Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Feb 7, 2018

Tak Selalu Buruk, Jika Dilakukan dengan Tepat Menghukum Balita Punya 4 Manfaat Ini, Lo!

Bagikan


Tak Selalu Buruk, Jika Dilakukan dengan Tepat Menghukum Balita Punya 4 Manfaat Ini, Lo!

Mungkin hampir semua orang tua setuju, bahwa mendidik anak balita untuk bersikap baik dan mentaati peraturan yang ada tergolong sulit.

Bagaimana tidak, mereka yang memiliki rasa penasaran yang luar biasa akan terus mencoba menguji sejauh mana mereka dapat bertindak.

Ujungnya, peraturan dilanggar dan Moms terpaksa harus menghukum balita yang menggemaskan ini.

Sebenarnya menghukum balita yang berbuat salah sangatlah wajar dan bagus untuk perkembangan mentalnya ke depan. Jadi tak selalu buruk, karena jika dilakukan dengan benar dan tepat, menghukum Si Kecil akan memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Membuatnya Mengerti Akan Nilai Kejujuran

Menghukum balita dengan tepat dapat memberikannya sebuah pelajaran moral tentang arti dari nilai kejujuran. Contohnya, dia tidak akan berbohong dan mau mengakui kesalahan yang dilakukannya.

Jika Moms dapat bersikap adil, tenang dan lugas saat menghukum Si Kecil, dia akan mengerti kalau jujur dan mengatakan apa adanya lebih baik daripada berbohong dan menutupi fakta yang ada. Dia juga akan menghargai nilai kejujuran, dan akan terus mencoba bersikap jujur setiap saat.

Baca Juga : 4 Kesalahan Mendidik Anak yang Sering Dilakukan Orangtua

2. Belajar Bertanggung Jawab

Belajar tentang rasa tanggung jawab dan menerima konsekuensi juga bisa Si Kecil dapatkan apabila Moms menghukumnya dengan tepat, tidak dengan amarah namun dengan proses pembelajaran.

Lain halnya jika Moms mengedepankan emosi ketimbang pelajaran, pasti dia akan belajar bagaimana caranya lari dan sembunyi dari tanggung jawab.

Maka dari itulah, hukum anak dengan membuatnya bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Misalnya, Moms bisa melarangnya bermain dengan mainan jika dia terus menerus mengacak kotak mainannya. Nantinya ia akan belajar bagaimana bertanggung jawab atas barang yang dimilikinya.

3. Meningkatkan Rasa Hormat Pada Orang Lain

Nah, salah satu manfaat utama dalam menghukum balita dengan tepat adalah mereka akan merasa lebih hormat terhadap orang lain. Si Kecil akan belajar bahwa setiap orang memiliki haknya masing-masing, dan kita harus menghormati hak tersebut dengan tidak merebut atau melanggarnya.

Ajarkan padanya kalau hukuman yang diterimanya adalah karena dia sudah merebut atau melanggar hak orang lain. Berikan juga penjelasan kalau ingin dihormati, kita harus menghormati orang lain terlebih dahulu.

Baca Juga : Sering Diabaikan, Sembarangan Menghukum Anak Bisa Merusak Otak dan Emosinya!

4. Membuatnya Disiplin dan Lebih Waspada

Bagi seorang balita, hukuman dan tatapan tegas dari seorang ibumembuatnya lebih disiplin dan lebih waspada. Mereka akan belajar bagaimana caranya bersikap, dan memikirkan konsekuensi dan resiko terlebih dahulu sebelum bertindak.

Apabila Moms tidak memberikan hukuman atau konsekuensi pada Si Kecil, bisa jadi dia akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak karuan dan menentang peraturan kapanpun dia mau.

Baca Juga : Benarkah Sering Membentak Anak Membuat Sel Otaknya Terputus?

Rasanya sudah tidak zaman lagi menghukum balita dengan cara memukul atau berteriak. Faktanya, mengajarkan balita tentang konsekuensi dan menghormati orang lain akan berdampak lebih positif sehingga Si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang baik. Setuju kan, Moms?

(WNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.