Kesehatan

7 Juli 2021

5+ Rekomendasi Air Purifier dengan HEPA Filter di Bawah 3 Juta, Bye Udara Kotor!

Membersihkan udara hingga partikel terkecil, dijamin membuat rumah segar!
placeholder

Foto: Mi.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Penelitian Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengungkap perangkat air purifier dengan high-efficiency particulate air (HEPA) dinilai efektif untuk mencegah penularan Covid-19 dalam ruangan.

Saat ini cukup banyak perangkat air purifier tersedia di pasaran, tak hanya memiliki filter HEPA yang dapat menangkal virus, perangkat tersebut dibuat pintar karena bisa terkoneksi dengan internet.

Melansir US Environmental Protection Agency, HEPA merupakan jenis filter udara mekanis yang bekerja dengan menyaring 99,97 persen debu, serbuk sari, jamur, bakteri, dan partikel udara apa pun dengan ukuran 0,3 mikron (µm). Meskipun standar HEPA dan proses sertifikasi tidak ditetapkan sampai tahun 1983, pengembangan filter HEPA dimulai sejak Perang Dunia II.

Berikut ini adalah rekomendasi air purifier dengan teknologi HEPA yang di bawah harga 3 juta. Dengan harga terjangkau, Moms sudah bisa melindungi keluarga dari paparan virus Covid-19 dalam ruangan.

Disimak yuk, Moms!

Baca Juga: Berkerumun di Ruangan ber-AC, Dapat Meningkatkan Risiko Penularan Covid-19? Cek Faktanya!

1. Rekomendasi Air Purifier di Bawah 3 Juta: Samsung AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light

AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light.jpg

Foto: samsung.com

Samsung AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light menjaga kualitas udara tetap baik dan bersih di dalam rumah lewat tiga filter yang tersemat di dalamnya.

Pertama pre filter yang menyaring debu berukuran besar. Filter kedua berupa activated carbon deodorization untuk menghilangkan bau dan gas berbahaya. Filter terakhir HEPA yang mampu menyaring partikel super kecil, termasuk bakteri dan virus.

Keunggulan lain yang ditawarkan air purifier yakni tiga arah aliran udara sehingga perangkat ini bisa diletakkan melekat dengan tembok.

Air purifier ini dapat memeriksa polusi udara secara lebih intuitif. Terdapat sensor debu dan gas untuk memantau kualitas udara, sehingga secara otomatis mengoptimalkan mode.

Indikator 4 Warna juga dengan jelas menunjukkan betapa bersihnya udara. Dan teknologi Air Sensing Light menunjukkan status udara, sehingga Moms dapat mengetahui seberapa bersih udara bahkan dari kejauhan.

Moms bisa mendapatkan Samsung AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light ini di harga Rp2.339.000 saja.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bakteri Jahat Pada Baju Anak

2. Rekomendasi Air Purifier di Bawah 3 Juta: Xiaomi Mi Air Purifier 3C

Mi Air Purifier 3C.jpg

Foto: mi.co.id

Mi Air Purifier 3C untuk memastikan udara bersih sepanjang hari. Selain filter HEPA, penjernih udara ini memiliki spesifikasi Clean Air Delivery Rate atau bisa memasok udara bersih sebanyak 320 meter kubik per jam tanpa mengeluarkan suara bising.

Ditambah sistem sirkulasi tiga dimensi 360 derajat bantu memurnikan udara dalam ruangan 106 meter persegi satu kali per jam untuk memberikan
udara segar secara cepat.

Di bagian depan terdapat layar LED digital yang disempurnakan menampilkan informasi real-time yang akurat
untuk kadar partikel PM2.5, status Wi-Fi, dan mode pengoperasian.

Cincin lampu tiga warna dapat digunakan sebagai acuan berkecepatan tinggi untuk kualitas udara dalam ruangan, memberikan gambaran yang jelas tentang kualitas udara yang dihirup.

Menariknya tidak hanya lewat aplikasi Mi Home, kita dapat mengontrolnya pakai Google Assistant atau Alexa. Xiaomi menjual Mi Air Purifier seharga Rp1,600,000-an saja lho, Moms!

3. Rekomendasi Air Purifier di Bawah 3 Juta: Sharp Air Purifier J30Y

sharp.jpg

Foto: tokopedia.com

Air purifier dari Sharp ini dilengkapi dengan plasmacluster yang diklaim efektif dalam mencegah virus dan kuman yang mengotori udara.

Teknologi plasmacluster ini menghasilkan ion-ion positif dan negatif yang ada di alam. Setelah menjernihkan udara, ion tersebut akan berubah menjadi air dan kembali ke udara.

Selain dapat menjernihkan udara, air purifier ini dapat menghilangkan bau tidak sedap dalam ruangan, sehingga keluarga dapat menghirup udara yang lebih sehat.

Untuk mengetahui kualitas udara dalam ruang, Moms bisa melihatnya di smartphone sehingga dengan mudah dikontrol. Tak hanya itu, Moms juga dengan mudah bisa mengetahui kapan filter harus diganti melalui smartphone.

Air purifier ini juga dilengkapi dengan coanda airflow yakni sirkulasi udara yang lebih cepat dengan sudut 20 derajat mampu mengumpulkan debu bahkan pada tingkat yang lebih rendah, sehingga efektif dalam membersihkan ruangan.

Untuk menyaring debu dan menghasilkan udara yang lebih bersih, air purifier ini dilengkapi dengan 3 lapisan filter yakni pra filter baru yang menangkap lebih besar sekitar 240 mikro, kemudian deodorizing filter yakni bisa menyerap bau rokok, hewan peliharaan, dan bau lainnya.

Moms bisa mendapatkan Sharp Air Purifier J03Y ini dengan harga Rp2,900,000-an saja.

4. Rekomendasi Air Purifier di Bawah 3 Juta: Sharp FP-F30Y

Sharp FP-F30Y.jpg

Foto: sharp-id.com

Rekomendasi air Purifier selanjutnya masih dari brand Sharp, dengan harga yang lebih murah yaitu Rp1,500,000 saja. Memiliki teknologi plasma cluster yang diklaim mampu menghalau berbagai jenis virus ataupun mikroba, sehingga menjadikan udara semakin lebih bersih dan sehat.

Disebutkan bahwa Sharp FP-F30Y memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dalam ruangan dengan luas 21 meter persegi.

Tidak hanya itu saja, air purfieir ini juga memiliki variasi kecepatan seperti max, low dan high. Selain itu, keberadaan teknologi plasma cluster juga mampu memproduksi ion positif serta negatif seperti halnya yang ada di alam.

5. Rekomendasi Air Purifier di Bawah 3 Juta: Air Purifier Panasonic F-PXF35AHN

Air Purifier Panasonic F-PXF35AHN.jpg

Foto: blibli.com

Air Purifier Panasonic F-PXF35AHN sangat efektif membunuh 99 persen bakteri dan virus yang bertebaran di udara. Harga Air Purifier Panasonic ini dibandrol cukup murah untuk kelasnya, yaitu Rp2,501,800.

Perangkat air purifier ini menawarkan teknologi Nanoe dan HEPA yang merupakan teknologi eksklusif dengan kemampuan menyaring partikel terkecil.

Cakupan areanya mencapai 42 meter persegi yang cukup untuk membersihkan satu ruangan besar. Sedangkan dayanya hanya membutuhkan 20 watt dan bergaransi 1 tahun.

Baca Juga: Gejala COVID-19 pada Anak yang Umum, Termasuk Kelelahan dan Sakit Kepala

6. Rekomendasi Air Purifier di Bawah 3 Juta: Crane 4in1

5% Rp2.790.000
Rp2.650.000
Crane 4in1

Rekomendasi air purifier di bawah 3 juta selanjutnya adalah Crage 4-in-1. Qir purifier satu ini punya banyak fungsi lho Moms, yakni sebagai air humidifier, diffuser, sekaligus air purifier.

Air purifier ini dilengkapi dengan kapasitas air hingga 5 Liter, tahan sampai 24 jam, dan memiliki perlindungan True Hepa Filter yang mampu menghisap debu, bakteri, dan virus 99,7 persen. Produk ini mampu menyaring dan membersihkan udara kotor di rumah. Pas banget ya Moms untuk digunakan saat pandemi seperti ini.

Crane 4-in1 ini memiliki teknologi Humidifier True Hepa 4-in-1 yang dapat melembapkan dan mensterilkan kamar dengan luas maksimal 40m², memiliki teknologi Warm Mist untuk menetralkan bakteri, spora, jamur, dan virus di udara, dan dilengkapi dengan teknologi Cool Mist untuk menjaga saluran hidung dan sinusitis, menjaga kulit terhidrasi dalam cuaca panas dan kering

Produk ini juga dapat berfungsi sebagai Aroma Diffuser yang membuat ruangan tetap wangi, memiliki fitur Air Purifier with UV Light Crane untuk membunuh kuman, dan memiliki fitur auto off bila air dalam tangki sudah habis. Komplet!

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara di Dalam Rumah

Itu dia Moms rekomendasi air purfier yang di bawah 3 juta, tetapi sudah dilengkapi dengan teknologi HEPA agar udara lebih bersih.

  • https://www.epa.gov/indoor-air-quality-iaq/what-hepa-filter-1
  • https://www.mi.co.id/id/mi-air-purifier-3c/
  • https://id.sharp/products/air-care/air-purifier-fp-f30y-ach
  • https://www.orami.co.id/shopping/product/crane-4in1
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait