Keluarga

26 April 2020

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah

Selalu menyalahkan orang lain bisa menjadi cirinya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Masalah kepercayaan diri yang rendah pada anak dapat mengembangkan sikap negatif, bahkan dapat melukai dirinya sendiri karena itu.

Beberapa fakta menunjukkan peningkatan signifikan dalam kasus kepercayaan diri yang rendah pada anak di zaman modern ini, persaingan ketat dalam berbagai aspek menyebabkan anak memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Dilansir dari Kids Health, ciri-ciri anak-anak dengan kepercayaan diri rendah ialah merasa tidak yakin pada diri mereka sendiri, mereka berpikir orang lain tidak akan menerimanya, sehingga mereka memilih untuk tidak bergabung.

Anak-anak yang menghadapi masalah ini akan merasa lebih rendah dari teman sebayanya, karena mereka menilai dirinya tidak mampu berprestasi dan lebih unggul di ujian konvensional.

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah

Untuk itu, sangat penting bagi Moms menyadari tanda-tanda dan segera mengambil tindakan yang benar untuk mengatasinya. Berikut ciri-ciri anak dengan rasa percaya diri rendah yang patut diperhatikan.

1. Lebih Banyak Menghindar

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah  1.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms merasa Si Kecil terus-menerus menghindari situasi menantang atau bahkan kompetisi persahabatan, kemungkinan besar terdapat masalah kepercayaan dalam dirinya. Karena mereka tidak percaya bahwa mereka dapat menang dan justru merasa malu pada kemampuan mereka sendiri.

Ketakutan akan kegagalan yang besar dapat mencegah Si Kecil mengambil bagian dalam hal-hal yang bersifat kompetitif bahkan menghindarinya. Untuk itu, Moms perlu waspada terhadap tanda ini.

Baca Juga: Anak Sering Minder? Yuk Bantu Bangun Kepercayaan Dirinya

2. Berperilaku Tidak Matang

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah  2.jpeg

Foto: unsplash.com

Apakah Si Kecil sering terkena bullying di sekolah? Bisa jadi hal ini terjadi karena mereka menunjukan perilaku yang tidak dewasa atau bersikap kekanak-kanakan di sekolah.

Mereka secara tidak sadar memproyeksikan dirinya seperti bayi yang berbeda dari teman sebayanya. Hal inilah yang memicu terjadinya tindakan bullying yang semakin merusak kepercayaan dirinya.

3. Selalu Menyalahkan Orang Lain

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah 3.jpg

Foto: freepik.com

Anak-anak yang memiliki masalah pada kepercayaan diri akan lebih mudah menuduh orang lain daripada menerima kesalahannya sendiri. Mereka mencoba menyalahkan orang lain dan percaya bahwa kegagalan mereka bukan kesalahannya.

Hal ini dapat dipicu oleh guru yang kasar serta orang tua yang tidak cukup perhatian, dan lain-lain. Rasionalisasi ini akan membuat mereka mudah menyerah dan tidak maju.

Baca Juga: Anak Percaya Diri Saat di Rumah Tapi Pemalu di Luar, Kenapa Bisa Terjadi?

4. Keterampilan Sosial yang Buruk

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah 4.jpeg

Foto: unsplash.com

Rasa kepercayaan diri yang rendah akan membuat Si Kecil lebih sering mengisolasi diri secara sosial, melakukan interaksi dengan orang lain seusianya akan menambah rasa gagal dan kurang berprestasi dalam diri mereka.

Karena itulah mereka menarik diri secara sosial dan berhenti bermain dengan teman-teman, sehingga mereka tidak merasakan rasa gagal yang ekstrim.

5. Prestasi Akademik yang Memburuk

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah 5.jpeg

Foto: unsplash.com

Moms, kepercayaan diri pada anak dapat sangat berpengaruh pada kinerja akademiknya di sekolah atau kegiatan lainnya.

Mereka benar-benar tidak berminat pada hal-hal serius seperti belajar, ekstrakulikuler atau kegiatan lainnya. Sekolah hanya menjadi tempat persinggahan baginya, karena ia sebenarnya tidak nyaman berada di sekolah.

6. Mudah Stres

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah 6.jpeg

Foto: unsplash.com

Ciri-ciri anak dengan rasa percaya diri rendah lainnya ialah Si Kecil sering menunjukkan perubahan suasana hati yang drastis. Suatu saat mereka akan tampak bahagia, di saat berikutnya mereka akan tampak benar benar hancur dan mulai menangis. Anak-anak dengan tanda seperti ini bisa jadi pertanda sedang menderita depresi yang ekstrim.

Jika Moms mendapati Si Kecil yang duduk sendirian, makan lebih sedikit, tidak mau berbicara atau keluar rumah, hal itu dapat terjadi karena depresi mereka. Untuk itu, Moms perlu segera melakukan pendekatan yang lebih pada Si Kecil, segeralah bawa mereka ke psikolog jika kondisinya semakin memburuk.

Baca Juga: 5 Manfaat Main Balok untuk Anak, Bisa Bikin Percaya Diri!

7. Mengontrol Sikap di Rumah

Ciri-ciri Anak dengan Rasa Percaya Diri Rendah 7.jpg

Foto: freepik.com

Anak-anak yang menderita kepercayaan diri rendah akan menunjukan sikap suka memerintah dan mengendalikan di rumah, sikap mereka adalah upaya untuk menutupi rasa kekalahan, ketidakberdayaan, serta kegagalan yang mereka rasakan dalam diri mereka. Sebaliknya, di luar rumah ia akan kembali pada sikapnya yang diam dan acuh pada dunia sekitar.

Moms perlu memperhatikan ciri-ciri anak dengan rasa percaya diri rendah, sebab sikap tersebut dapat berupa hubungan dengan dunia sekitar atau dalam situasi tertentu. Ketika mereka melakukan pola perilaku yang berulang, Moms harus peka terhadap keberadaan masalah dan segera mengatasinya.

Karena rasa kepercayaan diri yang rendah selama masa kanak-kanak dapat sangat berpengaruh pada kehidupan Si Kecil di kemudian hari. Untuk itu, harus segera diperbaiki sedini mungkin.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait