Kesehatan Umum

3 Juni 2021

4 Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Aman Dilakukan

Ingin tahu posisi tidur saat sakit pinggang? Ini ulasannya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Ada beberapa posisi tidur saat sakit pinggang yang wajib Moms pahami. Nah, biasanya kondisi sakit pinggang bisa sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan, bahkan untuk tidur sekali pun.

Sebab, posisi tidur tertentu dapat menyebabkan ketegangan pada leher, pinggul, dan punggung. Beberapa posisi tidur juga bahkan dapat memperburuk dan menyebabkan sakit pinggang semakin parah.

Inilah pentingnya untuk menjaga posisi tidur yang sehat dan tepat. Mengingat setiap orang tampaknya memiliki posisi tidur favorit. Ada yang suka tidur miring sambil memeluk guling, ada yang lebih suka telentang, atau bahkan tengkurap.

Nah, lantas seperti apa posisi tidur saat sakit pinggang? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, ya!

Baca Juga: Apa Benar Bisa Terjadi Insomnia pada Balita? Ini Faktanya

Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Aman Dilakukan

Perhatikan posisi tidur saat sakit pinggang agar gejalanya tidak semakin parah. Penyebab sakit pinggang pada wanita sebenarnya sangat beragam.

Sebagian besar kondisi sakit pinggang adalah hasil dari cedera, seperti keseleo otot atau ketegangan akibat gerakan tiba-tiba.

Sakit pinggang juga dapat terjadi karena mekanisme tubuh yang buruk, seperti saat mengangkat benda yang terlalu berat.

Nah, sebagai cara untuk mengurangi gejalanya, berikut ini posisi tidur saat sakit pinggang yang dapat Moms coba di rumah:

1. Tidur Telentang dengan Penyangga Lutut

Tidur Telentang dengan Penyangga Lutut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidur telentang dengan penyangga lutut disebut sebagai posisi tidur saat sakit pinggang yang direkomendasikan.

Tidur telentang sendiri dianggap sebagai posisi tidur yang paling sehat, meskipun sayangnya tidak begitu populer.

Ketika Moms tidur telentang, maka mendistribusikan berat badan secara merata. Posisi tidur seperti ini juga membantu meminimalkan tekanan dan memastikan keselarasan pada kepala, leher, dan tulang belakang.

Nah, cara untuk meredakan sakit pinggang yang sedang Moms alami, berikan penyangga berupa bantal kecil di bawah lutut.

Tujuannya untuk memberikan dukungan tambahan dan membantu menjaga lekukan alami tulang belakang. Cara ini juga membantu melancarkan peredaran darah di kaki.

Dilansir dari laman Medical News Today, ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan agar merasa nyaman dalam posisi ini, yaitu:

  • Berbaring telentang menghadap langit-langit. Hindari memiringkan kepala ke samping.
  • Posisikan bantal untuk menopang kepala dan leher.
  • Letakkan bantal kecil yang cukup kokoh di bawah lutut.
  • Moms juga dapat memberikan penyangga ekstra. Isi celah lain antara badan dan kasur dengan bantal tambahan. Lalu, letakkan satu di bawah punggung bawah.

Manfaat tidur telentang tidak hanya tepat sebagai posisi tidur saat sakit pinggang. Posisi ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, lho!

Posisi tidur telentang dipercaya tidak akan memicu munculnya garis-garis halus calon keriput sebelum waktunya di wajah.

Baca Juga: Malas Membersihkan Makeup Memicu Timbulnya Kutu Bulu Mata?

2. Tidur Miring dengan Penyangga Bantal

Tidur Miring dengan Penyangga Bantal.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Posisi tidur saat sakit pinggang berikutnya, yaitu tidur dengan posisi miring, dilengkapi bantal penyangga di antara lutut.

Tidur miring, baik ke kiri atau ke kanan memang terasa nyaman, namun dapat menarik tulang belakang keluar dari posisi sejejar dan meregangkan punggung bawah.

Nah, maka cara yang bisa Moms lakukan, yaitu meletakkan bantal yang kokoh di antara kedua lutut.

Tujuan dari bantal penyangga ini adalah mengangkat kaki bagian atas, memulihkan kesejajaran pinggul, panggul, dan tulang belakang.

Ada beberapa tips agar Moms merasa lebih nyaman saat tidur dengan posisi ini, yaitu:

  • Gunakan satu bantal untuk menopang kepala dan leher.
  • Tarik lutut sedikit, kemudian letakkan bantal lain di antara kedua lutut.
  • Isi celah antara badan dan kasur dengan lebih banyak bantal. Utamakan di bagian pinggang.
  • Moms juga dapat mencoba memeluk bantal besar di dada dan perut untuk membantu punggung tetap lurus.

Tidur miring juga disebutkan mampu membantu mengurangi sakit punggung dan leher. Posisi tidur ini membantu sistem otak untuk membersihkan sampah-sampah dengan lebih efektif daripada tidur telentang atau tengkurap.

Kemampuan sistem pembuangan sampah otak untuk mengeluarkan racun dan protein berbahaya penting untuk membantu menjaga Moms dari penyakit neurodegeneratif, seperti alzheimer, parkinson, dan demensia. Nah, jadi banyak sekali manfaatnya, ya!

Baca Juga: Apakah Kualitas Tidur dan Suasana Hati Mempengaruhi Kerja Memori?

3. Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut

Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidur tengkurap dengan bantal berada di bawah perut adalah posisi tidur saat sakit pinggang yang direkomendasikan.

Umumnya, posisi tidur seperti ini dianggap paling tidak sehat. Namun, nyatanya posisi tidur seperti ini bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang, lho!

Ketika tidur dengan bantal di bawah perut, maka pinggul membantu meningkatkan kesejajaran tulang belakang.

National Sleep Foundation mengungkapkan, tidur tengkurap dengan bantal di bawah perut juga mencegah punggung bawah tenggelam ke dalam bentuk U yang menarik tulang belakang keluar dari kesejajaran.

Selain itu, tidur tengkurap sebenarnya dapat bermanfaat bagi siapa saja yang menderita hernia diskus atau penyakit diskus degeneratif.

Moms dapat meletakkan bantal yang tipis di bawah perut dan pinggul. Lalu, gunakan bantal yang lebih datar untuk kepala. Atau pilihannya lainnya adalah Moms tidur tanpa menggunakan bantal di kepala.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

4. Posisi Tidur seperti Janin

Posisi Tidur seperti Janin.jpg

Foto: freepik.com

Pernah melihat posisi janin saat sedang tertidur di dalam kandungan? Nah, ternyata posisi tidur seperti ini baik bagi Moms yang tengah mengalami sakit pinggang, lho. Mengapa demikian?

Tidur dengan posisi berbaring miring dengan lutut terselip ke dada mengurangi tekukan tulang belakang dan membantu membuka persendian. Maka dari itu, Moms dapat mencoba posisi ini sebagai posisi tidur saat sakit pinggang.

Caranya agar tetap merasa nyaman, Moms dapat memosisikan bantal untuk menopang kepala dan leher. Kemudian, tarik lutut ke atas menuju dada hingga punggung relatif lurus.

Baca Juga: Insomnia? Coba Ragam Obat Susah Tidur Berikut Ini

Nah, itulah beberapa posisi tidur saat sakit pinggang yang bisa dicoba. Ingat, ketika sakit pinggang menyerang, tetap usahakan aktif bergerak.

Sebab, fokus pada pergerakan otot membantu mengurangi risiko cedera pada pinggang, seperti ketegangan otot dan kejang otot. Selamat mencoba, ya, Moms!

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320870#best-positions
  • https://www.sleepfoundation.org/physical-health/how-to-sleep-with-lower-back-pain
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait