Selebriti

23 Desember 2020

Rina Nose Uji Rapid Test dengan Sambal Cireng yang Hasilnya Positif, Ini Penjelasan Pakar!

Keisengan terhadap alat rapid test ini ternyata bukan yang pertama kalinya
placeholder

Foto: instagram.com/rinanose16

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Media sosial diramaikan dengan postingan Rina Nose yang iseng menguji sambal cireng dengan alat rapid test. Uniknya, tes rapid tersebut menunjukan hasil positif.

"Iseng aja nge-swab sambel cireng pake rapid atigen, hasilnya dua garis. Lalu nge-swab diri sendiri dan orang2 rumah yang makan sambel yang sama dalam satu mangkok hasilnya satu garis. Gw sih ga mau ambil kesimpulan ini artinya apa, cuma pesen gw, ga usah pada iseng ya gaes... biar ga bingung," tulis Rina.

Alhasil, banyak reaksi dari warganet yang mengomentari keisengan Rina Nose tersebut. Bahkan tidak sedikit yang menjadi bingung tentang cara kerja alat rapid test.

Dampaknya, postingan ini menjadi viral hingga menarik perhatian seorang pakar untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Bimo A. Tejo, Ph.D, seorang Associate Professor di Universiti Putra Malaysia yang juga merupakan Pakar Kimia-Farmasi memberikan penjelasan mengenai apa yang menyebabkan alat rapid test menunjukkan hasil yang positif.

Simak beberapa fakta tentang kontroversi Rina Nose berikut ini Moms.

Baca Juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Hindari Pergi ke 64 Zona Merah Corona di Indonesia Ini

1. Menjelaskan Agar Keisengan Tidak Berulang

cireng rapid 1.jpg

Foto: instagram.com/ba.tejo

Menurut Bimo, awalnya dirinya malas untuk menjelaskan lebih jauh mengenai hal ini, namun akhirnya pria yang kerap memberikan edukasi mengenai vaksin dan virus corona pun angkat bicara.

"SAMBAL CIRENG POSITIF COVID?

Beredar postingan dari seorang artis yang iseng menguji sambal cireng menggunakan alat rapid test antigen covid. Dan hasilnya positif.

Awalnya ane males menanggapi keisengan2 kayak gini. Tapi karena masyarakat jadi bingung, ane terpaksa menghabiskan waktu bikin post membahas hal ini.

Semoga setelah ini tidak ada lagi artis yang iseng dan bikin heboh. Ane tau job lagi sepi. Tapi tolonglah jangan membuat bingung masyarakat yang sedang pusing menghadapi pandemi. Vaksin sudah datang, kehidupan akan pelan2 kembali ke normal dan job akan mengalir lagi. Sabar ya. Kita ikut kata pakde @jokowi untuk mengisi media sosial dengan hal2 yang bermanfaat," tulis pria dengan nama Instagram @ba.tejo.

Bimo pun tidak terang-terangan menyebut ulah selebriti yang dimaksud, tetapi ia justru memanggilnya dengan "Rini Hidung".

Baca Juga: Netizen Ramai Bahas Lesty Kejora Peringkat Ke-5 Orang Tercantik di Dunia, Simak Transformasinya!

2. Bukan Keisengan yang Pertama

cireng rapid 2.jpg

Foto: instagram.com/ba.tejo

Ternyata, Rina bukan orang pertama yang iseng mengetes makanan atau minuman dengan alat tes rapid. Hal serupa juga pernah dilakukan di luar negeri.

Di Jerman misalnya, seseorang menguji selai apel menggunakan alat rapid test antigen dan mendapatkan hasil positif.

Bahkan, anggota parlemen Austria Michael Schnedlitz pun pernah menguji minuman soda Coca-Cola ke alat rapid test antigen. Hasil yang positif juga didapatkan dari "eksperimen" tersebut.

3. Alat Rapid Test Sensitif dengan Asam

rapid test

Foto: instagram.com/ba.tejo

Lebih lanjut, Bimo menjelaskan kalau ternyata alat rapid test antigen sangat sensitif terhadap tingkat keasaman (pH) sampel yang digunakan.

Oleh karena itu, sampel swab hidung harus dimasukkan ke dalam larutan penyangga atau buffer.

Bimo juga menjelaskan kalau nilai pH sambal cireng yang mengandung asam Jawa, selai apel, dan Coca Cola berada di luar nilai pH yang diizinkan sehingga merusak alat rapid test antigen.

Dampaknya, jika diteteskan dengan sesuatu yang punya tingkat pH terlalu rendah, dapat merusak antibodi dan nanopartikel yang ada di alat, menyebabkan tersangkut dan mengendap di test line dan control line.

Hal ini berakibat munculnya dua garis di alat, yang dianggap sebagai hasil "positif".

Baca Juga: Selain RS, Ini 5 Lokasi Rapid Test Beserta Harganya!

4. Penggunaan Alat Sesuai Instruksi

cireng rapid 5.jpg

Foto: instagram.com/ba.tejo

Pada akhir postingannya, Bimo menyimpulkan kalau penggunaan alat rapid test antigen harus dilakuan sesuai instruksi yang diberikan oleh pabrik.

Bukan cuma itu, dia juga menyayangkan perbuatan iseng Rina Nose yang membingungkan publik karena merupakan tindangan yang tidak terpuji di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang sulit seperti ini.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai ulah Rina Nose yang menguji alat rapid test dengan sambal cireng.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait