Kesehatan Umum

20 Maret 2018

Tak Perlu Takut Medical Check Up!

Health is precious, so don’t take it for granted!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Original article by Sisternet

Apakah Anda pernah melakukan medical check up? Jika belum pernah, segeralah check up ke klinik atau Rumah Sakit yang dekat rumah atau tempat aktivitas Anda.

Medical check up sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara umum. Jadi, jika gejala awal atau indikator yang negatif bisa terdeteksi, Anda bisa langsung action untuk mengatasinya. Selain biaya yang lebih murah, tentunya kondisi tubuh Anda juga akan lebih baik jika mengetahui sejak awal.

Walau sudah tahu bahwa hal ini penting, pasti banyak dari Anda yang takut atau malas untuk melakukan medical check up. Mungkin khawatir biayanya mahal atau hasilnya jelek. Anda termasuk yang mana?

Biaya Mahal

Biaya akan jauh lebih murah daripada Anda ternyata harus masuk rumah sakit. Harga check up bervariasi, Anda bisa melakukan search di internet untuk informasi perbandingan harga.

Coba cek juga kalau sedang ada penawaran khusus. Misalnya pada bulan Maret atau April, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini, sangat mungkin ada penawaran khusus untuk perempuan.

Takut hasilnya jelek

Untuk itulah alasan kita perlu medical check up. Deteksi dini jika memang ada indikator kesehatan yang negatif. Kalau memang ternyata level kolesterol Anda tinggi, memang sudah saatnya Anda lebih menjaga asupan makanan, kan?

Apa saja yang perlu dicek saat medical check up?

Pemeriksaan paling dasar adalah hematologi rutin, urine rutin, feses rutin, pemeriksaan fisik (mata, gigi, tubuh), tes fungsi hati, tes fungsi ginjal, tes profil lemak, serta periksa kadar gula darah saat puasa dan setelah makan.

Selain itu, ada juga tes tambahan yang perlu dilakukan oleh perempuan, seperti deteksi dini kanker leher rahim dengan tes ginekologi dan pap smear, tes kepadatan tulang, dan pemeriksaan payudara.

Kapan kita perlu melakukan medical check up?

Ada beberapa momen penting di mana Anda perlu medical check up, yaitu saat masuk bekerja, kuliah ke luar negeri, menjelang pernikahan atau saat merencanakan kehamilan, dan setelah melahirkan.

Selain itu, idealnya medical check up dilakukan setiap tahun, atau setidaknya 2 tahun sekali, untuk Anda yang masih berusia dibawah 30 tahun.

Health is precious, so don’t take it for granted!

Apakah Anda punya cerita atau tips tentang medical check up? Yuk bagi cerita Anda di Orami!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait