COVID-19

COVID-19
9 Juni 2020

Prosedur Aman Naik Ojek Online di Tahap 1 New Normal

Banyak yang harus kita persiapkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota-kota besar di Indonesia, terdapat aturan pelarangan naik transportasi berbasis digital online, khususnya ojek online atau ojol.

Namun kini, beberapa daerah di Indonesia sudah melonggarkan PSBB dan bersiap menghadapi new normal atau tatanan normal baru.

Baca Juga: Tempat Wisata Outdoor Akan Buka Bertahap Saat New Normal, Ketahui Kebijakan Barunya

Di DKI Jakarta, misalnya, mulai diterapkan PSBB transisi, di mana kegiatan sosial ekonomi sudah bisa dimulai lagi secara bertahap. Termasuk mulai beroperasinya transportasi umum seperti ojek online.

Bagi Moms dan Dads yang sudah mulai beraktivitas seperti biasa, perasaan cemas pasti masih mengganggu. Bertanya-tanya apakah kendaraan yang kita gunakan aman atau bagaimana melindungi diri kita.

Jangan khawatir Moms and Dads, berikut kita berikan prosedur aman naik ojek online di masa new normal ini.

Prosedur Aman Naik Ojek Online

Mengutip Detik, Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan ada beberapa hal yang perlu penumpang perhatikan sebelum naik ojek online. Apa saja? Yuk, kita simak.

1. Menggunakan Helm Sendiri

prosedur aman naik ojek online

Foto: otomotif.okezone.com

Prosedur pertama naik ojek online adalah dengan membawa helm. Agar lebih aman ketika naik ojek online, ada baiknya menggunakan helm kita sendiri.

Jusri menyarankan untuk membawa helm berstandar SNI pribadi sendiri. Sehingga kebersihan dan proteksi diri bisa tetap terjaga.

Baca Juga: PSBB Jakarta Berubah Jadi PSBL, Ini Daerah yang Akan Menerapkannya

2. Menggunakan Masker

prosedur aman naik ojek online

Foto: Orami Photo Stock

Jika sebelum virus corona menyerang menggunakan masker saat naik ojek online adalah pilihan, maka di masa new normal ini, menggunakan masker merupakan keharusan. Masker memiliki peran penting saat berlalu lintas terutama saat menggunakan ojol.

Terlebih lagi penyebaran virus corona memungkinkan dari manusia ke manusia melalui percikan droplet. Moms dan Dads bisa menggunakan masker kain.

3. Gunakan Sarung Tangan

prosedur aman naik ojek online

Foto: freepik.com

Sarung tangan menjadi alat yang disarankan untuk digunakan saat menggunakan jasa ojek online atau kendaraan umum.

Hal ini dilakukan untuk menghindari berinteraksi langsung dan bersentuhan dengan benda dan orang lain.

4. Sampai Tujuan, Cuci Tangan dan Wajah Langsung

prosedur aman naik ojek online

Foto: Orami Photo Stock

Setelah sampai tujuan, ada baiknya Moms atau Dads langsung mencuci tangan dan muka menggunakan sabun. Agar jauh lebih higienis atau bersih kembali.

Baca Juga: Seberapa Sering Kita Boleh Menggunakan Hand Sanitizer?

5. Langsung Mandi Begitu Sampai Rumah

prosedur aman naik ojek online

Foto: Orami Photo Stock

Setelah berkendara menggunakan ojek online atau kendaraan umum, Moms disarankan untuk langsung membersihkan diri. Juga harus langsung mengganti dan menaruh pakaian di tempat kotor, untuk langsung dibersihkan sebelum berinteraksi dengan orang-orang rumah.

Itu dia Moms beberapa prosedur aman untuk naik ojek online di masa new normal ini. Pastikan untuk melakukan semua prosedur dengan baik ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait