Scroll untuk melanjutkan membaca

PARENTING ISLAMI
05 Mei 2021

15 Rekomendasi Pesantren di Jakarta untuk Pendidikan Agama Si Kecil

Ada pesantren bertaraf internasional juga
15 Rekomendasi Pesantren di Jakarta untuk Pendidikan Agama Si Kecil

Selain mewajibkan pendidikan agama, pesantren adalah lembaga pendidikan yang dapat membentuk karakter anak agar menjadi sosok yang lebih mandiri dan bertanggung jawab. Saat ini tersebar banyak pesantren di Indonesia, salah satu yang diperhitungkan adalah pesantren di Jakarta.

Karakter tersebut membuat lulusan pesantren dapat menjawab tantangan zaman. Karena juga ikut mencetak generasi yang berkualitas secara fisik, mental dan spiritual serta berwawasan IPTEK. Ini akan menjadi bekal para santri dalam menghadapi era globalisasi.

Seperti dalam penelitian yang dilakukan FKIP Universitas Sebelas Maret di Pondok Pesantren Hudatul Muna II Ponorogo yang menerapkan sistem perpaduan ilmu agama dan ilmu umum yang bisa mendukung lulusan yang berkualitas.

Baca Juga: Pilihan Pesantren di Depok yang Mengandung Unsur Modern

Pilihan Pesantren di Jakarta

Sebagai Ibu Kota Indonesia, Jakarta juga memiliki pesantren yang memiliki sisitem pendidikan modern, salafiyah, ataupun pendidikan lainnya. Ada pula pesantren di Jakarta yang tidak memungut biaya dalam proses pendidikannya alias gratis.

Beberapa pesantren di Jakarta yang bisa Moms pilih di antaranya:

1. Pesantren Al Hamid

Ini adalah salah satu lembaga pendidikan pesanren di Jakarta yang terkenal dan memiliki sistem kepesantrenan salafi. Awalnya, pondok salafi ini adalah salah satu pondok yang terkenal dan berada di Kabupaten Kediri.

Pesantren in telah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu dan hanya direnovasi jika ada kerusakan pada kondisi gedung. Hingga kini, pesantren ini memiliki jenjang pendidikan dari SMA dan juga SMP dengan menggunakan baasa Inggris dan Arab sebagai bahasa sehari-hari.

2. Pesantren Darunnajah

Pesantren di Jakarta -1.jpg

Foto: Pesantren di Jakarta -1.jpg

Foto: Darunnajah.com

Pesantren in mulai berkembang sejak 1942 oleh Abdul Manaf Mukhayyar. Sebagai jenis pesantren Modern, santri di sini mempunyai pikiran yang terbuka dan moderat tanpa menghilangkan unsur Islam di dalamnya.

Bahkan saat ini, Pesantren Darunnajah telah memiliki 14 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Berkat itu, kini nama pesantren ini semakin terkenal hingga menjadi magnet bagi para orang tua santri untuk menitipkan anaknya di sana.

3. Buntet Pesantren

Buntet Pesantren merupakan salah satu pesantren yang dikalim terbaik kedua di DKI Jakarta. Pesantren didirikan pada 1750 oleh KH Muqoyyim. Sebagai salah satu pesantren tertua di Jakarta, pesantren ini telah memberikan pendidikan terbaik dan memiliki segudang prestasi.

Selain ada pendidikan agama, pesantren ini juga memiliki pendidikan umum sebagai penunjang dalam pemenuhan pendidikan formalnya. Oleh karena itu, pesantren ini memiliki beberapa jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan di jenjang TK sampai dengan SMA.

4. Pesantren Al Ishlah

Pesantren ini adalah salah satu pesantren di Jakarta yang termasuk dalam pesantren yang memiliki kualitas yang baik terletak di Jl Tanah Kusir, Kebayoran lama, pesantren ini memiliki jenjang pendidikan dari SMP hingga SMA.

Hingga kini, pesantren ini telah memiliki banyak santri didikan yang juga ditunjang dengan pengurus yang sesuai dan berkompeten di bidangnya. Menjadi salah satu pesantren yang berkembang di Jakarta, pesantren ini juga memiliki banyak peminat.

5. Pesantren Mahad Aly Al Arba’in

Berlokasi di Jl KH M Syafi’i Hadzami, pesantren ini memiliki tujuan untuk membentuk santri yang bertanggung jawab, cerdas, disiplin dan mandiri yang sangat baik. Salah satunya dengan mewajibkan seluurh santri untuk tinggal di asrama.

Ini akan meningkatkan kemandirian dari santri tersebut saat melakukan proses belajar. Selain itu, di dalam pesantren ini terdapat jenjang pendidikan yang sifatnya umum dan bukan hanya pendidikan agama.

Baca Juga: 15 Pesantren di Bandung, Terpercaya dan Punya Fasilitas Lengkap!

6. Pesantren Kafila International Islamic School

Pesantren di Jakarta -2.jpg

Foto: Pesantren di Jakarta -2.jpg

Foto: Kafila.sch.id

Berdirinya pesantren ini berawal dari seorang pengusaha muslim yang ingin mendirikan pesantren untuk membantu anak jalanan dan juga keluarga kurang mampu pada 2005 lalu. Hingga saat ini, pesantren tersebut memiliki jenjang TK, SMP, SD, sampai SMA.

Didirikan oleh Ir. H. Abdullah Mas’ud dan juga Ustad Masrur Syamhari, pesantren ini awalnya hanya diasuh oleh keduanya, hingga hadirnya donator tersebut yang ingin mengembangkan pesantren untuk tempat tinggal anak–anak jalanan. Hingga kini, pesantren tersebut semakin berkembang.

7. Pesantren International Islamic High School

Ini adalah salah satu pesantren di Jakarta yang menerapkan sistem pesantren modern. Selain mengajarkan pelajaran agama, pesantren ini juga memiliki jenjang pendidikan formal seperti SMP hingga perguruan tinggi.

Dalam kesehariannya, para santri diharuskan berbahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Ini dimaksudkan untuk menunjang status pesantren yang berkelas internasional. Selain dari seluruh Indonesia, ada juga santri yang berasal dari luar negeri.

8. Pesantren Aminah

Salah satu pesantren di Jakarta ini bertujuan agara membantu dalam tugas orang tua dalam membentuk anak supaya memiliki akhlak yang baik, sopan, mandiri, bertanggung jawab dan memiliki sikap kepemimpinan yang baik.

Pihak pesantren juga mengharuskan seluruh santri untuk mengikuti semua kegiatan, baik formal maupun yang bersifat tambahan. Selain itu, santri juga harus dapat menghafal Alquran dan pendidikan keislaman agar memiliki pondasi keagamaan yang baik.

9. Pesantren Al Tsaqafah

Berawal dari ingin memberikan pendidikan agama di sekitar pesantrennya, pondook pesantren ini kini memiliki jenjang pendidikan dari TK hingga SMA. Santri pun bukan hanya datang dari sekitar, karena semakin meningkatnya peminat pondok pesantren sebagai pendidikan bagi anak.

Di dalam kurikulumnya, pesantren ini juga ikut membentuk nilai-nilai pengetahuan dan keagamaan bagi para santrinya agar mendapatkan keseimbangan dunia dan akhirat. Tak lupa, pengenalan, pemahaman dan hafalan Alquran juga menjadi kunci dari pelaksanaannya.

10. Pesantren Daarul Rahman

Ini adalah salah satu pesantren yang didirikan oleh KH. Syukron Ma’mun yang didirikan bersama dengan teman-teman seperjuangannya. Hingga kini, para kyai ikut dalam pengembangan pesantren dan memantau langsung perkembangan santrinya.

Pesantren ini adalah salah satu pesantren yang memang memiliki ciri khas, yaitu membentuk para santri untuk selalu mandiri dan mempelajari tentang ilmu agama dengan ciri khas pesantren tradisional yang begitu melekat.

Baca Juga: 7+ Pesantren Terbaik di Indonesia, Punya Sejarah dan Fasilitas Luar Biasa!

11. Pesantren Al Musyarrofah

Pesantren di Jakarta -3.jpg

Foto: Pesantren di Jakarta -3.jpg

Foto: Almusyarrofah.sch.id

Ini adalah salah satu pesantren di Jakarta yang terkenal. Pesantren ini memiliki santri yang banyak dan juga memiliki luas wilayah yang luas sehingga mampu menampung para santri untuk berkegiatan, serta bisa kembali melakukan pembangunan fasilitas pesantren.

Pesantren ini juga memiliki pengurus yang kompeten dan berada di dalam area pesantren selama 24 jam. Ini dilakukan untuk memantau perkembangan para santri juga ikut melatih sifat mandiai dan kepemimpinan dari para santri.

12. Pesantren Miftahul Huda

Memiliki jenjang pendidikan SMP dan SMA, pesantren ini juga memiliki beberapa ekstrakurikuler. Ini diharapkan agar para santri bukan hanya mahir dalam hal agama, tapi juga dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, santri dilatih agar mandiri dan bertanggung jawab karena juga menerapkan sistem asrama. Pesantren yang terletak di Jalan H Satiri Ulujami, Pasangrahan, Jakarta ini menjadi salah satu pesantren di Jakarta yang bisa menjadi pilihan.

13. Pesantren Al Musyarrofah

Pesantren ini awalnya hanya kegiatan syiar agama Islam kepada para pemuda setempat oleh Kiai Ahmad Nawawi yang saat itu masih muda. Masyarakat di daerah beliau tinggal ini sangat menyambut baik dakwah yang dilakukannya.

Dari sebuah pondok kecil, beliau memberikan ilmu agama sekaligus ilmu memanfaatkan alam dengan berkebun, beternak, dan bercocok tanam kepada para santrinya. Hingga kini, pesantren ini memiliki lembaga pendidikan formal seperti SMK Plus, MTs, MI, dan RA.

14. Pesantren Miftahul Ulum

Salah satu peantren di Jakarta ini terletak di Jl Madrasah, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Sistem pembelajaran di pesantren ini awalnya adalah sorogan, namun karena jumlah santri semakin banyak kemudian sistem pembelajaran pun diganti menjadi klasikal.

Yayasan ini semakin besar dan mendirikan berbagai lembaga pendidikan non-formal dan formal dari RA hingga Madrasah Aliyah hingga kini. Ini juga turut menarit minat banyak orang tua hingga akhirnya memasukkan anak-anaknya ke sana.

15. Pesantren Islam An-Nuriyah

Diawali dengan kelompok pengajian yang juga memiliki kegiatan memberi santunan kepada anak yatim dan lansia, pesantren yang berlokasi di Jl. Timbul, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini kini mulai tumbuh dengan pesat.

Pada 1994, diresmikan yayasan yang menaungi kegiatan ini bernama Yayasan An Nuriyah. Hingga kini, pesantren yang berada di bawah yayasan tersebut memiliki beberapa lembaga pendidikan seperti TK, SDI, SMPI, SMK, Panti Asuhan, dan Pesantren. Pesantren Islam An-Nuriyah didirikan pada 1999.

Dari deretan pesantren di Jakarta ini, sesuaikan dengan keinginan anak dan juga fasilitas yang memadai agar Si Kecil bisa terbentuk kepribadiannya dengan baik.

  • https://media.neliti.com/media/publications/13734-ID-peranan-pondok-pesantren-hudatul-muna-ii-ponorogo-dalam-pengembangan-pendidikan.pdf
  • https://www.infopesantren.com/2018/08/pesantren-di-jakarta.html
  • https://www.abusyuja.com/2020/05/pondok-pesantren-modern-terbaik-di-indonesia.html
  • https://www.infopesantren.com/2020/03/pesantren-di-jakarta-selatan.html