Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
30 Mei 2022

Serba-Serbi Wisata Mangrove PIK, Menikmati Keindahan Hutan di Tengah Kota!

Sambil ajak Si Kecil, yuk Moms
Serba-Serbi Wisata Mangrove PIK, Menikmati Keindahan Hutan di Tengah Kota!

Foto: jakartamangrove.id

Moms, jalan-jalan di tanggal merah atau di akhir pekan memang sangat dinanti-nanti, ya! Terlebih, kawasan Pantai Indah Kapuk kini menjadi primadona. Moms sendiri pernah mengunjungi wisata Mangrove PIK?

Jika Moms mengunjungi PIK, Moms akan menemukan White Sand Beach di PIK 2 dan juga pastinya Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk.

Biasanya wisata ini lebih dikenal dengan Hutan Mangrove PIK. Di dalam lokasi ini terdapat ekosistem mangrove dan habitat burung air.

Lokasi wisata ini tentunya sangat menarik wisatawan, ya Moms. Sebab lokasi yang berada di tengah kota bahkan di antara gedung-gedung tinggi, Moms bisa menikmati pemandangan alam yang mungkin jarang ditemukan di perkotaan.

Kawasan konservasi alam mangrove memiliki luas sebesar 99,82 Ha yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam, lho Moms.

Yuk, intip serba-serbi wisata Mangrove PIK, di sini!

Baca Juga: Serba-Serbi Pantjoran Pantai Indah Kapuk, Wisata Pecinan di Jakarta!

Mengenal Wisata Mangrove PIK dan Harga Tiket

serba serbi wisata mangrove PIK

Foto: serba serbi wisata mangrove PIK (https://www.jakartamangrove.id/)

Foto: jakartamangrove.id

Nah, sebelum Moms Mengetahui apa saja yang ada di dalam Mangrove PIK, yuk mengenal Mangrove PIK terlebih dahulu.

Melansir dari Jakarta Mangrove, kawasan ini dulunya digarap oleh puluhan penambak liar, lho Moms, kemudian mulai direstorasi pada tahun 1998.

Kawasan yang mulanya hutan, menjadi area tambak ikan tentunya tidak hanya menghilangkan pepohonan tapi juga merusak alam dan ekosistem mangrove.

Setelah upaya 12 tahun untuk mengembalikan ekosistem dan membersihkan kawasan ini dari penggarap ilegal, akhirnya Mangrove PIK kembali dengan nama TWA Angke Kapuk yang diresmikan pada 25 Januari 2010 oleh Menteri Kehutanan.

Seperti yang Moms ketahui, bisa dikatakan Jakarta merupakan lokasi padat penduduk yang disertai dengan tingginya tingkat polusi udara. Maka tidak jarang lahan hijau pun sulit ditemui di ibu kota.

Hutan Mangrove memang dikenal dapat meredam gelombang besar seperti tsunami, tapi mangrove juga bisa menyerap karbondioksida 5 kali lebih banyak dari hutan tropis di dataran tinggi.

Bahkan kini hutan mangrove menjadi tempat habitat dan naungan untuk para jenis hewan liar. Selain untuk menaungi hewan liar, lokasi ini kerap dikunjungi anak-anak sebagai wisata edukasi, lho Moms!

Harga tiketnya sendiri berbeda-beda tergantung dari setiap kegiatan yang ingin Moms lakukan. Harga tiket masuknya sendiri dikenakan sebesar Rp30.000 untuk dewasa di hari biasa dan Rp35.000 di akhir pekan.

Sementara itu, harga tiket untuk anak-anak usia 1 hingga 12 tahun mulai dari Rp15.000 di hari biasa dan Rp20.000 di akhir pekan. Sedangkan untuk warga negara asing dikenakan tarif Rp125.000 di hari biasa dan Rp175.000 di akhir pekan.

Baca Juga: 10 Perlengkapan Rekreasi Anak TK yang Penting Dibawa saat Wisata dan Study Tour

Kegiatan Wisata Mangrove PIK

Banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di tempat wisata Mangrove PIK selain menyusuri keindahan alam dan hutannya, lho Moms!

Ini dia beberapa kegiatan yang dapat Moms temui di dalam.

1. Wisata Air

fasilitas mangrove pik

Foto: fasilitas mangrove pik (https://www.jakartamangrove.id/)

Foto: jakartamangrove.id

Wisata air yang disediakan cukup beragam, Moms seperti speedboat, perahu dayung, perahu dayung, sepeda air kodok, dan perahu kano.

Masing-masing kegiatan wisata air dipatok dengan harga yang berbeda.

  • Speedboat
    Rp350.000 6 Orang/perahu
    Rp450.000 8 Orang/perahu
  • Perahu Dayung
    Rp100.000/unit (maks. 4 orang)
  • Sepeda Air Kodok
    Rp100.000/unit
  • Perahu Kano
    Rp100.000/unit

Dengan mencoba wisata air, Moms dan Si Kecil bisa menikmati dan menjelajahi area hutan Mangrove PIK. Untuk mendapatkan tiketnya sendiri, Moms bsia membelinya secara on the spot.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Pantai Ngandong, Wisata Alam Yogyakarta yang Eksotis!

2. Penanaman dan Konservasi

menanam mangrove

Foto: menanam mangrove (https://www.jakartamangrove.id/)

Foto: jakartamangrove.id

Tidak hanya untuk berwisata, tapi pengelola wisata Mangrove PIK memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk turut memelihara dan melestarikan hutan mangrove dengan ikut menanam mangrove.

Siapa saja bisa ikut serta dalam proses penanaman dan tidak terbatas oleh usia. Jadi tidak hanya Si Kecil, Moms pun bisa merasakan kedekatan dengan alam.

Untuk bisa menanamnya, Moms akan dikenakan biaya sebesar

  • Penanaman Mangrove
    Rp150.000/pohon
  • Penanaman Nostalgia
    (1 pohon bibit mangrove dan papan nama)
    Rp500.000/paket

Baca Juga: Kuntum Farmfield Bogor, Wisata Edukasi Alam Seru untuk Si Kecil

3. Tour Mangrove

tour mangrove

Foto: tour mangrove (https://www.jakartamangrove.id/)

Foto: jakartamangrove.id

Tentunya kegiatan ini yang wajib dilakukan setiap berkunjung ke Mangrove PIK. Sebab semua yang berkunjung ke sini memang bertujuan untuk menjelajah hutan mangrove di tengah kota.

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan speedboat selama 30 menit dengan pengunjung lainnya. Setiap pengunjung akan ditemani dengan pemandu wisata untuk menjelajahi kawasan rawa dan hutan.

Tapi untuk bisa menikmati kegiatan ini, minimal peserta tour 4 orang dan dikenakan tarif Rp175.000 setiap orangnya. Jika kurang puas, Moms bisa menambahkan waktu tournya, namun tentunya dengan biaya tambahan.

Baca Juga: 6 Wisata Sungai Aare, Lokasi Wisata di Swiss dengan Sejuta Keindahan

4. Penginapan

penginapan di mangrove pik

Foto: penginapan di mangrove pik (https://www.jakartamangrove.id/)

Foto: jakartamangrove.id

Mangrove PIK juga menyediakan fasilitas penginapan, lho Moms. Tidak hanya 1 jenis penginapan, melainkan mulai dari tenda, vila, vila bertingkat hingga vila khusus honeymoon.

Setiap jenis penginapan yang disediakan, dikenakan tarif yang berbeda-beda. Harga meningapnya sendiri mulai dari Rp150.000 per malam, dengan jenis penginapan tenda non AC.

Hingga, Rp5.000.000 dengan tipe penginapan rumah bentang dengan fasilitas yang sangat lengkap, seperti 10 kamar tidur AC, 8 kamar mandi shower, hingga ruang pertemuan yang bisa menampung 20 sampai 30 orang.

Nah itu dia Moms serba-serbi wisata Mangrove PIK yang berlokasi di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk
Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi dengan Si Kecil lho Moms, agar Si Kecil lebih mengenal alam dan berbagai jenis hewan air lainnya.

  • https://www.jakartamangrove.id/
  • https://www.instagram.com/twa_mangrove/?hl=en