Tren

TREN
23 Juni 2016

Sulit Beradaptasi di Kantor Baru? Yuk, Coba Tips Ini

Lingkungan kerja baru harus berdampak lebih baik bagi kinerja Anda
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Memutuskan untuk resign dan pindah tempat kerja memang tidak mudah. Mungkin jauh sebelum hal ini Anda lakukan, banyak pertimbangan yang Anda pikirkan. 'Apakah saya mampu menyesuaikan diri dengan cepat?' atau 'Bagaimana dengan teman-teman baru saya nanti?' merupakan pertanyaan yang akan sering terlintas saat mau pindah ke kantor baru. Tidak dapat dipungkiri, susana kantor akan berdampak sangat besar terhadap hasil kerja Anda. Berikut kami berikan tips bagaimana cara tepat untuk beradaptasi di kantor Anda yang baru:

Buatlah Kesan Menyenangkan dalam Diri Anda

Saat hari pertama Anda masuk, berikan senyum ramah dan salam. Jangan sungkan berjabat tangan dengan teman-teman divisi Anda. Perkenalkan diri Anda dengan baik dan sopan. Bertingkahlah sewajarnya, jangan terlalu dibuat-buat. Senyum yang tulus akan membuat kesan bahwa diri Anda penuh dengan semangat dan percaya diri.

Jangan Segan untuk Memulai Pembicaraan

Kadang mental block yang sering terjadi pada karyawan baru adalah 'Ah, saya hanya orang baru, tidak sepantasnya memulai pembicaraan atau berpendapat.' Ini adalah pemikiran yang salah! Pastikan posisi Anda dalam keadaan yang memang tepat untuk mengutarakan pendapat atau memulai pembicaraan, sampaikan pendapat Anda dengan jelas beserta fakta-fakta yang Anda ketahui. Sikap berani seperti ini akan membentuk persepsi rekan kerja Anda bahwa opini Anda layak untuk dipertimbangkan.

Ciptakan Suasana Kerjasama yang Aktif

Hari pertama biasanya Anda tidak terlalu banyak diberikan pekerjaan. Ambil kesempatan ini untuk mencari tahu, apa tugas yang dikerjakan teman sebelah kanan kiri Anda. Jika tidak mengganggu, minta mereka berikan informasi bagaimana mereka menyelesaikanya. Menawarkan diri untuk mencoba pekerjaan rekan kerja Anda akan membuat kesan bahwa Anda pantas dijadikan partner kerja yang baik. Sekadarnya saja, karena hari berikutnya Anda pun harus fokus menyelesaikan tugas utama Anda.

Akrabkan Diri

Tidak perlu usaha begitu keras, cukup bawa hasil masakanmu untuk menu sarapan. Seperti nasi goreng atau sandwich buatanmu sendiri. Siapa, sih yang tidak suka makanan gratis? Makan pagi bersama dibarengi dengan minum teh dan pembicaraan ringan akan membentuk suasana hangat dan penuh semangat di pagi hari. Dengan cara ini team work Anda dan rekan kerja akan terjalin dengan harmonis dan penuh toleransi.

Jangan Berlebihan

Lakukan segala hal dengan kadar cukup, tidak kurang dan juga lebih. Jika sikap Anda terlalu dibuat-buat bisa saja akan menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri. Bisa jadi akan banyak orang yang terganggu dengan sikap Anda dan ini menjadikan Anda dicap sebagai trouble maker. Jangan sampai itu terjadi kepada Anda, ya.

(LMF)

Sumber gambar : photosfine.wordpress.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait