Parenting

PARENTING
26 Oktober 2020

Seru, Ini 4 Ide Playdate Indoor untuk Balita

Salah satunya bisa coba membuat playdough lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Daftar isi artikel

Playdate di antara balita adalah hal yang sangat menggemaskan. Jika sudah bermain dengan teman seumurannya, para balita akan terlihat bersemangat, saling tertawa, dan bermain dengan asik.

Sayangnya di masa pandemi virus corona (COVID-19) ini, playdate tidak bisa dilakukan untuk mencegah kita dan anak terinfeksi COVID-19. Alhasil, anak harus terus berdiam diri di rumah dan melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk bermain.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Moms Harus Menunda Playdate selama Pendemi

Nah, untuk Moms yang mungkin ingin memberikan playdate untuk anak di area indoor tapi bingung apa yang harus diberikan, bisa coba beberapa ide di bawah ini ya Moms.

Ide Playdate Indoor

Apa saja permainan untuk playdate indoor yang bisa diberikan untuk Si Kecil? Simak di bawah ini yuk, Moms.

1. Ajak Anak Bermain Kelas Memasak

ide playdate indoor

Foto: Orami Photo Stock

Anak-anak senang menggunting sesuatu. Hal ini membuat mereka merasa diberi kesempatan untuk melatih kemampuan motorik anak. Cobalah ajak anak bermain kelas memasak dan biarkan mereka membuat makanan yang disukai, misalnya bento roti yang mudah.

Moms hanya butuh roti tawar, lalu selai cokelat atau stroberi yang disukai anak, keju, dan nori. Jangan lupa berikan anak talenan plastik dan pisau plastik juga ya Moms. Biarkan mereka memotong bahan-bahannya sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Moms bisa membantunya memberikan arahan. Pasti kegiatan ini akan terasa menyenangkan, apalagi jika dilakukan di halaman belakang rumah yang terang.

Baca Juga: Ingin Mulai Mengajari Anak Memasak? Begini Aturannya, Moms!

2. Ajak Anak Membuat Lukisan

ide playdate indoor

Foto: Orami Photo Stock

Ide ini merupakan indoor playdate paling mudah yang bisa dilakukan. Moms hanya perlu menyiapkan kertas gambar, crayon atau pensil warna, dan pensil. Biarkan anak berkarya dengan imajinasinya.

Hasilnya, Moms akan melihat karya seni indah yang mungkin bisa dipajang di kamar atau ruang tamu keluarga.

3. Membuat Playdough Sendiri

ide playdate indoor

Foto: Orami Photo Stock

Apa mainan yang paling murah dan mudah untuk dibeli? Playdough! Tapi tahukah Moms bahwa kita bisa membuatnya sendiri di rumah lho?

Membuat playdough sendiri adalah ide playdate indoor yang menyenangkan. Selain itu, buatan sendiri juga bisa ditambahkan beberapa bahan tambahan sesuai selera kita, seperti menambahkan minyak esensial favorit misalnya. Moms akan mendapatkan playdough dengan bau yang menenangkan.

Baca Juga: Resep DIY Playdough, Yuk Coba Bareng Si Kecil!

4. Menari Bersama Anak

ide playdate indoor

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada yang lebih menggemaskan daripada menyaksikan anak-anak menari. Moms bisa putar lagu-lagu yang disukai Si Kecil, lalu biarkan mereka bergoyang mengikuti iramanya.

Meluangkan sedikit waktu untuk menari juga bisa menjadi penghilang stres yang baik lho, Moms.

Itu dia beberapa ide playdate indoor yang bisa Moms terapkan. Dicoba bersama anak di rumah ya Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait