Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
2 Maret 2019

Stimulasi ASMR Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental Anak, Kok Bisa?

Stimulasi ASMR ternyata bukan berguna untuk menenangkan anak saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental anak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Istilah stimulasi ASMR memang baru mulai populer belakangan ini, tapi sebenarnya hampir setiap orang tua sudah pernah menggunakannya untuk menenangkan anak.

Pernah memperhatikan tidak Moms, bagaimana anak lebih cepat tidur saat dia berada di dalam mobil yang bergerak, atau ketika rambutnya diusap sambil diiringi senandung? Nah, itulah contoh stimulasi ASMR untuk anak yang sering kita temui dalam keseharian.

Yang lebih hebat lagi, stimulasi ASMR ternyata bukan berguna untuk menenangkan anak saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental anak. Eh, tapi Moms sudah tahu belum apa itu ASMR?

ASMR atau Autonomos Sensory Meridian Response adalah istilah untuk menggambarkan sensasi menggelitik yang dirasakan otak atau bagian tubuh lain, sebagai respons dari stimulasi verbal, visual, tekstur, dan aroma tertentu.

Walau stimulasi yang memicu ASMR pada setiap anak itu berbeda, tapi pada umumnya selalu memiliki sifat menenangkan dan berulang. Contoh sederhana stimulasi ASMR untuk anak diantaranya adalah suara berbisik, rintik hujan, tepukan ringan, atau gerakan berayun.

Menurut pendiri ASMR University Dr. Craig Richard serta berbagai hasil studi lainnya, perasaan nyaman dan tenang dari stimulasi ASMR bisa bermanfaat bagi kesehatan mental anak, seperti:

Meredakan Stres

stimulasi asmr ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental anak, kok bisa 1

Foto: timeout.com

Jangan pernah sepelekan stres pada anak Moms, karena stres di masa kecil bisa memicu gangguan kesehatan mental seperti schizophrenia, bipolar, depresi, serta penyalahgunaan narkoba saat anak bertambah dewasa nanti.

Stimulasi ASMR dapat membantu anak menjadi lebih rileks dan tenang saat diterpa jadwal sekolah yang padat serta tekanan dari orang tua, lingkungan, maupun pergaulan. Dengan membantu meredakan stress anak, Moms juga ikut mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan mental anak di masa depan.

Psst.., Moms juga bisa mencoba The Tapping Solution atau EFT (Emotional Freedom Technique) yang belakangan gencar disosialisasikan pada siswa di Amerika Serikat. Dalam metode ini anak diajarkan menepuk ringan berbagai bagian wajah dan tubuh dengan ujung jari untuk meredakan stres.

Baca Juga: Stres Pada Anak, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Menanganinya?

Tidur Lebih Berkualitas

stimulasi asmr ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental anak, kok bisa 2

Foto: sleep.org

Berdasarkan hasil penelitian dari berbagai universitas ternama dunia, sudah terbukti bahwa kualitas tidur dan kesehatan mental itu memiliki hubungan yang sangat erat lho, Moms.

Anak yang tidurnya tidak berkualitas, sering terbangun di malam hari, atau insomnia akan mengalami penurunan fungsi prefrontal cortex dan amygdala sehingga sulit mengendalikan emosi serta perilakunya. Itulah yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental anak dalam jangka panjang.

Agar tidur anak lebih berkualitas, Moms bisa mencoba memberikan stimulasi ASMR untuk anak, baik dengan mendengar suara, menonton video, maupun sentuhan ringan pada kepala dan wajah.

Baca Juga: 5 Sebab Tidur Tak Berkualitas

Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi

stimulasi asmr ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental anak, kok bisa 3

Foto: travelcribreviews.com

Selain menenangkan, stimulasi ASMR juga dapat membantu menjernihkan pikiran serta meningkatkan mood. Jadi bila Moms melihat buah hati menunjukkan gejala gangguan kecemasan atau depresi, coba berikan stimulasi ASMR untuk membantunya merasa lebih baik.

Bagaimanapun, stimulasi ASMR terbaik untuk anak tetaplah yang diberikan langsung oleh Moms dan Dads ketimbang dari video yang ada di Instagram atau YouTube. Berikan sentuhan lembut, senandung lagu, atau tepukan hangat untuk membuatnya merasa lebih tenang dan nyaman.

Bagaimana dengan Moms, pernahkah merasakan manfaat positif dari ASMR?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait