Jalan-jalan

7 September 2021

11+ Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Taplau Padang, Ada Kuliner Unik Juga!

Taplau Padang tidak pernah sepi pengunjung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kota Padang bisa masuk dalam daftar destinasi wisata saat pendemi selesai lho Moms. Selain terkenal dengan kulinernya, saat bertandang ke Padang jangan pernah melewatkan pantai-pantai di Padang, salah satunya Taplau Padang atau Pantai Padang yang menyajikan pemandangan menawan.

Dalam bahasa Minang, Taplau merupakan singkatan dari tapi lauik yang berarti tepi laut. Taplau Padang terletak di jantung kota Padang, tepatnya di Kecamatan Padang Barat. Garis pantainya membentang dari daerah Purus hingga Muara Batang Arau.

Saat mendarat di Bandar Udara Internasional Minang Kabau, butuh waktu sekitar 23 km atau sekitar 30 menit berkendara dengan mobil menuju Taplau Padang atau pantai yang menjadi salah satu tempat wisata andalan Kota Padang itu.

Melansir Portal Resmi Provinsi Sumatera Barat, Taplau Padang sudah menjadi primadona, khususnya bagi para generasi muda Kota Padang pada era 80 dan 90-an. Mereka kerap bertandang ke pantai sekadar melepas penat sembari menikmati pemandangan, hingga menikmati matahari tenggelam sembari berwisata kuliner.

Taplau Padang menjadi destinasi wisata favorit karena terletak di tengah kota dan akses menuju lokasi pun cukup mudah. Hingga tak heran jika hampir setiap hari Taplau Padang dipenuhi wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di Taplau Padang. Selain jajan dan menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa bermain pasir dan mandi air laut. Terlebih karena sejak 2015 lalu, Taplau Padang merupakan salah satu dari 10 kawasan bebas sampah. Bahkan, diwaktu-waktu tertentu, saat ombak sedang cukup besar para surfer bisa menjajal kemampuan untuk berselancar di atas ombak.

Baca Juga: 11 Makanan Khas Padang yang Nikmat, Sudah Coba Semua Moms?

Tempat Wisata di sekitar Taplau Padang

Bukan hanya itu, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang lokasinya berada di sekitar Taplau Padang, seperti berikut.

1. Jembatan Siti Nurbaya

tapi lauik padang

Foto: andalastourism.com

Salah satu lokasi wisata yang dekat dengan Taplau Padang dan paling sering dikunjungi wisatwan yang berkunjung ke Kota Padang adalah Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan tersebut berada di atas sungai Batang Arau, yang menghubungkan Kota Tua ke Kawasan Batang Arau dan Taman Siti Nurbaya yang berlokasi di puncak Gunung Padang.

Jembatan yang dibangun pada 1995 ini kerap dijadikan lokasi untuk menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, pedagang kuliner juga kerap menawarkan dagangannya dengan meja kursi seadanya, untuk pengunjung yang ingin bersantai menikmati matahari terbenam.

2. Gunung Padang

gunung padang

Foto: liburasik.com

Gunung Padang menjadi salah satu lokasi wisata yang juga dekat dengan Taplau Padang. Letaknya tepat di depan Pelabuhan Pantai Muaro Padang.

Gunung yang konon tempat bersemayamnya Siti Nurbaya itu menjadi tempat favorit bagi para pemanjat tebing, lantaran menawarkan pemandangan bentangan laut luas. Selain itu, tiap jalur pemanjatan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Selain itu, teradapat dua meriam tua peninggalan Jepang di Gunung Padang. Meriam yang pernah digunakan sebagai pertahanan untuk menghalau musuh yang akan masuk ke tepian Muaro Padang.

Sementara di puncak gunung, para pelancong bisa memanfaatkan area Camping Ground dengan pemandangan yang tentu saja mengundang decak kagum.

Baca Juga: Ini 6 Tips Memilih Destinasi Wisata Ramah Bayi

3. Monumen Merpati Perdamaian

monumen merpati perdamaian

Foto: bit.ly

Salah satu lokasi lain yang dekat dengan Taplau Padang adalah Monumen Merpati Perdamaian, yang baru diresmikan pada 12 April 2016 lalu di Taman Muaro Lasak. Monumen setinggi delapan tersebut merupakan bagian dari latihan maritim berbagai negara yang digagas TNI Angkatan Laut.

4. Muaro Lasak

muaro lasak

Foto: hariansinggalang.co.id

Pantai Muaro Lasak menjadi pantai terdekat dengan Taplau Padang. Lokasinya berdampingan dengan Taplau Padang, dan masih dalam kawasan Pantai Purus, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Ombak di Pantai Muaro Lasak terbilang landai hingga aman digunakan untuk berenang dan bermain air.

Jika Moms tidak ingin bermain air dan sekadar menikmati pantai dan suasana sore, Moms bisa duduk di tempat makan yang berjejer di tepi pantai. Sembari menonton paralayang yang tak pernah absen.

5. Batu Malin Kundang

batu malin kundang

Foto: insertlive.com

Salah satu tempat wisata lain yang terdekat dengan Taplau Padang adalah Batu Malin Kundang yang lokasinya di Pantai Air Manis. Sebagai salah satu legenda tanah air, Batu Malin Kundang kerap dikunjungi para pelancong dari berbagai daerah, bahkan dari mancanegara.

Baca Juga: Sedang Liburan ke Malang? Cek 12 Wisata Malang yang Patut Dikunjungi!

Tempat Wisata Kuliner Menarik di Taplau Padang

Rasanya tidak lengkap jika berwisata tanpa menikmati kuliner khasnya. Terlebih, sudah sejak lama Taplau Padang menawarkan berbagai jajanan untuk para pelancong yang berkunjung.

Terdapat jajaran café payung di sekitar bibir pantai yang menjajakan berbagai kuliner sebagai teman menikmati senja di Taplau Padang.

6. Karupuak Leak

Karapuak leak Padang.jpeg

Foto: resepmasakanku.net

Salah satu jajanan yang terdapat di Taplau Padang adalah Karupuak Leak. Makanan ini merupakan jajan tradisional dari masyarakat Minangkabau berupa kerupuk yang disiram dengan kuah sate. Pada bagian atasnya ditambahkan mie.

Nama Karupuak Leak ini diambil dari bahasa Minang yang berarti kerupuk tumpah. Karena kata tumpah disebut juga baleak. Terlebih biasanya ketika memakan Karupuak Leak orang-orang selalu ketumpahan kuah kerupuk.

7. Pisang Kapik

pisang kapik

Foto: kaba12.co.id

Jajanan lain yang dapat ditemukan di Taplau Padang adalah Pisang Kapik, yang sebenarnya merupakan salah satu kuliner khas Bukittinggi. Pisang Kapik merupakan pisang kepok yang dikepit dan dibakar, disajikan dengan taburan inti kelapa yang telah dibaluri gula merah sebagai perasa manis untuk Pisang Kapik.

8. Langkitang Cucuik

Langkitang cucuik.png

Foto: wisatabukittinggi.com

Langkitang merupakan salah satu jenis siput yang hidup di danau, sungai hingga muara. Cangkangnya berwarna hitam dengan bentuk memanjang, umumnya seukuran kelingking.

Siput ini kemudian diolah untuk dijadikan kudapan bercitarasa asin pedas, yang juga bisa ditemukan di Taplau Padang. Kata Cucuik sendiri mengacu pada cara memakannya yang dicucuik alias disedot pada ujung cangkangnya yang sudah dipotong.

Baca Juga: 7 Makanan Legendaris Khas Bandung, Mana Favorit Moms?

9. Pensi

Pensi makanan Khas Padang.jpeg

Foto: cookpad.com/Megawati Anggraini

Jajanana asal Danau Maninjau ini juga bisa dengan mudah ditemukan di Taplau Padang. Pensi merupakan makanan dari kerang air tawar yang bersal dari danau. Ukurannya kecil dengan cangkang berwarna hitam, ada juga yang hitam kekuning-kuningan.

Kudapan ini biasanya diolah dengan citarasa gurih dan sedikit pedas. Selain jadi kudapan, Pensi juga biasanya diolah untuk dijadikan lauk.

10. Bakso Bakar

bakso bakar

Foto: kidalnarsis.com

Bakso menjadi salah satu jajanan yang mudah ditemukan di banyak tempat, tidak ketinggalan di Taplau Padang. Di Taplau Padang, Bakso Bakar merupakan jajanan yang paling banyak diminati masyarakat yang berwisata sembari menikmati senja.

Bakso Bakar ini memiliki citarasa pedas, manis, gurih dengan sentuhan bumbu kacang dan saus cabe. Selain itu aroma harum dan tekstur kenyalnya juga membuat jajanan yang satu ini sangat digemari di Taplau Padang.

11. Jagung Bakar

jagung bakar

Foto: doyanresep.com

Jajanan yang satu ini juga banyak ditemukan di berbagai daerah. Cita rasa manis, asin, pedas, gurih jagung bakar kerap menggoda lidah banyak orang. Selain itu, harganya yang ekonomis juga membuat jagung bakar tidak pernah mati sebagai jajanan wajib di banyak tempat. Termasuk di Taplau Padang.

Menyantap jagung bakar di tepi pantai sembari menikmati angin laut juga menjadi sensasi tersendiri, hingga rasanya tidak boleh melewatkan menu yang satu ini saat bertandang ke Taplau Padang.

12. Kelapa Muda

kelapa muda

Foto: drzubaidi.com

Pantai dan laut memang selalu identik dengan kelapa muda. Kesegaran kelapa muda kerap menjadi obat dahaga yang paling tepat saat bertandang ke Taplau Padang. Setelah menikmati berbagai jajanan khas di sepanjang tepi pantai, maka tidak ada salahnya jika menutup hari dengan menikmati es kelapa muda di Taplau Padang.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Jogja Paling Ikonik dengan Cita Rasa Pilihan

Itulah beberapa tempat wisata di sekitar Taplau Padang dan juga kuliner nusantara di sekitarnya. Mengingat daerah wisata Taplau Padang yang sangat menarik dengan disertai aneka pilihan makanan, Taplau Padang bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata kelak kan Moms? 

  • https://sumbarprov.go.id/home/news/11375--taplau.html
  • https://sumbarprov.go.id/home/news/19937-kuliner-rujak-taplau-kota-padang-perlu-dikembangkan-lagi
  • http://kkppadang.id/home/foto/detil/2/taplau-padang.html
  • https://pariwisata.padang.go.id/pantai-padang
  • https://infopublik.id/kategori/nusantara/399704/memanjakan-mata-di-jembatan-siti-nurbaya
  • https://infopublik.id/read/263454/wisata-malam-di-jembatan-siti-nurbaya.html
  • https://sumbarprov.go.id/home/news/2149-gunung-padang-surganya-bagi-para-pemanjat-tebing.html
  • https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/pantai-muaro-lasak-pemandangan-lepas-pantai-di-sumatera-barat.html
  • https://rentalmobilpadang.co.id/karupuak-leak/
  • https://budaya-indonesia.org/Langkitang-Cucuik
  • https://dispar.sumbarprov.go.id/home/news/104-pensi.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait