Di atas 5 tahun

18 Februari 2020

Tangkas Berinternet, Bantu Anak Jadi Bijak Menggunakan Internet

Penting agar anak bijak berinternet
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kehadiran internet telah membawa banyak perubahan dalam hidup kita, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan bisa dibilang bagi para orang dewasa, internet telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi internet memudahkan semua orang untuk mencari apa yang dibutuhkan. Internet membuka banyak peluang untuk anak bermain, belajar, dan bersosialisasi.

Sayangnya, penggunaan internet untuk anak-anak haruslah dengan pengawasan dari orang tua, karena memuat banyak konten yang berbahaya dan tidak pantas untuk buah hati.

Baca Juga: Anak Tetap Aman Menggunakan Internet? Ini 5 Tipsnya!

Menjawab kekhawatiran orang tua sekaligus memperingati "Safer Internet Day" atau Hari Aman Berinternet Sedunia yang jatuh setiap 11 Februari, Google pun meluncurkan program Tangkas Berinternet (#TangkasBerinternet).

Peluncuran program ini juga menggandeng Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection (ID-COP), dan mendapat dukungan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PPA), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud), Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), dan Siberkreasi.

Apa itu Tangkas Berinternet?

tangkas berinternet

Tangkas berinternet merupakan program global literasi digital dan keamanan online yang dijalankan oleh Google, dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan berinternet anak-anak.

Program Tangkas Berinternet memuat beberapa materi ajar untuk guru dan orang tua, situs terkait literasi digital, dan permainan berbasis web, yang akan mengajarkan literasi digital terhdap anak-anak dengan bantuan guru dan orang tua.

“Program ini akan memaksimalkan potensi terbaik dari teknologi bagi anak-anak dan keluarga, serta meminimalkan risikonya,” tutur Putri Alam, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia, dalam acara Tangkas Berinternet di Jakarta, Kamis (10/2/2020).

Baca Juga: Gadget Jadi Penyebab Mata Silinder pada Anak, Hati-hati!

Anak Diharapkan Bijak Berinternet

tangkas berinternet

Maraknya cyber bullying dalam dunia pendidikan, menjadi salah satu concern yang harus segera diatasi untuk membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dalam era digital.

Apalagi internet sebenarnya dapat menjadi alat untuk menyebarkan kebaikan dan hal-hal positif namun seringkali disalahgunakan.

“Melalui program Tangkas Berinternet, anak-anak diharapkan dapat menjadi bijak dalam menggunakan internet,” ucap Diena Haryana, Pendiri Yayasan Sejiwa.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait