Selebriti

16 April 2021

Rachel Goddard Putuskan Angkat Rahim, Simak Perjuangannya Saat Memiliki Kista dan Miom

Ia pun tidak bisa mengalami masa 'happy pregnant' saat trimester kedua
placeholder

Foto: instagram.com/rachgoddard

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Content creator Rachel Goddard dikenal memang selalu terlihat ceria dan juga punya konten yang selalu menarik perhatian penggemarnya. Namun, siapa sangka jika dirinya memiliki perjuangan tersendiri terkait kondisi kesehatannya.

Rachel akhirnya mengungkapkan beberapa hal terkait kesehatannya. Hal ini bahkan menjawab banyak hal yang sudah lama ditanyakan oleh followers-nya mengapa Rachel terlihat semakin kurus.

Diketahui, Rachel memiliki kondisi kista dan miom, yang memengaruhi kondisi fisiknya. Ia pun menceritakan kisahnya lewat video YouTube yang diunggah di kanalnya.

Simak seperti apa perjuangan Rachel berikut ini.

Baca Juga: Ramai Ancam Bunuh Pasangan Gay Thailand, Ini Isu Lain yang Dapat Serangan "Pedas" Netizen Indonesia

Memiliki Kista dan Berjuang di Kehamilan Pertamanya

Diketahui, Rachel Goddard sudah lama sekali memililiki kista di sel telur kanan dan kirinya sepanjang 3 cm. Menurutnya, akibat kista tersebut dirinya harus merasakan sakit yang luar biasa saat menstruasi.

Bahkan Rachel juga menerima vonis jika dirinya akan sulit memiliki anak, karena hal itu kerap terjadi pada perempuan yang memiliki kista.

Untungnya Rachel masih merasa beruntung karena cepat memiliki anak.

Namun menurutnya, kehamilannya pun sulit, karena dirinya muntah selama sembilan bulan dan juga merasakan kontraksi sejak awal.

"Bahkan di trimester kedua, yang katanya orang tuh 'happy pregnant'.. Gue enggak mengalami hal itu," ungkap Rachel.

Terlebih lagi, yang paling tidak mengenakkan adalah karena memiliki kista saat hamil, membuat usus dan lambungnya tertindih. Hal ini pun membuat dirinya harus melahirkan secara caesar di usia kandungan delapan bulan.

"Jadi usia 8 bulan gue harus melahirkan, karena setiap makanan yang masuk itu keluar lagi, karena tidak bisa dicerna," jelasnya lagi.

Kista Diangkat Saat Melahirkan

Rachel Goddard pun memutuskan melahirkan dengan proses operasi caesar sekaligus untuk mengangkat kistanya, dan hal itu cukup membantu karena sakit saat menstruasi yang dirasakan Rachel mulai berkurang.

Namun, hal itu tidak bertahan lama, dan Rachel harus kembali merasakan sakit yang bahkan lebih sakit dari yang dirinya rasakan sebelum melahirkan.

"Sampai beberapa bulan terakhir ini kok ngerasain sakit banget, bahkan lebih sakit dari yang sebelumnya. Karena dulu sebelum punya anak, menstruasinya 5 hari. Tapi sekarang, periode menstruasi gue bisa panjang semingguan, dan darah yang keluar itu banyak banget," terangnya.

Baca Juga: Seo Ye Ji Posesif dengan Kim Jung-Hyun, Apa Penyebab Seseorang Posesif dengan Pasangannya?

Kembali Konsultasi ke Dokter

Rachel Goddard pun akhirnya memutuskan kembali ke dokter, dan ternyata ditemukan miom 8 cm dan kista 3 cm yang cukup besar.

Meski begitu, Rachel cukup lega karena tahu penyebab mengapa dirinya merasakan sakit. Ia pun diminta untuk terapi hormon yang menurutnya sangat tidak enak, karena membuatnya berkeringat dan tidak tenang.

Pilihan lain yang diberikan adalah menggunakan spiral, namun hal ini tidak dilakukan oleh Rachel karena khawatir tidak cocok, mengingat penggunaan spiralnya harus dimasukkan ke dalam tubuhnya.

Memutuskan untuk Operasi Pengangkatan Rahim

Laparoskopi menjadi pilihan lain Rachel yaitu dengan operasi tanpa dibelek.

"Gue memutuskan untuk operasi angkat rahim, dengan catatan ovarium gue enggak diangkat. Risikonya, ya enggak bisa punya anak lagi. Gue enggak bisa menstruasi, tidak ada pendarahan, tidak merasakan sakit lagi. Itu sih yang paling penting," terang Rachel.

Pengangkatan rahim menjadi pilihan Rachel agar miom dan kistanya tidak kembali. Menurut Rachel, operasi akan berlangsung dua jam dengan bius total.

Rachel Goddard memutuskan pengangkatan rahim menjadi pilihan terakhirnya, karena dirinya sudah tidak ingin kembali punya anak.

Apalagi kalau harus hamil dengan kista dan miom yang juga sangat sakit setiap bulannya dan harus operasi lagi.

Menurutnya, selama sepekan dirinya bingung untuk memilih prosedur mana yang terbaik untuknya dan selama itu membuatnya tidak tenang.

Baca Juga: Liza Aditya Hijrah, Simak Deretan Artis yang Hijrah Lainnya Berikut Ini

Operasi Angkat Rahim yang Berjalan Lancar

Ditunggu Sang Suami, operasi pengangkatan rahim Rachel Goddard berjalan lancar selama dua jam dan harus diobervasi selama sejam.

Selama itu, Sang Suami yang kerap disapa Bang Ben setia menunggu meski sempat khawatir sebelum akhirnya melihat keadaa Rachel di ruang operasi.

Usai operasi, Rachel juga harus belajar duduk dan jalan usai infus dan kateternya dilepas.

Meskipun Rachel Goddard mengakui ia sangat tidak suka melakukan ini karena rasa sakitnya tidak tertahankan, tetapi akhirnya Rachel berhasil melauinya dan berhasil berjuang dengan kondisi kista dan miom yang sudah lama ia miliki.

Semoga lekas pulih Rachel!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait