04 Januari 2018

Selain QWERTY, Ternyata Ada Tipe Papan Ketik Lain yang Aneh

Berani coba tipe papan ketik lain?

Salah satu hardware computer yang memiliki fungsi paling penting adalah keyboard atau papan ketik. QWERTY adalah tipe papan ketik yang paling umum kita gunakan. QWERTY tidak hanya ada pada komputer, namun juga papan ketik smartphone.

Tipe papan ketik sendiri sudah muncul pertama kali pada taun 1973, lho. Sejak itu, papan ketik mengalami perkembangan yang cukup luar biasa. Selain QWERTY, ada beberapa tipe papan ketik lain yang pernah diciptakan, namun tidak umum digunakan. Ini dia beberapa di antaranya:

AZERTY

selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh azerty, wikimedia.org
Foto: selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh azerty, wikimedia.org

Dimaksudkan untuk menggantikan peran papan ketik QWERTY, papan ketik tipe AZERTY kemudian hadir. Sesuai namanya, tipe ini mengganti huruf Q dengan huruf A supaya lebih mudah dicari.

AZERTY paling banyak digunakan di negara Prancis dan jajahannya, semenanjung Afrika. Yang sedikit unik yaitu tombol paling atas dari AZERTY adalah simbol, bukan nomor.

QWERTZ

selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh qwertz, wikimedia.org
Foto: selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh qwertz, wikimedia.org

Jenis papan ketik QWERTZ merupakan hasil modifikasi dari model QWERTY, tentunya sudah melalui uji coba yang panjang.

Eropa Timur adalah negara yang paling banyak mengadopsi jenis papan ketik QWERTZ, seperti Jerman, Austria, Ceko, dan sekitarnya. Yang sedikit aneh, penempatan huruf A yang ada di sebelah kanan bersanding dengan tombol enter.

DVORAK

selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh dvorak, wikimedia.org
Foto: selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh dvorak, wikimedia.org

Tahun 1936, August DVORAK mematenkan tipe papan ketik DVORAK karena menganggap QWERTY tidak ekonomis dan kurang nyaman saat digunakan.

Papan ketik DVORAK diklaim bisa meningkatkan efektivitas hingga 70% dibanding QWERTY yang hanya 32%. Jika QWERTY lebih fokus pada pengguna kidal, maka DVORAK dikhususkan pada pengguna tangan kanan.

COLEMAK

selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh colemak, wikimedia.org
Foto: selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh colemak, wikimedia.org

Tipe papan ketik COLEMAK ditujukan pada pengguna yang tidak nyaman saat menggunakan QWERTY namun tak ingin mengganti tampilan papan ketik secara drastis.

COLEMAK merubah bentuk tatanan huruf dan bahkan membuang tombol caps lock. Yang sedikit tak masuk akal, tombol caps lock diganti dengan tombol backspace sehingga terdapat dua tombol backspace.

MALTRON

selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh maltron, wikimedia.org
Foto: selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh maltron, wikimedia.org

Satu lagi tipe papan ketik yang sangat aneh bernama MALTRON. Keanehan paling kentara bisa dilihat dari tampilan fisik yang terpisah. MALTRON memecah huruf menjadi dua bagian dengan bagian tengah disisipi tombol numeric. Yang juga sedikit membingungkan adalah pemakaian urutan huruf, yaitu ANISF di bagian kiri dan DTHOR di sebelah kanan.

JCUKEN

selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh jcuken, wikimedia.org
Foto: selain qwerty, ternyata ada tipe keyboard lain yang aneh jcuken, wikimedia.org

Khusus untuk negara Rusia, papan ketik QWERTY dianggap tak berguna. Dengan huruf resmi bernama Cyrillic, otomatis huruf alfabet tidak diperlukan. JCUKEN adalah tipe papan ketik yang secara default dipakai di negara ini.

Penerapan papan ketik ini berlangsung sejak 1917 saat Rusia reformasi. Jika diterjemahkan dalam huruf alfabet, urutan huruf JCUKEN adalah FYWAPROLDV.

Setiap orang pasti punya kecenderungan masing-masing saat memilih jenis papan ketik yang pas. Khusus untuk tanah air, jenis papan ketik yang paling banyak digunakan tentunya QWERTY. Selain karena sudah biasa, alasan lain yaitu terkait kenyamanan saat menulis.

Pernahkah Anda mencoba jenis papan ketik lain selain QWERTY?

(RIA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb