Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN MENTAL
24 November 2022

5 Cara Melakukan Afirmasi Positif, Kunci Pikiran Tenang dan Perasaan Bahagia

Sayangi diri Moms dengan ucapan-ucapan positif kepada diri sendiri
5 Cara Melakukan Afirmasi Positif, Kunci Pikiran Tenang dan Perasaan Bahagia

Sering merasa cemas atau tidak percaya diri? Sepertinya Moms membutuhkan afirmasi positif untuk kesehatan mental lebih baik.

Terdengar cukup sering, tapi sejumlah orang masih belum mengetahui arti dari afirmasi yang positif ini.

Mari ketahui lebih dalam tentang afirmasi yang positif dan cara jitu menerapkannya ke dalam diri, Moms!

Mengenal Afirmasi Positif

Berpikir Positif

Foto: Berpikir Positif (Freepik.com/rawpixel-com)

Kecemasan, sama seperti stres, adalah penyakit mental yang telah mewabah. Ini terutama menyerang anak-anak muda zaman sekarang.

Bahkan, kita juga bisa mengalaminya apabila tidak dapat menyeimbangkan kesehatan mental, fisik, dan emosional.

Nah, adapun ini bisa dicegah dan diatasi dengan rangkaian afirmasi positif.

Berikut ini beberapa pengertian afirmasi yang positif menurut beberapa pendapat:

1. Penelitian Studi

Melansir dari laman MedicineNet, afirmasi positif didefinisikan sebagai pernyataan yang menegaskan sesuatu untuk menjadi kenyataan.

Artinya, ini digunakan untuk menghilangkan pikiran negatif yang dapat membebani mental seseorang.

Mempraktikkan afirmasi positif bisa sangat sederhana dan mudah, lho.

Sederhananya, afirmasi positif adalah ungkapan-ungkapan positif yang kita ucapkan pada diri sendiri untuk menghalau pikiran negatif yang menjatuhkan mental kita.

Baca Juga: 5 Cara Berpikir Positif untuk Mencegah Stres Sebagai Seorang Ibu

2. Kamus Psikologi

Ditilik dari teori psikologi, ini berhubungan dengan integritas diri yang merupakan kemampuan untuk melindungi diri ketika merasa terancam.

Bukan untuk menghibur diri semata, afirmasi positif membawa banyak keuntungan.

Contohnya adalah seperti mengurangi stres, terutama stres yang memperburuk kesehatan.

3. Pendapat Ahli

Menurut sejumlah ahli, afirmasi positif adalah cara yang efektif untuk introspeksi diri dan membantu untuk memahami situasi tertentu.

Terkait juga dengan prestasi akademik, afirmasi positif diketahui juga membantu anak-anak yang tertinggal prestasinya.

Apakah ucapan afirmasi positif sama dengan mantra?

Ternyata ada bedanya, Moms. Mantra lebih bersifat suci dan bermakna spiritual.

Sedangkan afirmasi positif menurut kamus psikologi dijelaskan sebagai frasa singkat yang tidak suci.

Artinya, ini tidak bermakna spiritual dan perlu diucapkan berulang kali untuk mendorong rasa bahagia.

Baca Juga: Kunci Bahagia, Ini 8 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Cara Melakukan Afirmasi Positif

Berpikir Tenang

Foto: Berpikir Tenang (Freepik.com/wayhomestudio)

Penulis dan pembicara Shannon Kaiser, melansir dari laman Spirituality & Health, membagikan kisahnya terkait afirmasi positif yang telah ia terapkan.

Berikut ini beberapa afirmasi positif yang bisa Moms ikuti:

1. Terbuka akan Diri Sendiri

Ketahui, bahwa afirmasi positif sederhana berawal dari diri sendiri.

Cobalah untuk mengucapkan kalimat positif seperti, "Kebutuhan saya selalu terpenuhi".

Moms tidak perlu menyiksa diri untuk bertahan di situasi yang sudah tak lagi menguntungkan.

Ketika hidup mulai terasa menegangkan, terbukalah dengan kepercayaan bahwa segala kebutuhan akan dipenuhi.

Baca Juga: Jangan Ragu Lagi, Ini 10 Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri

2. Mengikuti Suara Hati

Kepercayaan masing-masing kita tentu berbeda, semua terpengaruh dari beberapa hal, seperti:

Apapun pesan yang disampaikan, penting bagi Moms untuk tidak mengesampingkan kata hati.

Hal ini karena dari situlah sumber kebahagiaan dan sukses yang melimpah.

Tentu, ikuti kata hati ini menjadi afirmasi positif yang perlu diterapkan.

Baca Juga: 50 Kata-kata Ikhlas Sebagai Penguat Hati, Utarakan Perasaan Moms

3. Selalu Berpikir Positif

Mendengarkan Suara Hati

Foto: Mendengarkan Suara Hati (Freepik.com/wayhomestudio)

Untuk bisa berpikir positif, introspeksi diri adalah kunci. Periksalah keadaan diri dan coba pahami duduk pikiran dalam sebuah situasi.

Supaya bisa menemukan hasil yang memuaskan, jangan izinkan sedikitpun ruang untuk aura negatif.

Ingat, “Berpikir positif, hasilnya juga akan positif."

4. Pasti Ada Solusi

Ingat, hidup memang tidak selalu mulus dan terkadang ada sejumlah masalah menghampiri.

Meskipun begitu, kita harus selalu berpikir positif dengan yakin bahwa akan ada solusi tepat nantinya.

Setiap keadaan sedang sulit, afirmasi positif akan membawamu ke solusi yang lebih baik.

Cobalah yakini bahwa, "Setiap masalah sulit adalah jalan menuju kebesaran dalam diri saya.

Semua masalah adalah pertumbuhan dan bagian dari rencana hidup yang menyeluruh."

Baca Juga: 3 Doa Dijauhkan dari Masalah dan Keutamannya, Yuk Panjatkan!

5. Terkoneksi dengan Emosional

Rasa sedih, depresi dan sakit hati adalah pengingat kecil untuk Moms lebih peka terhadap emosi diri sendiri.

Artinya, perlu untuk terhubung dengan batin dan emosional dalam diri.

Cobalah untuk percaya afirmasi positif ini,

"Saya terhubung dengan emosi dan dapat merasakannya sepenuhnya.

Setiap bagian dalam hidup yang terasa menyakitkan adalah kesempatan bagi saya untuk lebih mengenal diri sendiri.

Saya bisa merenungkan rasa sakit dan mengetahui apa yang perlu diubah."

Itulah pengertian afirmasi positif dan beberapa rangkaian kalimatnya. Jadi, doronglah suasana hati yang baik dari diri sendiri Moms, ya.

Jangan lupa bersyukur dan berbahagia!

  • https://www.medicinenet.com/what_are_examples_of_positive_affirmations/article.htm#
  • https://www.spiritualityhealth.com/articles/2021/03/02/16-affirmations-for-surrender-and-trust