Rupa-rupa

10 Agustus 2021

6 Rekomendasi Board Game yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga

Berkumpul dengan keluarga di rumah pasti lebih menyenangkan dengan main board game berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pernah mendengar istilah board game? Kini board game atau papan permainan adalah hal yang semakin digemari dan popularitasnya belakangan ini semakin naik daun.

Jika Moms masih belum familiar, permainan seperti ular tangga atau monopoli adalah contoh sederhana dari board game.

Moms pasti ingat betapa menyenangkannya bermain board game sewaktu kecil. Board game adalah hal yang baik untuk melatih kecerdasan anak, membantu mengasah strategi, dan membantu mengambil keputusan.

Saat bermain papan permainan ini, tidak jarang orang akan lupa waktu karena begitu mengasyikkannya permainan ini.

Namun, tahukah Moms bahwa board game kini tak hanya ular tangga dan monopoli saja?

Kini sudah ada banyak sekali jenis papan permainan yang bahkan juga bisa dimainkan oleh orang dewasa. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi boar game yang seru, edukatif, dan pastinya bikin Moms dan keluarga semakin akrab.

Baca Juga: 9 Aplikasi Edukatif dan Game untuk Anak di Gadget, Sudah Download?

Rekomendasi Board Game Terbaru dan Terbaik

Tak bisa dimungkiri bahwa kini bisnis board games berkembang pesat, dan semakin banyak permainan baru yang luar biasa terus dirilis.

Produsen board game terus memaksamu untuk keluar dari zona nyaman dan berupaya sedemikian rupa untuk tidak mudah bosan dengan mengeluarkan pilihan board game terbaru.

Lantas, apa saja rekomendasi board game yang bisa dimainkan bersama keluarga? Berikut ini beberapa jenisnya!

1. Werewolf: One Night Ultimate Werewolf

Board Game - Werewolf

Foto: pinterest.com

One Night Ultimate Werewolf atau yang cukup populer dengan sebutan permainan Werewolf adalah permainan papan yang sudah cukup populer di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan.

Permainan ini adalah jenis permainan role play yang mana setiap pemain yang berjumlah antara 3 hingga 11 orang akan mendapatkan peran yang harus dirahasiakan dari para pemain lain.

Dalam permainan ini, tujuan utamanya adalah menemukan Werewolf atau serigala yang ada di antara mereka.

Jika Moms dan keluarga memainkannya bersama, maka ini akan menjadi sangat menyenangkan. Ini karena para pemain dengan perannya masing-masing akan saling tuduh untuk menemukan sang serigala yang menyamar.

Werewolf juga merupakan salah satu game strategi yang paling diminati dan cocok untuk dimainkan bersama-sama dengan keluarga di waktu luang atau saat akhir pekan.

2. Pandemic

Board Game - Pandemic

Foto: livescience.com

Tidak, permainan board game ini tidak bermaksud untuk membuat situasi pandemi seperti yang dihadapi sekarang menjadi semakin menyeramkan.

Malah permainan ini adalah permainan strategi yang bisa menjadi bahan pembelajaran kepada keluarga tentang bagaimana cara paling tepat menghentikan pandemi.

Secara umum, Pandemic adalah permainan yang mencoba menghentikan wabah penyakit di seluruh dunia dengan bekerja sama dengan orang lain.

Jika Moms bermain, Moms perlu menggunakan tindakan yang sesuai untuk berpindah-pindah lokasi sambil mengobati penyakit, membangun stasiun penelitian, dan menemukan obat yang akan memenangkan permainan.

Namun, dengan hanya empat tindakan per giliran, Moms tidak mungkin bisa melakukannya sendiri, dan setelah giliran setiap pemain, maka akan lebih banyak penyakit muncul di papan.

Jika terlalu banyak yang muncul di satu kota, wabah akan menyebar ke mana-mana dan Moms hanya dapat menerima begitu banyak wabah sebelum kalah.

Ini adalah permainan strategi yang mana mewajibkan Moms dan anggota keluarga bekerja sama untuk membuat rencana ke depan, menentukan letak bahayanya sekarang, dan menganalisis apa yang rentan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Cara Bermain Game Among Us yang Ramai di Era Pandemi

3. Villainous

Board Game - Villainous

Foto: theboardgamefamily.com

Rekomendasi board game selanjutnya adalah Villainous. Jika biasanya dalam film Disney sang karakter utama akan diceritakan mengalahkan sang penjahat (villain), namun dalam board game ini Moms justru ditugaskan sebaliknya.

Pada permainan ini, Moms akan diberikan peran menjadi salah satu tokoh villain, lalu tugasnya adalah mengalahkan para tokoh-tokoh terkenal Disney seperti Aladdin Peter Pan, dan juga Sleeping Beauty.

Untuk mengalahkan beberapa tokoh Disney ini, Moms harus mengambil kartu takdir yang sudah disediakan. Setelah itu, Moms dapat merusak rencana villain lain ataupun tokoh baik yang telah Moms incar.

Dalam permainan ini, Moms bisa bermain bersama 2 hingga 6 orang lain, dan telah dilengkapi dengan paket kartu takdir dan juga berbagai penggerak tokoh-tokoh yang ada pada permainan tersebut.

Permainan ini bisa dimainkan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Karena sangat mengasyikan dan penuh intrik, permainan papan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu cara mengisi waktu luang selama di rumah saja.

Untuk permainan papan kecil dan ringan yang berisi cukup strategi untuk dimainkan berulang kali, sementara juga tidak mengintimidasi pemain baru, Splendor adalah pilihan yang ideal.

4. Splendor

Board Game - Splendor

Foto: t3.com

Ini adalah rekomendasi board game yang cukup menarik.

Secara singkat, ini adalah permainan membeli kartu dengan membayar biaya permata dengan warna berbeda, dan setiap kartu yang Moms beli akan memberi lebih banyak permata yang dapat digunakan untuk membeli kartu dengan lebih mudah.

Dalam beberapa kartu ada nilai poin (biasanya hanya yang lebih mahal), dan ketika seseorang mencapai 15 poin, permainan berakhir pada putaran itu, meskipun pemain lain memiliki kesempatan untuk membeli satu kartu terakhir yang dapat menjaring lebih banyak poin.

Permainan santai yang sangat ideal jika Moms senang bermain sambil mengobrol.

Baca Juga: Benarkah Board Games dapat Mencegah Penurunan Kognitif?

5. Jaws: The Board Game

Board Game - Jaws The Board Game

Foto: gamesradar.com

Ini adalah salah satu jenis board game yang tergolong masih baru. Ia dirilis pada tahun 2019 oleh Ravensburger dan permainan ini diadaptasi dari film klasik bertema hiu, Jaws.

Pada permainan ini, hanya ada 2 hingga 4 pemain yang akan berperan menjadi sekelompok orang yang terdampar di sebuah pulau misterius bernama Amity Island.

Di pulau ini, manusia harus bertahan dari serangan hiu raksasa yang siap memangsa mereka.

Dalam board game ini, peraturannya cukup sederhana. Tiga pemain akan berperan sebagai manusia yang bernama Brody, Hooper, dan Quint, sementara 1 pemain lainnya akan berperan menjadi sang hiu.

Tujuan utama dari game ini adalah menghindari serangan hiu.

Bila manusia berhasil meloloskan diri dari serangan hiu, maka tim manusia dinyatakan menang. Sementara jika hiu putih berhasil menyerang kapal Orca yang merupakan tempat berlindung manusia, maka manusia dianggap kalah.

6. Ticket to Ride

Board Game - Ticket to Ride

Foto: scotscoop.com

Rekomendasi board game terakhir adalah Ticket to Ride.

Ini adalah rangkaian permainan yang mewajibkan Moms mengumpulkan kartu berwarna. Kartu ini akan digunakan untuk menghubungkan lokasi berbeda di papan, dan mendapatkan poin untuk melakukannya.

Permainan ini cukup sederhana dan ada versi game yang lebih besar yang harganya lebih mahal dan dimainkan dalam waktu yang juga lebih lama.

Namun, versi miniatur akan memberikan Moms semua taktik game yang lengkap, tetapi dalam sensasi yang tetap menyenangkan.

Itulah beberapa rekomendasi board game yang akan membuat acara berkumpul jauh lebih seru. Selamat mencoba ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait