Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
01 Juni 2022

Serba-Serbi Penangkaran Rusa Cariu, Serunya Bermain di Alam Bebas!

Yuk, melihat rusa lebih dekat!
Serba-Serbi Penangkaran Rusa Cariu, Serunya Bermain di Alam Bebas!

Foto: instagram.com/wanawisatarusa

Penangkaran Rusa Cariu merupakan salah satu ide destinasi yang bisa Moms kunjungi saat tanggal merah atau akhir pekan, lho! Sesuai dengan namanya wisata ini menawarkan pesona hewan rusa.

Menariknya Penangkaran Rusa Cariu sendiri dikelola oleh Perhutani sebagai kawasan wisata yang bisa dikunjungi siapa saja, terlebih untuk wisata edukasi bagi Si Kecil.

Tempat wisata ini berada di Kabupaten Bogor yang tidak terlalu jauh dari perkotaan. Bahkan termasuk ke dalam tempat wisata yang unik, lho Moms karena setiap pengunjung bebas berinteraksi dengan rusa yang ada.

Tapi Moms jangan khawatir semua rusa disini bisa dipastikan jinak, jika Moms tetap ragu, Moms bisa minta pendamping dari pengurus tempat ini.

Yuk, Moms sebelum berkunjung simak dulu serba-serbi Penangkaran Rusa Cariu di sini!

Baca Juga: 3+ Destinasi Wisata Kawasan Pantai Marunda, dari Pantai hingga Museum!

Sejarah Singkat dan Lokasi Penangkaran Rusa Cariu

penangkaran rusa

Foto: penangkaran rusa (https://www.bogorraincake.com/2018/03/15/wisata-bogor-terfavorit-keluarga/)

Foto: bogorraincake.com

Moms, ternyata Penangkaran Rusa Cariu sudah berdiri selama 29 tahun lho, di mana tempat ini berdiri sejak 1993 dan berada di bawah naungan Perum Perhutani Unit III.

Menariknya, lokasi ini mulanya tidak dikhususnya untuk penangkaran rusa, melainkan dijadikan tempat sebagai penelitian. Seiring berjalannya waktu, di 2003 tempat ini diberikan izin untuk tujuan wana wisata.

Lalu di 2006, penangkaran ini di bawah kawasan RPH Cariu, BKPH Jonggol, dan KPH Bogor.

Penangkaran Rusa Cariu dikenal juga dengan Penangkaran Giri Jaya dengan luas sebesar 8,4 hektar dan termasuk ke dalam lokasi kawasan Gunung Sanggabuana.

Baca Juga: Serba-Serbi White Sand Beach PIK, Wisata Pantai Gratis di Tengah Kota!

Penangkaran Rusa Cariu berada di Kabupaten Bogor dan dari Bogor sendiri membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa sampai ke tempat penangkaran rusa ini.

Jika dari Jakarta, Moms bisa melewati tol Cibubur-Mekarsari dan dilanjutkan dengan Jonggol-Tamansari, barulah Moms bisa tiba di Penangkaran Rusa Cariu.

Agar lebih mudah, Moms perlu mencari Taman Buah Mekarsari terlebih dahulu, dari situ Moms akan dengan mudah menemukan lokasi penangkaran rusa, namun jaraknya masih terbilang cukup jauh.

Penangkaran Rusa Cariu berdekatan dengan Heaven Memorial Park yang berada di Jonggol. Moms juga tidak perlu cemas, karena lokasi ini sudah ada di aplikasi Google Maps.

Baca Juga: Serba-Serbi Wisata Mangrove PIK, Menikmati Keindahan Hutan di Tengah Kota!

Aktivitas di Penangkaran Rusa Cariu

Setelah Moms mengetahui lokasi dan sejarah singkat dari tempat wisata ini, yuk cari tahu kegiatan yang bisa Moms lakukan di Penangkaran Rusa Cariu!

Tempat wisata ini dibangun dan dikelola oleh pemerintah, sehingga aktivitas yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

Beberapa aktivitas ini bisa Moms coba ketika sudah sampai di lokasi.

1. Bermain dengan Aneka Jenis Rusa

Penangkaran Rusa Cariu

Foto: Penangkaran Rusa Cariu (https://jejakpiknik.com/penangkaran-rusa-cariu/)

Foto: jejakpiknik.com

Sudah pasti Moms akan bertemu dengan aneka jenis rusa, ya! Area sebesar 8,4 hektar ini menampung banyak jenis rusa dan sekaligus menjadi tempat tinggal para rusa.

Jenisnya sendiri mulai dari Rusa Bawean, Rusa Totol, hingga Rusa Timor. Seperti yang sudah disinggung di atas, Moms tidak perlu cemas, rusa di sini jinak dan ramah pengunjung.

Kawasan ini bisa dibilang sangat terbuka dengan lahan hijau sehingga banyak sekali sentuhan alam. Namun beberapa spot terdapat pagar yang tidak bisa dilewati karena bertujuan agar rusa tidak hilang dan kabur.

Moms juga boleh, lho membawa sayur-sayuran untuk diberikan kepada rusa, tapi usahakan tidak memberikan makanan lain, ya Moms agar rusa bisa tetap sehat.

Tidak jarang juga lokasi ini menjadi tempat foto pre-wedding bersama rusa-rusanya, hingga pemotretan lainnya. Menarik sekali, ya Moms!

Baca Juga: Kuntum Farmfield Bogor, Wisata Edukasi Alam Seru untuk Si Kecil

2. Camping dan Outbond

Permainan outbond memang sangat menarik bagi anak-anak ya, Moms selain melatih keberanian Si Kecil, bermain outbond juga bisa melatih ketangkasannya.

Selain outbond, Moms juga bisa camping di penangkaran ini. Lahan yang disediakan pun khusus untuk camping saja, Moms. Tentunya aktivitas ini sangat cocok untuk keluarga.

Lokasi campingnya sendiri bisa menampung sebesar 200 orang. Jadi jika Moms ingin membawa keluarga besar pun, tentunya bisa!

3. Area Bermain Anak

Walaupun semua tempat yang ada di sekitar Penangkaran Rusa Cariu sangat ramah anak-anak, tidak ketinggalan juga untuk area bermain anak-anak.

Tidak hanya area bermain, bahkan ada kolam renang kecil yang cocok untuk anak-anak, lho Moms!

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Pulau Semak Daun, Kepulauan Seribu, Bisa Snorkeling dan Camping!

4. Hunting Foto

penangkaran rusa di bogor

Foto: penangkaran rusa di bogor (https://indonesiatraveler.id/penangkaran-rusa-cariu-menghibur-diri-bersama-rusa/)

Foto: indonesiatraveler.id

Tidak lengkap jika berwisata tanpa befoto, ya Moms! Di seluruh area Penangkaran Rusa Cariu, Moms bisa mengambil foto sebebas mungkin bahkan dengan rusa sekalipun.

Tidak hanya berfoto dengan rusa, Moms juga bisa berfoto di area hutan yang dilengkapi dengan hammock atau hiasan-hiasan lainnya yang bisa mempercantik foto Moms.

Baca Juga: 7+ Tempat Makan Keluarga di Bandung, Bisa Dijadikan Tempat Wisata!

Tips Berkunjung Penangkaran Rusa Cariu

penangkaran rusa cariu di bogor

Foto: penangkaran rusa cariu di bogor (https://jejakpiknik.com/penangkaran-rusa-cariu/)

Foto: jejakpiknik.com

Nah, sebelum Moms berkunjung pastikan ikuti tips berikut, ya agar lebih siap berpetualang!

  • Jangan memakai sendal jepit, mengingat ini merupakan wisata alam jadi bisa dipastikan Moms akan bertemu dengan medan alam yang mungkin berbahaya jika menggunakan sendal jepit.
  • Datang di waktu yang tepat, Penangkaran Rusa Cariu buka dari pukul 08.00 - 17.00.
  • Siapkan uang untuk tiket masuk, lokasi ini membutuhkan biaya masuk sebesar Rp20.000.
  • Gunakan kendaraan pribadi, lokasi yang cukup dalam sehingga sulit untuk dijangkau oleh kendaraan umum seperti kereta ataupun bus. Jadi, agar lebih nyaman, bawa kendaraan pribadi, ya Moms.

Nah itu dia Moms, serba-serbi Penangkaran Rusa Cariu yang bisa Moms kunjungi bersama Si Kecil sambil belajar tentang alam!