Scroll untuk melanjutkan membaca

SHOWBIZ
15 November 2022

Spirited Away, Film Animasi Studio Ghibli yang Penuh Pesan Moral

Film anime legendaris ini bisa ditonton orang tua maupun anak-anak!
Spirited Away, Film Animasi Studio Ghibli yang Penuh Pesan Moral

Bagi Moms dan Dads yang suka dengan budaya Jepang, terutama film anime-nya,  pastinya pernah mendengar film besutan studio Ghibli yang berjudul Spirited Away.

Salah satu karakternya, yakni Kaonashi atau dikenal dengan No-Face, sering dijadikan tema atau cosplay kostum Halloween. 

Tidak hanya itu, film yang dalam bahasa Jepang dikenal dengan nama Sen to Chihiro no Kamikakushi ini membawa pesan moral yang amat penting bagi kehidupan.

Untuk tahu apa sinopsis dan pengisi suara Spirited Away, Moms bisa simak ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Dinosaurus Anak, Seru dan Mengedukasi!

Sinopsis Spirited Away

Sinopsis Spirited Away

Foto: Sinopsis Spirited Away (Imdb.com)

Film ini menceritakan tentang Chihiro, gadis berusia 10 tahun yang cengeng, pesimis, dan egois. Dalam perjalanan menuju ke rumah baru bersama ayah dan ibunya, Chihiro dan keluarganya berhenti di depan sebuah terowongan misterius. 

Selanjutnya, ayah dan ibunya turun dari mobil dan berjalan masuk ke dalam terowongan misterius tersebut. Awalnya, Chihiro tidak mau mengikuti orang tuanya.

Namun, karena takut sendirian, Chihiro dalam Spirited Away terpaksa mengikuti orangtuanya menuju terowongan. 

Setelah sampai di ujung terowongan, tampak sebuah desa dengan pemandangan amat indah, tetapi tidak ada penghuninya sama sekali. 

Semakin menjelajahi desa tersebut, ayah Chihiro pun mencium bau makanan yang amat sedap. Sampai di sebuah kedai makanan tersebut, ayah dan ibu Chihiro pun tak segan langsung menyantap hidangan yang tersedia.

Chihiro yang tidak mau makan pun berjalan-jalan sendiri di desa tak berpenghuni sampai bertemu sebuah pemandian air panas. 

Di sana, ia berjumpa dengan Haku seorang anak laki-laki yang memperingati Chihiro untuk segera pergi meninggalkan tempat tersebut sebelum hari gelap.

Dalam keadaan bingung dan merasa aneh, Chihiro pun pergi meninggalkan tempat itu dan kembali ke tempat ayah dan ibunya. Sayangnya, hari sudah mulai gelap dan mulai bermunculan makhluk aneh. 

Saat Chihiro sampai di kedai makanan, ayah dan ibunya telah berubah menjadi babi. Chihiro pun terkejut dan berlari hingga menemui sebuah danau besar.

Chihiro merasa ketakutan karena sudah banyak roh bermunculan. Ia pun bersembunyi dan ditemukan oleh Haku. 

Haku mengatakan bahwa Chihiro berada di dunia roh dan harus bertahan jika ingin kembali ke dunia asal sembari mengembalikan orang tuanya ke wujud semula. 

Satu-satunya cara bertahan dan bersembunyi di dunia roh adalah dengan bekerja di pemandian air panas. Haku menyuruh Chihiro menemui Yubaba, yakni penyihir pemilik tempat pemandian air panas “Ayuya”.

Dari sini, dimulailah petualangan Chihiro menjadi gadis keras. Gadis yang tadinya cengeng dan penakut ini bertekad untuk bertahan sekuat tenaga dan mengembalikan orang tuanya ke wujud manusia.

Saat bekerja, ia pun harus beradaptasi dan melayani roh-roh yang berkunjung ke tempat pemandian. Lantas, apakah Chihiro bisa bertahan di dunia roh dan kembali membawa orang tuanya ke dunia nyata dalam wujud manusia? 

Untuk menyaksikan perjuangan Chihiro, Moms Dads bisa menyaksikan Spirited Away di aplikasi nonton film berbayar Netflix. Film yang penuh pesan moral ini bisa ditonton mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, ya Moms!

Baca Juga: 5 Film Animasi Produksi Indonesia yang Patut Ditonton

Pengisi Suara Film Spirited Away

Berikut adalah pengisi suara dalam film Spirited Away:

1. Rumi Hiragi 

Rumi Hiragi

Foto: Rumi Hiragi (Imdb.com)

Rumi adalah aktris Jepang yang lahir pada 1 Agustus 1987 di Katsushika-ku, Tokyo. Awal debutnya, Hiragi sering muncul di berbagai iklan komersial. Hiragi berkesempatan menjadi pengisi suara karakter Chihiro pada 2001.

Pada 2002, ia muncul di program televisi bisbol sekolah menengah Netto Koshien sebagai reporter lapangan. Pada 2005, ia muncul dalam program NTV Nobuta Produce dan memerankan karakter Kasumi Aoi.

2. Miyu Irino

Miyu Irino

Foto: Miyu Irino (Imdb.com)

Miyu lahir pada 19 Februari 1988. Ia dikenal sebagai seorang aktris dan pengisi suara dari Tokyo. 

Selain mengisi suara karakter Haku di film Spirited Away, ia juga mengisi suara Sora dalam serial Kingdom Hearts. Ia juga punya suara merdu, Moms. Buktinya, pada 26 Juni 2009, Miyu Irino merilis album mini yang bertajuk Soleil.

3. Takashi Naito

Takashi Naito

Foto: Takashi Naito (Imdb.com)

Naito adalah aktor asal Jepang yang lahir pada 27 Mei 1955. Selain berprofesi sebagai aktor, Takashi juga mengisi beberapa karakter suara, salah satunya sebagai ayah dari Chihiro di dalam film animasi Spirited Away.

Takashi juga pernah membintangi beberapa film, seperti Laundry (2002), Let's Go Nagata-cho (NTV, 2001), Kindaichi Shonen no Jikenbo 3 sebagai Kenmochi Tsuyoshi (2001), dan Onna to Ai to Mystery Warui Yatsura as Shimomizawa Sakuo (2001).

Baca Juga: 8 Film Kartun Anak Terbaik untuk Ajarkan Anak Makna Kehidupan

4. Yasuko Sawaghuci

Yasuko Sawaghuci

Foto: Yasuko Sawaghuci (Imdb.com)

Yasuko merupakan aktris yang lahir di Osaka, 11 Juni 1965. Pada awal 1984, ketika ia berusia 19 tahun, Yasuko memenangkan kontes kecantikan Cinderella Toho yang diadakan oleh studio film Jepang Toho Company Ltd. ya.

Tak lama setelah itu, ia membuat debut filmnya di film Karate Cop III: Song of the Sea, lalu memerankan tokoh Naoko Okumura di The Return of Godzilla. Dalam Spirited Away, Yasuko berperan mengisi suara karakter ibu Chihiro.

Dalam film ini Hayao Miyazaki sang sutradara kembali membawa penontonnya agar tetap menjaga moral dengan baik.

Sebagai contoh, penggambaran orangtua Chihiro yang berubah menjadi babi setelah makan makanan di kedai dan hal ini berhubungan dengan keserakahan manusia.

Selain itu, Haku yang membantu Chihiro digambarkan tidak mengingat nama aslinya dan ia pun tidak bisa kembali ke tempat asalnya.

Bukan tanpa alasan, hal itu disebabkan karena sungai tempat asal Haku sudah berubah menjadi bangunan tempat tinggal manusia.

Selain pesan moral, Miyazaki juga menggaungkan makna tersirat pentingnya menjaga alam di dalam film Spirited Away. Jadi, gimana, Moms? Tertarik untuk menontonnya?

  • https://www.sparknotes.com/film/spiritedaway/summary/
  • https://www.rottentomatoes.com/m/spirited_away