Kesehatan

KESEHATAN
18 April 2019

Sandiaga Uno Tak Berhenti Cegukan, Ini 5 Cara Efektif untuk Menghentikan Cegukan!

Jangan sepeleken masalah cegukan ya Moms. Yuk, atasi dengan cara berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Usai ikut merayakan pesta demokrasi Indonesia yang berlangsung Rabu (17/4), Cawapres Sandiaga Uno dikabarkan merasa tidak enak badan.

Dia diketahui terserang demam dan cegukan tanpa putus, sehingga tidak terlihat menemani capres Prabowo Subianto saat menyampaikan deklarasinya.

Walau terlihat sepele, cegukan yang terjadi terus-menerus bisa jadi masalah yang sangat mengganggu, lho.

Mengutip dari Dr. Inchel Yeam dari Saddleback Memorial Medical Center di Laguna Hills, California, penyebab cegukan bisa berasal dari beberapa hal.

Antara lain naiknya asam lambung, makan dan minum yang terlalu cepat, perubahan suhu yang dialami oleh perut, konsumsi minuman bersoda hingga mengalami stres.

Tapi jangan khawatir, jika Moms mengalami cegukan, atasi dan hentikan dengan beberapa berikut ini. Intip, yuk.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Penyebab dan Tips Meredakan Bayi Cegukan

1. Menahan Napas

cegukan1

Foto: pediatricanswers.com

Cara ini mungkin adalah cara paling sederhana yang sering kita dengar untuk mengatasi cegukan yang terjadi. Moms bisa coba dengan menahan nafas beberapa detik, lalu hembuskan.

Ingat saat menahan napas dengan hidung, bukan berarti Moms boleh mengambil napas dari mulut. Dengan kata lain, Moms perlu menutup mulut dan hidung secara bersamaan dan membuat pipi seperti gelembung, agar dapat menahan napas lebih lama.

2. Makan atau Minum

cegukan2

Foto: thealternativedaily.com

Meski jarang terdengar, cara ini diyakini dapat menghentikan cegukan, loh. Jadi Moms bisa berkumur dengan air dingin atau meyeruput air dingin secara perlahan. Cara lainnya adalah dengan minum air panas langsung dalam satu tarikan napas.

Mencoba untuk menghisap lemon juga dipercaya mampu menghilangkan cegukan yang terjadi. Tapi jika Moms termasuk orang yang tidak tahan terhadap asam, sebaiknya cara ini dihindari ya, Moms.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Lebih Baik untuk Kesehatan daripada Air Dingin?

3 Mengobati dari Luar

cegukan4

Foto: videoblocks.com

Selain mengatasi cegukan dari dalam, ada juga alternatif untuk mengatasi cegukan dari luar. Seperti mengompres mata dengan menggunakan es batu atau merendam tangan Moms dalam air hangat.

4. Menarik Lutut ke Depan

Diafragma adalah otot di bawah paru-paru yang membantu seseorang bernapas dari dalam. Cegukan bisa juga terjadi akibat kontraksi tiba-tiba yang terjadi pada diafragma.

Jika semua cara di atas telah dilakukan dan tidak memberikan hasil yang signifikan, bisa jadi cegukan yang dialami disebabkan karena kontraksi diafragma.

Untuk mengatasinya, Moms bisa menarik lutut ke arah dada atau membungkuk ke depan. Cara ini bisa jadi mengatasi cegukan yang terjadi.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Lutut Sering Berbunyi Gemeretak

5. Konsultasi dengan Dokter

cegukan5

Foto: thedoctorweighsin.com

Terakhir jika cegukan masih juga belum berhenti, ada baiknya Moms segera pergi ke dokter untuk mengonsultasikan keadaan Moms. Bisa jadi cegukan yang Moms alami memerlukan bantuan obat-obatan untuk menyembuhkannya.


Nah Moms, jangan sepelekan cegukan yang terjadi tanpa henti ya. Selain mengganggu, bisa jadi hal itu mengindisikan hal lain yang terjadi. Segera cari bantuan medis jika cegukan belum juga berhenti ya, Moms.

(AWD/AND)

Artikel Terkait