Newborn

8 Oktober 2021

Ketahui 6 Cara Membuat Susu Formula yang Benar!

Salah menyiapkan susu formula bisa sebabkan diare dan muntah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cara membuat susu formula yang benar sering kali dianggap sepele. Padahal, mencampur susu formula dengan terlalu banyak air juga bisa sangat berisiko.

Menurut Dyan Hes, dokter anak dari Gramercy Pediatrics di New York, jika Moms mengencerkan susu formula dengan lebih banyak air, susu akan mengandung lebih sedikit kalori per ons dan tidak memberikan kalori yang cukup untuk bayi berkembang. Bahkan dapat menyebabkan kejang dan kerusakan otak.

Karenanya, jangan buru-buru menyalahkan susu formula ketika Si Kecil mengalami diare atau muntah setelah mengonsumsinya.

Siapa tahu, cara Moms menyiapkan susu formula itulah yang salah, sehingga menyebabkan susu formula terkontaminasi dan menyebabkan gangguan pencernaan pada Si Kecil.

Lantas, bagaimana cara membuat susu formula yang benar? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Benarkah Batuk Bisa Jadi Tanda Gagal Jantung? Kenali Gejala Lain dan Pengobatannya

Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Tak bisa dipungkiri pemberian susu formula menjadi alternatif pengganti bagi Moms yang tidak dapat memberikan ASI pada Si Kecil.

Meskipun ASI memiliki beragam manfaat, begitu pula juga dengan susu formula. Melansir Journal of the American College of Nutrition, pemberian takaran susu formula yang tepat bisa menjadi sumber energi yang baik bagi anak yang sedang aktif.

Nah, agar manfaat susu formula menjadi efektif ada baiknya Moms mengetahui cara membuat susu formula yang benar berikut ini.

1. Periksa Kemasan Susu Formula

susu formula

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat susu formula yang benar adalah selalu periksa kemasannya.

Susu formula seringkali dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Tapi, pastikan saja setiap kali hendak membuka kemasan baru, susu formula tersebut belum melampaui tanggal kedaluwarsanya.

Kualitas, penampilan, serta kandungan nutrisi susu formula yang telah lewat dari tanggal kedaluwarsanya akan menurun.

Jangan ragu untuk membuangnya atau Moms bisa mencoba menghubungi produsen susu formula tersebut untuk menanyakan kemungkinan penukaran produk.

2. Pastikan Kebersihan

Bersihkan tangan menggunakan sabun mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, bagian bawah kuku, hingga ke bagian dekat siku. Bilas hingga benar-benar bersih, dan jangan lupa mengeringkannya dengan tissue atau handuk bersih.

Moms juga perlu mensterilkan botol susu dan dot bayi dengan merendamnya di dalam air mendidih selama 5 menit atau menggunakan alat khusus.

Usai digunakan, cuci botol susu dan dot hingga bersih menggunakan sabun, air, dan sikat botol. Setelah itu, keringkan dengan mengangin-anginkannya.

Baca Juga : Serba Serbi Flu Tulang, Jangan Disepelekan!

3. Pastikan Takaran Susu Formula dan Air Tepat

susu formula

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat susu formula yang benar selanjutnya adalah perhatikan takaran susu formula dan air tepat.

Tuang air hangat matang ke dalam botol susu sesuai takaran yang dianjurkan di kemasan, baru kemudian tambahkan bubuk susu formula sesuai saran penyajian.

Untuk menjamin ketepatan ukuran susu formula, pastikan Moms hanya menggunakan sendok takar yang telah disertakan di dalam kemasan.

Tutup botol susu dengan rapat, kemudian aduk hingga seluruh bubuk susu tercampur rata.

Jangan sekali-kali mencampur susu formula dengan air melebihi jumlah yang disarankan dengan alasan ekonomi. Hal ini bisa mengakibatkan water intoxication syndrome atau keracunan air pada bayi.

Takaran susu bayi yang perlu diminum oleh bayi bisa diukur dengan cara: berat badan bayi dikalikan 2 untuk mengetahui jumlah terendah susu yang dibutuhkan.

Setelah itu berat badan bayi dikalikan 2,5 untuk mendapatkan jumlah susu terbanyak yang diperlukan.

Misal berat badan Si Kecil 10 kg: 10 kg X 2 = 20, lalu 10 kg X 2,5 = 25. Jadi takaran susu bayi yang dibutuhkan bayi sekitar 20 hingga 25 ons per hari.

4. Setiap Bayi Memiliki Selera yang Berbeda

Cara membuat susu formula yang benar adalah perhatikan selera Si Kecil.

Ada yang menyukai susu formula hangat, tapi ada juga yang lebih suka susu formula dalam keadaan dingin (suhu ruang). Tak masalah, selama Moms telah menyiapkan susu formula dengan tepat sesuai prosedur di atas.

Hindari menghangatkan botol susu di microwave, karena bisa saja menimbulkan hot spot (titik-titik panas) pada botol susu yang bisa ‘membakar’ lidah Si Kecil.

Untuk mendinginkan susu formula, Moms bisa merendam botol susu yang telah berisi susu formula di dalam wadah berisi air dingin bersuhu ruang selama beberapa menit.

Baca Juga: 6 Jenis Imunisasi Ibu Hamil serta Waktu yang Tepat untuk Diberikan

5. Jika Susu Formula Tidak Langsung Dikonsumsi

susu formula

Foto: Orami Photo Stock

Susu formula yang tidak langsung dikonsumsi setelah penyiapan sebaiknya disimpan di dalam kulkas (bukan di bagian freezer) dan harus diminum dalam waktu 24 jam.

Susu formula yang telah diminum dan tidak habis tidak boleh dikonsumsi lagi setelah satu jam.

Mikroorganisme di dalam mulut Si Kecil bisa saja sudah mengontaminasi susu formula tersebut. Setiap kali membuka wadah susu formula, pastikan tidak ada cairan yang masuk agar kondisi susu formula tetap steril.

6. Jangan Mencampur Sisa Susu dengan Susu Baru

Cara membuat susu formula yang benar adalah jangan campurkan sisa susu dengan susu formula yang baru.

Terkadang bayi tidak menghabiskan susunya dan kamu merasa sayang untuk membuangnya. Tapi, tunggu dulu, jangan mencampurkan sisa susu dengan susu baru.

Susu formula di suhu ruangan memiliki daya tahan sekitar 2 jam, dan ASI perah 4 jam.

Namun, ketika susu tersebut sudah diminum, maka telah terkena bakteri dari mulut bayi. Ketika didiamkan cukup lama, maka bakteri telah berkembang dan bisa membuat gangguan kesehatan bagi bayi. Karena itu, persiapkanlah susu dengan jumlah yang pas.

Baca Juga: Yogurt untuk Bayi, Ini Waktu Pemberian dan Rekomendasi Produk yang Aman!

Nah, itu dia Moms cara membuat susu formula yang benar. Sebaiknya sebelum memilih jenis susu formula, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya!

  • https://www.researchgate.net/publication/327855877_Cow's_Milk_Consumption_and_Health_A_Health_Professional's_Guide
  • https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/bottle-feeding/making-up-baby-formula/
  • NHS Choices UK (2016). Health A – Z. How to Make Up Baby Formula.
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-formula/art-20045791
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait