-sensing-feeling-judging-2795983

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.