Scroll untuk melanjutkan membaca

RUPA-RUPA
01 November 2022

80 Kata-Kata Bijak Sunda Penuh Makna dan Motivasi

Kata-kata bijak Sunda ini bisa menjadi penyemangat sekaligus penghibur
80 Kata-Kata Bijak Sunda Penuh Makna dan Motivasi

Foto: Kaboompics .com

Moms, hampir setiap suku atau wilayah di Indonesia memiliki kata-kata bijak dengan beragam bahasa, salah satunya Sunda. Meskipun terdengar asing dengan kata-kata bijak Sunda, tetapi tak ada salahnya untuk mengetahuinya.

Sunda sendiri dikenal dengan bahasa dan logat bicara yang khas, yaitu dengan nada bergelombang.

Sebagian orang Sunda juga dikenal melafalkan huruf F menjadi P. Menurut penjelasan ilmiah, hal ini karena huruf F memang tidak dikenal dalam aksara Sunda (Kaganga) pada zaman dahulu.

Berbicara kata-kata bijak Sunda, banyak hal yang bisa Moms pelajari di dalamnya. Sebab, kata-kata bijak Sunda memiliki makna mendalam tentang kehidupan.

Hal ini sangat cocok bagi Moms yang sedang merasa lelah, capek, dan putus asa.

Kata-kata bijak Sunda ini juga bisa Moms kirimkan kepada pasangan, keluarga, atau teman sebagai penyemangat.

Nah, mari kita simak kata-kata bijak Sunda di bawah ini.

Baca Juga: Lirik dan Makna Lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Lengkap dengan Chord dan Sejarahnya!

Kata-Kata Bijak Sunda Kasar

Wanita sedang Piknik

Foto: Wanita sedang Piknik (inspiringtips.com)

Beragam kata-kata bijak banyak dicari oleh masyarakat, salah satunya bahasa Sunda.

Kata-kata bijak Sunda juga tidak kalah menarik dan memiliki makna yang mendalam.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak Sunda serta artinya yang bisa Moms renungkan ataupun kirim ke seseorang sebagai penyemangat.

1. "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana." (Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya).

2. "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.)

3. "Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

4. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor." (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda)

5. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggéur katémbong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya)

6. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)

7. "Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit)

8. "Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng."
(Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai daripada hal-hal yang abadi)

9. "Bobot pangayun timbang taraju." (Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu)

10. "Kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh." (Kita harus saling mengasihi, mengasah, dan juga saling mengasuh antarsesama manusia)

11. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalan-Nya)

12. "Kalakuan ngukur baju sasereg awak." (Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja)

13. "Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana." (Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat seberapa kuat kalian bisa menahannya)

14. "Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang." (Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak mempunyai makanan sama sekali)

Baca Juga: 15 Tanaman Obat untuk Kesehatan, Ada Kunyit, Jahe, Serai, Sirih, Kayu Manis, dan Masih Banyak Lagi

15. "Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!" (Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup)

16. "Gusti moal sare." (Tuhan tidak pernah tidur)

17. "Upami anjeun henteu tiasa ngalakukeun hal-hal hébat, ngalakukeun hal-hal leutik ku cara anu saé" (Jika kamu tidak dapat melakukan hal-hal hebat, lakukan hal-hal kecil dengan cara yang hebat)

18. "Dinten ieu mangrupikeun kasempetan pikeun ngawangun énjing anu anjeun pikahoyong" (Hari ini adalah kesempatanmu untuk membangun hari esok yang kamu inginkan)

19. "Entong kaduhung naon anu ngajantenkeun anjeun seuri" ( Jangan pernah menyesali yang membuatmu tersenyum)

20. "Sadayana gaduh kaendahan, tapi teu sadaya jelema tiasa ningali" ( Segala sesuatu memiliki keindahan, tetapi tidak semua orang bisa melihat)

21. "Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok." (Harus punya tekad dan semangat yang pantang mundur)

22. "Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

23. "Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih." (Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut)

24. "Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu)

25. "Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing." (Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam)

26. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah." (Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah)

Baca Juga: Mengulik Keindahan Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Mitosnya

Kata-Kata Bijak Sunda Lucu

Perempuan Main Handphone

Foto: Perempuan Main Handphone (thesun.ie)

Berikut ini kata-kata bijak Sunda lucu yang cocok dikirimkan teman untuk menyemangati sekaligus menghibur.

27. "Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat." (Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.)

28. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean." (Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.)

29. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan." (Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.)

30. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh mie weh." (Sobat ingat hidup itu enggak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie aja.)

31. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar." (Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.)

32. "Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang." (Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.)

33. “Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.” (Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.)

34. “Maneh mah sedih mun maca buku novel tragedi, kuring mah sedih mun maca buku tabungan.” (Kamu tuh sedih pas baca buku novel tragedi, kalau aku sedih pas baca buku tabungan aku.)

35. “Ceuk Umi kudu loba sabar, ulah loba salto.” Kata Umi harus banyak sabar, jangan banyak salto.

36. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.” (Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri juga jarang ngobrol.)

37. "Sabar bro, rejeki mah nuturkeun, ngan kadang kasusah sok nyalip dina kenca" (Sabar bro, rejeki itu selalu ngikutin. Cuma kadang kesusahan suka nyalip dari sebelah kiri.)

Baca Juga: Pesona Pantai Pandawa, Destinasi Wisata Favorit Study Tour Sekolah dan Kampus

38. "Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas" (Aku jomblo bukan karena nggak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.)

39. “Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah.” (Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang )

40. “Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik.” (Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek)

41. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia" (Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

42. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro" (Susah kalo suka sama orang yang tidak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.)

43. “Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir.” (Terus aku harus gini, terus aku harus gitu, terus-terus emangnya aku ini tukang parkir.)

44. “Mulai sekaran, abdi mau nambulan semen biar strong.” (Mulai sekarang aku mau ngemil semen biar kuat.)

45. “Hese mah tong kabawa hees.” (Susah itu jangan dibawa tidur.)

46. “Tong nanya iraha kawin, engkeh gek apal lamun abdi ngulem.” (Jangan tanya kapan nikah, nanti juga tahu kalau saya undang.)

47. “Masalah mah tong diperpanjang, da lain STNK.” ( Masalah itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK. )

48. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.” (Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri juga jarang ngobrol.)

49. “Tetap menawan senajan ulin kaditu, ulin kadieu tanpa pasangan.” (Tetap menawan meskipun main kesana, main kesini tanpa pasangan.)

50. “Hidup ini simpel, jangan dibuat pagujudmuringkel jiga bulu kelek.” (Hidup ini simpel, jangan dibikin rumit dan keriting kaya bulu ketek.)

51. “Urang bageur ayeuna mah langka siga gas 3 Kg.” (Orang baik sekarang langka, seperti gas LPG 3 Kg.)

52. "Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna." (Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.)

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda: Sejarah, Tema, Pedoman Pelaksanaan Peringatan dan Cara Memaknainya

Kata-Kata Bijak Sunda Cinta

Perempuan Balas Chat

Foto: Perempuan Balas Chat (videohive.net)

Nah, kata-kata bijak Sunda cinta ini cocok untuk dikirimkan kepada pasangan.

Dijamin hubungan Moms dengan pasangan semakin dekat. Yuk simak.

53. "Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho" (Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa)

54. "Terkadang pami cinta geus melekat, ati ucing oge karasa nikmat siga coklat" (Terkadang kalau cinta sudah melekat, tai kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.)

55. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh." (Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

56. "Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan." (Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.)

57. "Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona." (Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang.)

58. “Urang tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr.” (Aku tanpamu, bagaikan nasi kuning hilang karetnya, ambyarrr.)

59. “Cinta neng ka aa moal leungit-leungit sanajan neng geus kawin deui.” (Cinta neng sama abang enggak akan hilang walau neng sudah kawin lagi.)

60. “Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho.” (Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa.)

61. “Mun boga kabogoh babari ambek, tangkeup tuluy ceulina harewosan: Ari sia turunan Angry Birds.” (Kalau punya pacar yang cepet marah, peluk terus bisikin ke kupingnya: Kamu itu keturunan Angry Birds.)

62. "Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil)." (Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang (ngikutin terus). )

Baca Juga: 10 Dampak Aborsi, Mulai dari Nyeri Panggul, Infeksi hingga Reaksi Emosional

Kata-Kata Bijak Sunda Lemes

Perempuan sedang Tertawa

Foto: Perempuan sedang Tertawa (Orami Photo Stock)

Kata-kata bijak Sunda lemes ini akan membuat Moms atau siapapun yang membacanya tertawa. Yuk kita simak.

63. “Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.” (Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.)

64. "Hirup mah ulah sok loba kahayang lur, komo deui lamun masih menta kakolot mah." (Hidup itu jangan banyak inginnya, apalagi masih minta sama orangtua.)

65. “Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan.” (Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.)

66. “Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.” (Aku jomblo bukan karena nggak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.)

67. "Sanajan urang jalma teu boga, tapi urang usaha. Daripada maneh jalma boga tapi menta ka bapa." ( Biarpun aku orang nggak punya, tapi aku usaha. Daripada kamu orang kaya, tapi minta sama bapak.)

68. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah." (Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.)

69. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan." ( Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.)

70. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun." ( Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.)

71. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia." ( Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

72. "Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur" ( Lebih baik menjomblo terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi dinikahin orang lain.)

73. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu." ( Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.)

Baca Juga: Mengenal 9 Wali Songo, Para Tokoh Penyebaran Ajaran Islam di Pulau Jawa

Kata-kata Bijak Sunda Kahuripan yang Penuh Motivasi

Bahagia

Foto: Bahagia

Kata-kata bijak Sunda kahuripan ini bisa menjadi pembangkit semangat bagi siapa saja yang sedang dilanda gundah gulana. Kahuripan yang berarti kehidupan.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai motivasi diri sendiri, tetapi kata-kata bijak Sunda kahuripan ini juga bisa dibagikan ke media sosial untuk penyemangat banyak orang lho.

Berikut kata-kata bijak Sunda kahuripan:

74. "Jagaan rasa cinta nu ku anjeun boga ayena. Sabab, cinta ibaratkeun jantung. Anjeun moal pernah bisa nyaho iraha eren na." (Jagalah cinta yang kamu miliki. Sebab cinta itu seperti jantung, kamu tidak akan pernah tahu kapan berhenti berdetak.)

75. "Aya kahayang bari henteu jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor." (Kalau ada kemauan tapi tak dibarengi usaha itu sama aja ngelawak.)

76. "Kagagalan tina hiji hubungan cinta nyaeta hal anu biasa. Wanci urang bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu luar biasa." (Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang sangat umum. Kita bisa bangkit dari kegagalan, yang berarti kita bisa menjadi orang yang luar biasa.)

77. "Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa." (Sekali kamu katakan tidak bisa. Maka di sana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa.)

78. "Misalkeuna aya jalmi anu nyengseurikeun urang, ulah bae ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan térus masihan jalan pikeun urang" (Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah pasti memberikan jalan untuk kita semua.)

79. "Lamun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawean." (Bila kamu menginginkan suatu yang belum pernah kamu miliki, maka kamu mesti lakukan satu hal yang belum pernah kamu kerjakan.)

80. "Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan." (Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan.)

Baca Juga: 4 Sifat Wajib Bagi Rasul Beserta Artinya yang Harus Diyakini dan Diteladani, Masya Allah!

Nah, itu dia Moms kata-kata bijak Sunda mulai dari kasar, lucu, cinta, hingga lemes.

Semoga kata-kata bijak Sunda di atas membantu pulihkan semangat Moms, ya!