Kesehatan

22 Juli 2021

10 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kenali berbagai manfaat teh chamomile untuk kesehatan Moms dan keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Moms, pernah menyeduh teh chamomile di pagi atau sore hari? Kebiasaan ini ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan Moms. Chamomile adalah ramuan yang berasal dari bunga seperti bunga aster dari keluarga tanaman Asteraceae.

Chamomile sendiri sudah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai obat alami untuk beberapa kondisi kesehatan. Banyak pula orang yang menyukai teh chamomile karena teh ini bebas kafein sehingga rasanya tetap manis dan menyegarkan.

Keunggulan utama dari teh chamomile adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Jadi, Moms dan keluarga bisa mendapatkan banyak manfaat teh chamomile yang dapat diminum setiap hari. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

Berbagai Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan

Ada berbagai manfaat teh chamomile untuk kesehatan yang dapat Moms peroleh dengan mengonsumsi secara rutin, yaitu:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh chamomile yang pertama untuk kesehatan, yaitu mampu meningkatkan kualitas tidur.

Dilansir dari Molecular Medicine Reports, teh chamomile mengandung apigenin, yaitu antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak.

Kandungan ini ternyata mampu menyebabkan kantuk, serta mengurangi insomnia, atau gangguan susah tidur yang sudah kronis.

Selain dapat mengonsumsi teh chamomile, nyatanya menggunakan aromaterapi minyak esensial chamomile juga memiliki manfaat.

Manfaatnya, yaitu mengobati insomnia karena bersifat menenangkan. Jadi, cara alami ini bisa sangat berguna bagi Moms yang memiliki masalah susah tidur.

Ingat, kualitas tidur yang buruk bisa membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada baiknya, Moms menemukan cara untuk mampu meningkatkan kualitas tidur.

“Orang-orang yang memiliki waktu dan kualitas tidur malam yang kurang, umumnya kurang dari 6 jam per malam, dapat mengalami peningkatan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular hingga kematian dibandingkan dengan orang yang cukup tidur,” ungkap Dr. Sheila Tsai, asisten profesor kedokteran di National Jewish Health.

Baca Juga: Apa Manfaat Teh bagi Ibu Hamil?

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minum teh chamomile secara rutin setiap hari juga mampu menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung.

“Teh chamomile dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan. Manfaat teh chamomile membantu meringankan kondisi terkait seperti sakit kepala karena hipertensi, serta meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular,” ungkap Kathryn Bubec, ahli diet terdaftar.

Teh chamomile yang mengandung flavonoid juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Penggunaan rutin flavonoid yang dikonsumsi dalam makanan atau minuman mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner pada pria lanjut usia.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Kesehatan pencernaan penting untuk dijaga dengan baik. Menurut penelitian dalam jurnal Electronic Physician, ekstrak chamomile memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang mampu menjaga kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

Teh chamomile membantu dalam menghilangkan gas di perut atau mengatasi perut kembung, menenangkan perut, dan mengendurkan otot-otot yang memindahkan makanan melalui usus.

Minum teh chamomile juga membantu mencegah sakit maag, karena dapat mengurangi keasaman di perut dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berkontribusi terhadap perkembangan maag.

Selain minum teh chamomile, cara menjaga kesehatan pencernaan bisa dengan mengonsumsi makanan yang bersih.

Konsumsi makanan yang bersih akan membantu perut untuk mencerna makanan dengan mudah sehingga mencegah masalah pencernan.

Sayuran, bumbu, dan makanan yang banyak mengandung air akan membuat pencernaan selalu sehat. Sementara itu gula, garam dan makanan berlemak kemungkinan akan membuat masalah dalam sistem pencernaan.

Jadi, perhatikan juga pola makan sehari-hari dan jangan lupa untuk cukup minum ya!

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Wajah, Yuk Simak!

4. Mengurangi Risiko Alami Kanker

Mengurangi Risiko Alami Kanker.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kanker masih menjadi penyakit yang mengkhawatirkan karena sifatnya yang dapat mematikan. Banyak ahli yang terus mengembangkan studi tentang cara mencegah terjadinya kanker. Ternyata, rutin minum teh chamomile mampu mengurangi risiko mengalami kanker.

Hal ini karena teh chamomile kaya akan apigenin, flavonoid yang dapat membunuh sel kanker. Disebutkan pula, senyawa ini sangat efisien untuk melawan sel-sel kanker, terutama pada prostat, payudara, saluran pencernaan, kulit, dan rahim.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms masih memiliki kendala dalam menurunkan berat badan, ada baiknya untuk mencoba minum teh chamomile setiap hari. Ternyata, manfaat teh chamomile berikutnya, yaitu mampu membantu menurunkan berat badan.

Teh chamomile rendah kalori dan bisa menjadi minuman pengganti soda, kopi, jus buah kemasan, atau minuman lainnya yang mungkin mengandung gula tambahan lebih tinggi.

Jika diminum rutin, teh chamomile membantu Moms untuk mencapai berat badan ideal.

Namun, ingat, pola makan sehari-hari juga memegang peranan penting dalam menurunkan berat badan. Moms juga perlu menjaga kualitas tidur yang cukup setiap harinya.

Baca Juga: 6 Camilan Ini Bersahabat Baik dengan Berat Badan, Lho!

6. Mengatasi Inflamasi dalam Tubuh

Mengatasi Inflamasi dalam Tubuh.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teh chamomile memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan inilah yang akan menjaga tubuh dari berbagai risiko inflamasi atau peradangan.

Perlu Moms pahami, peradangan dikaitkan dengan banyak keluhan gangguan gastrointestinal, seperti refluks esofagus, dan penyakit divertikular.

Teh chamomile diyakini membantu dalam mengurangi kejang otot polos yang terkait dengan berbagai gangguan inflamasi gastrointestinal.

Selain itu, teh chamomile sering digunakan untuk mengobati iritasi kulit ringan, termasuk terbakar sinar matahari, ruam, dan luka.

Manfaat teh chamomile lainnya juga mampu mengurangi terjadinya nyeri sendi pada lutut dan punggung.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurunkan Kadar Gula Darah .jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh chamomile berikutnya, yaitu mampu menurunkan kadar gula darah.

Hal ini karena sifat antiinflamasi di dalamnya dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas, yang terjadi ketika kadar gula darah meningkat secara kronis.

Perlu dipahami, menjaga kesehatan pankreas itu sangat penting, karena menghasilkan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

eningkatkan Daya Tahan Tubuh.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh chamomile berikutnya, yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini karena teh chamomile memiliki sifat antibakteri, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuatnya berfungsi dengan baik.

Disebutkan juga, minum teh chamomile secara rutin setiap hari juga dapat mengurangi kemungkinan terkena pilek dan batuk.

9. Mengurangi Nyeri Haid

Mengurangi Nyeri Haid.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nyeri haid yang dialami wanita, seperti kram perut tentunya menjadi hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, manfaat teh chamomile berikutnya, yaitu mampu mengurangi gejala nyeri haid.

Hal ini dibuktikan dari studi yang diterbitkan di Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology and Infertility pada 2010.

Studi ini menemukan bahwa wanita yang minum teh chamomile setiap hari selama sebulan mengalami nyeri haid yang jauh berkurang.

10. Mengurangi Kecemasan

Mengurangi Kecemasan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh chamomile berikutnya, yaitu mampu mengurangi kecemasan karena sifatnya yang menenangkan. Senyawa yang ditemukan dalam teh chamomile mampu meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Herbal?

Perlu dipahami, GABA berfungsi sebagai penyeimbang untuk neurotransmitter lain (glutamat), dan ketidakseimbangan antara dua bahan kimia ini sering berperan dalam gangguan kecemasan seperti gangguan kecemasan umum.

Maka dari itu, minum teh chamomile mampu mengurangi kecemasan.

Itulah berbagai manfaat teh chamomile untuk kesehatan. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5074766/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2995283/
  • https://www.goodwyntea.com/blogs/news/10-reasons-to-have-a-cup-of-chamomile-tea
  • https://www.thelist.com/193375/when-you-drink-chamomile-tea-every-day-this-is-what-happens-to-your-body/
  • https://www.researchgate.net/publication/286965003_Chamomile_tea_for_relief_of_primary_dysmenorrhea
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait