Rupa-rupa

13 Oktober 2017

Tak Hanya Manusia, Hewan Juga Punya Hak Asasi

Ajak Si Kecil jaga kelangsungan hidup hewan dan mencegah kepunahan sejumlah spesies hewan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan 15 Oktober sebagai hari Hak Asasi Hewan Internasional. Dan memang, tak hanya hak asasi manusia saja yang dilindungi, hewan sebagai makhluk hidup juga memiliki hak yang harus dilindungi.

Hari Hak Asasi Hewan ditentukan dengan adanya Deklarasi Universal Kesejahteraan Hewan yang didukung 46 negara serta 330 kelompok pendukung hewan. Di Indonesia, pelanggaran hak asasi hewan diatur dalam KUHP pasal 302 dengan pidana penjara paling lama tiga bulan atau pidana denda.

Salah satu hal penting dalam hak asasi hewan adalah kesejahteraan hewan itu sendiri. Organisasi Kesehatan Hewan Dunia atau World Organisation for Animal Health (OIE) mulai merintis pembuatan standar mengenai kesejahteraan hewan pada 2001 dan secara resmi diperkenalkan kepada negara anggota pada 2004.

Pada tahun yang sama, OIE menyelenggarakan konferensi internasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran negara anggota dan menjelaskan tentang inisiatif OIE dalam menetapkan standar-standar tersebut.

5 Kebebasan Hak Asasi Hewan

shutterstock 555551179

Hak asasi hewan terdiri atas lima kebebasan, yakni bebas rasa haus dan lapar, rasa tidak nyaman, mengekspresikan tingkah laku alami, stres dan takut, serta dilukai dan sakit. Berdasarkan isi hak ini, maka pelarangan terhadap perburuan dan pembantaian terhadap hewan dan perusakan habitat hidup hewan harus ditegakkan.

Hewan, seperti manusia, juga punya hak untuk hidup bebas di alamnya dengan tenang. Perlindungan terhadap hak asasi hewan bisa berarti menjaga kelangsungan hidup hewan dan mencegah kepunahan sejumlah spesies hewan.

Beberapa spesies hewan di Indonesia telah punah sebagai akibat perburuan maupun perusakan habitatnya, misalnya Harimau Bali yang sudah punah dan harimau Sumatra yang terancam punah. Bentuk lain dari pelanggaran terhadap hak asasi hewan adalah pembuatan kosmetik serta produk kecantikan lain yang melakukan uji coba produknya pada binatang.

Baca Juga : Siapkah Anak Mama Memelihara Hewan?

Ajak Si Kecil Menyayangi Hewan

shutterstock 337964798

Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung hak asasi hewan? Mulailah dari hal yang sederhana, seperti jika memiliki hewan peliharaan, rawatlah dengan baik. Pastikan hewan peliharaan Anda mendapatkan makanan yang cukup, terjamin kesehatannya, dan memberikan tempat tinggal yang baik.

Memilih produk yang tidak melakukan uji coba pada binatang bisa Anda lakukan. Bentuk dukungan lain yang bisa Anda tunjukkan adalah menjaga lingkungan yang merupakan habitat hewan. Jangan lupa juga untuk menerapkan ajaran ini bagi si kecil, ya. Yuk, sayangi binatang!

(OCH)

Foto : Shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait