Parenting Islami

9+ Pesantren di Bekasi dengan Fasilitas Terbaik untuk Si Kecil

Ada yang mengajarkan ilmu kewirausahaan juga lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Selain sebagai tempat untuk mendidik para santri, pesantren juga memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Termasuk dari beberapa pesantren di Bekasi ini. Sebab, salah satu keutamaan dari pesantren adalah harus memberi manfaat bagi masyarakat.

Peneliti di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro menunjukkan bahwa pondok pesantren Darul A’mal memiliki beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan nilai religius di dalam masyarakat.

Antara lain khataman akhiru sannah, pelatihan hadrah, pengajian ibu-ibu, jumat bersih bahtsu almasail dan pengajian dalam memperingati hari besar Islam. Ini menjadi cara yang dapat digunakan dalam mensyiarkan agama Islam di tengah masyarakat.

Bekasi yang merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat, memiliki banyak kategori pesantren, dari pesantren salafi hingga modern. Banyak peminatnya juga dari luar daerah tersebut, karena memiliki keunggulan yang diharapkan bisa diterapkan pada anak mereka.

Baca Juga: 5+ Pesantren di Tasikmalaya Terbaik untuk Pendidikan Agama Si Kecil, Catat!

Deretan Pesantren di Bekasi

10 Pesantren di Bekasi -1.jpg

Foto: Pesantrentahfidz.com

Bekasi termasuk kawasan propinsi Jawa Barat. Wilayah bersejarah ini memiliki kota administratif di Cikarang. Pondok pesantren di Jawa Barat, khususnya Bekasi mengusung pendidikan salaf dan modern.

Tahfidz Alquran juga merupakan program wajib bagi semua pesantren di Bekasi. Sehingga, selain mendapatkan pendidikan agama yang mumpuni, juga melatih kemandirian, hingga kemampuan akademik yang lebih baik.

Di bawah ini adalah beberapa referensi pesantren di Bekasi yang bisa dipilih sebagai lembaga pendidikan untuk Si Kecil.

1. Pesantren Al Istighotsah Setu

Pesantren ini merupakan lembaga Islam yang dikalim sebagai yang terbaik di Bekasi. Sebab, pesantren ini menggabungkan sistem pengajaran salaf dengan modern secara baik. Selain itu, fasilitas penunjang yang disediakan untuk para santri juga lengkap.

Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan dari MI (SD) hingga Aliyah (SMA). Sedangkan pendidikan non formalnya hanya Majelis Taklim dan Tahfidz Quran. Ini juga dipadukan dengan kajian rutin sehabis subuh bersama masyarakat sekitar.

Selain pendidikan agama, salah satu pesantren di Bekasi ini mendidik para santri berwirausaha dan mengajarkan kesenian. Di antaranya memiliki koperasi santri, juga latihan hadrah dan qiroah. Pesantren yang juga melatih jurnalistik ini berada di Gardu Sawah Kali Jaya Cikarang Barat, Bekasi.

2. Pesantren Yapink Bekasi

Pesantren Yapink adalah nama lain dari lembaga Islam El Nur El Kasysyaf. Ini merupakan pondok pesantren tradisional yang telah berdiri sejak 1969, dan juga telah mencetak banyak santri yang berkualitas.

Saat ini, pesantren di Bekasi ini memiliki lembaga pendidikan formal yang lengkap. Bahkan hingga membangun perguruan tinggi Islam yang bernama INISA. Fasilitas pembelajaran juga terus diperbaharui untuk menunjang proses belajar para santri.

Ada juga cafetaria untuk santri yang ingin makan sehabis sekolah atau kuliah di lingkungan pesantren tersebut. Pesantren yang memiliki laboratorium bahasa ini berada di Jl Sultan Hasanudin 220 Tambun Selatan, Bekasi.

3. Pesantren Nur El Fadilah

Pesantren yang berafiliasi ke NU ini menjadi pondok kaderisasi nahdiyin di Bekasi. Di pesantren ini, santri dididik ilmu agama sekaligus adab. Karena falsafah pondok mengatakan santri yang baik adalah santri yang santun kepada kedua orang tua, para guru serta alim ulama.

Mengusung sistem ajar terpadu antara salaf dan khalaf, pesantren ini tidak hanya mengajarkan kitab kuning dan bahasa arab saja, namun ada juga materi pelajaran lain seperti biologi dan bahasa Inggris yang juga diajarkan.

Selain itu, ada juga pendidikan kewirausahaan seperti pertanian dan pertukangan sebagai bekal bagi para santri agar lebih berbakat dan terampil. Pesantren yang rutin Bahtsul Masail dan taklim ini berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, Kecamatan Cikarang Barat, Bekasi.

Baca Juga: Mama Ingin Melanjutkan Pendidikan? 5 Hal Ini Wajib Jadi Pertimbangan

4. Pesantren Nurul Huda Bekasi

10 Pesantren di Bekasi -2.jpg

Foto: Laduni.id

Daftar pesantren di Bekasi selanjutnya adalah pesantren Nurul Huda. Pesantren yang bertitel pesantren modern yang telah memiliki jenjang pendidikan RA dan MI ini berlokasi di Jl Kojengkang Cikaregeman Setu Bekasi.

Pada 2012 yang lalu, pengelola juga telah membangun SMK jurusan teknik dan komputer. Hal ini untuk mencetak santri yang tidak hanya mumpuni dalam urusan agama, tapi juga terampil dan memiliki wawasan luas serta ilmu informasi teknologi.

Pondok yang dibangun di tanah seluas 2 hektar ini selain memiliki bangunan untuk belajar, ada juga fasilitas lain seperti kopontren, lapangan futsal dan juga lapangan voli. Selain itu, ada juga aula khusus membaca sholawat Ad Dibai secara berjamaah.

5. Pesantren An-Nida Al Islami

Pesantren An-Nida Al Islami dulunya adalah pondok salaf. Karena perintisnya adalah ulama kharismatik Bekasi Syekh Muhammad Muhadjirin Amsar Addary, yang telah menghasilkan kitab-kitab berbahasa arab.

Kini, pesantren tersebut telaah menerapkan sistem pendidikan terpadu. Salah satu pesantren di Bekasi ini memiliki jenjang pendidikan formal dari MI hingga Aliyah hingga perguruan tinggi Islam. Pesantren yang menggodok pembelajaran tiga bahasa ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda 124 A, Kota Bekasi.

6. Pesantren Al-Hassan Bekasi

List pesantren di Bekasi selanjutnya adalah Pondok Pesantren Al-Hassan, yang terletak di Jalan Jambu Ujung, Pondok Gede, Bekasi. Ini merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam dengan sistem modern dalam menyiapkan bibit ulama dan pemimpin.

Di sini menyelenggarakan program Tahfidz 30 juz dan juga program pengajaran bahasa Arab secara integral. Selain itu, pesantren ini memiliki kurikulum terpadu untuk melatih kepemimpinan. Program pendidikan umum juga diintegrasikan dengan sistem pesantren.

Pesantren ini juga peduli lingkungan hidup yang terlihat dalam beberapa programnya seperti membuat ratusan biopori, sumur resapan, hingga daur ulang sampah. Ada juga program ekstrakurikuler yang dapat dipilih sesuai dengan bakat dan minat santri.

7. Pesantren Islam Daarussunnah

Pesantren Islam Daarussunnah-Bekasi memiliki jenjang pendidikan TK, Sekolah Dasar Tahfidz Al-Qur’an (SDTA), Rumah Qur’an, Ma’had Tahfidz, Kajian Nilai Dasar Islam (KNDI) dan Tahfidz Excellent. Pesantren ini memiliki tenaga pengajar yang berkualitas, memiliki pengalaman dan berdedikasi tinggi.

Terdapat asrama bagi para santri dan mahasantri agar bisa terlihat perkembangannya. Pesantren di Bekasi ini menyediakan Unit Kesehatan Pesantren, perpustakaan, kantin, ruang kelas, lapangan olahraga dan lingkungan yang asri dan alami demi kenyamanan dan kesejahteraan para santri dan mahasantri.

Baca Juga: 8 Pondok Pesantren di Semarang, Seimbangkan Ilmu Agama dan Dunia

8. Pesantren Tahfizh Al Hunafa

10 Pesantren di Bekasi -3.jpg

Foto: Sekolahsunnah.com

Berada di bawah Yayasan Islam Al Hunafa, pesantren di Bekasi ini berdiri pada 2014 dan berlokasi di Ruko Cileungsi Bogor serta memiliki tanah wakaf di Setu, Bekasi. Pesantren ini memiliki lokasi lainnya seperti Pesantren Tahfizh Al Hunafa Putra (MA dan MTs) berada di Setu Bekasi.

Lokasi lainnya yakni Pesantren Tahfizh Al Hunafa Putri Mts berada di Pasir Angin Cileungsi, Pesantren Tahfizh Al Hunafa Putri Intensif berada di Kranggan Bekasi, dan Pesantren Tahfizh Putri SMA di Pedurenan Bekasi.

Pesantren ini memiliki kurikulum yang memadukan antara Kementerian Agama dan pesantren dengan prioritas lebih kepada Tahfizhul Qur’an. Ada juga materi yang diberikan berupa bahasa Arab, pemahaman ilmu syar’i, dan ilmu umum lainnya.

9. Pesantren Miftahul Ulum

Pesantren yang berlokasi di tanah wakaf seluas kurang lebih 3300 meter persegi di Bekasi Timur ini telah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM di bidang keagamaan, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap berpegang teguh kepada Alquran dan as-Sunnah.

Memiliki pendidikan berjenjang mulai tingkat RA hingga MA, pesantren di Bekasi ini juga telah meraih beragam prestasi mulai dari tingkat lokal hingga nasional. Pesantren in juga memiliki fasilitas lengkap seperti beberapa gedung untuk belajar dan asrama.

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum pendidikan nasional yang dipadukan dengan kurikulum kepesantrenan yang dilengkapi dengan program tahfizh, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Hal tersebut akan menjadi modal yang baik bagi para santri untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya.

10. Pesantren Al-Ihsan

Pondok pesantren yang terletak di Desa Mekarmukti, Cikarang Utara, Bekasi ini memiliki keunggulan menarik, yakni menyelenggarakan pendidikan gratis bagi para santrinya. Meski begitu, ada sederet program berkualitas yang dimiliki, seperti kajian tafsir Alquran, kajian hadits dan kajian Fikih.

Terdapat juga pengajaran bahasa Arab, bahasa Inggris, dan juga pembinaan entrepreneur. Selain itu, pembelajaran di pesantren ini menggunakan sistematika Alquran dan hadits yang membuat sunah Rasul tetap ada dalam aktivitas sehari-hari.

Sudah menentukan pesantren di Bekasi mana yang akan dipilihkan untuk Si Kecil? Jangan lupa untuk memperhatikan fasilitasnya agar anak kerasan dan Moms tenang membiarkannya belajar di pesantren.

  • http://pesantrenalikhwan.blogspot.com/p/profil-pesantren_20.html
  • https://www.miftahululum.net/
  • https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1037/1/SKRIPSI%20SABITA%20NURUL%20FATICH%20NPM.%2014125596.pdf
  • https://www.infopesantren.com/2020/03/pesantren-di-bekasi.html
  • https://harga.web.id/biaya-pondok-pesantren-al-hassan-pondok-gede-bekasi.info
  • http://www.daarussunnahbekasi.com/
  • http://alhunafa.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait